Ukuran Bola Futsal: Sejarah Dan Ukuran Standar Bola

Ukuran Bola Futsal
Ukuran Bola Futsal

Apakah Anda hobi bermain futsal? Atau sedang mempersiapkan perlengkapan untuk bermain futsal? Berapa ukuran bola futsal? Sudahkah Anda mengetahuinya?. Sebelum membahas mengenai ukuran bola futsal, Anda bisa menyimak informasi mengenai salah satu jenis olahraga sepak berikut ini.

Sejarah Futsal

Dalam Sejarah Futsal, Permainan bola ini menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Futsal dimainkan oleh masing-masing 5 tim inti dalam tim. Olahraga ini sederhana, mudah dimainkan, fleksibel dalam waktu, dan praktis dilakukan di dalam ruangan.

Bacaan Lainnya

Futsal dimainkan pertama sekitar tahun 1930, di Uruguay. Olahraga ini diciptakan oleh seorang guru bernama Juan Carlos Ceriani Gravier. Tujuannya adalah untuk mengajari anak-anak didiknya bermain sepak bola, namun di dalam ruangan karena pada waktu itu sedang terjadi hujan lebat.

Futsal pertama kali dimainkan di aula sekolah yang ukurannya kecil, maka dari itu, tim hanya berisi 5 orang, dibandingkan sepak bola yang membutuhkan pemain 11 orang. Inilah awal mula futsal menjadi olahraga yang terkenal di seluruh dunia. Futsal pertama kali digelar pada kejuaraan dunia pada tahun 1989.

Di Indonesia sendiri, futsal dikenalkan oleh Justinus Lhaksana, yang merupakan pelatih futsal pertama di Indonesia, dan mengantarkan Indonesia memperoleh medali perunggu tahun 2007 pada SEA GAMES.

Sama seperti halnya sepak bola, futsal juga dimainkan tidak hanya oleh pria, namun juga wanita.

Aturan Dan Teknik Permainan Futsal

Futsal memiliki aturan main dan teknik yang sama dengan permainan sepak bola. Yang berbeda adalah jumlah pemain, ukuran lapangan, dan durasi permainan.

Dalam satu tim, maksimal jumlah pemain adalah 12, dengan jumlah pemain inti 5 orang dan 7 orang pemain cadangan.

Ukuran lapangan pada permainan futsal lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola. Lapangan futsal ukurannya adalah maksimal panjang 42 meter, dan lebar sekitar 25 meter. Namun biasanya lapangan futsal berukuran 38 m x 25 m.

Jika sepak bola biasanya dimainkan dalam durasi 2 x 45 menit, maka futsal hanya dimainkan selama 2 x 20 menit saja. Adapun istirahat satu kali dilakukan selama 15 menit.

Beberapa dasar utama dalam permainan futsal di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengumpan menjadi teknik permainan futsal pertama yang perlu dikuasai oleh pemain. Caranya, gunakan kaki bagian dalam untuk mengumpan bola. Perhatikan jarak umpan supaya tepat pada sasaran yang dituju.
  • Teknik Dasar Futsal selanjutnya adalah menahan bola yang dilakukan dengan bagian telapak kaki. Ini akan menghindarkan bola direbut oleh lawan.
  • Selanjutnya adalah teknik menggiring yang mudah dilakukan menggunakan bagian kaki manapun. Anda bisa menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam ataupun depan.
  • Teknik menyundul bisa digunakan ketika bola dianggap sulit untuk dijangkau dengan kaki. Teknik sundulan bisa dilakukan dengan menggunakan dahi, atau bagian kepala atas.

Ukuran Bola Futsal FIFA

Bola yang dimainkan pada permainan futsal juga berbeda dengan bola sepak biasa. Namun, jangan salah memilih bola futsal. FIFA sendiri telah menentukan standar yang bisa pemain perhatikan ketika memilih bola futsal.

Ukuran bola futsal sesuai standar FIFA Futsal Law of The Game adalah berbentuk bulat, minimal memiliki diameter 62 cm dan maksimal memiliki diameter 64 cm. Berat bola futsal adalah berkisar antara 400-440 gram ketika memulai pertandingan.

Tekanan udara adalah 0,6-0,7 atm, dan bola juga tidak boleh memantul kurang dari 50 cm atau lebih dari 65 cm untuk pantulan pertama ketika bola dijatuhkan dari ketinggian 2 m.

Jika dalam pertandingan resmi, bola futsal harus memiliki standar label FIFA Quality atau Standar Pertandingan Internasional (IMS)

Wasit Dan Penjaga Waktu

Sama seperti olahraga lainnya, akan ada wasit yang mengawasi jalannya pertandingan. Dalam futsal terdapat 3 wasit dan 1 penjaga waktu dengan tugas yang berbeda-beda.

Wasit utama memiliki tugas untuk mengecek kondisi lapangan, pemain, dan bola sebelum bertanding supaya semuanya dalam kondisi dan aman sebelum bertanding. Wasit utama juga akan mencatat segala kejadian selama pertandingan, serta memberikan hukuman jika ada pelanggaran.

Selanjutnya, Wasit kedua bertugas untuk membantu wasit utama dan melakukan pengawasan pada sisi yang berbeda. Wasit ketiga sendiri membantu wasit pertama dan wasit kedua dalam mencatat pelanggaran, mencatat gol, mengawasi pergantian bola, dan mengecek kondisi pemain cadangan sebelum dilakukan pergantian pemain.

Penjaga waktu sendiri memiliki tugas untuk mengecek waktu pertandingan, waktu kick-off, mencatat gol, memberikan informasi mengenai durasi waktu permainan futsal ketika sudah habis, dan menghentikan waktu jika terjadi pelanggaran.

Olahraga futsal bisa menjadi pilihan Anda yang ingin profesional maupun hanya memainkannya untuk berolahraga ringan atau bersenang-senang. Jika dibandingkan dengan sepak bola, futsal bisa dimainkan dalam jumlah yang lebih sedikit, waktu yang fleksibel, dan di dalam ruangan.

Sekian informasi mengenai olahraga futsal, semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *