Waktu Permainan Futsal: Durasi, Time Out, Dan Istirahat Dalam Pertandingan

Waktu Permainan Futsal
Waktu Permainan Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari khususnya oleh kalangan pria. Futsal sendiri mirip dengan sepak bola, hanya saja terdapat banyak perbedaan di dalamnya. Salah satunya adalah waktu permainan futsal berbeda jauh dengan waktu permainan sepak bola.

Futsal sendiri dapat diibaratkan sebagai versi mini sepak bola. Hal ini karena lapangannya jelas lebih kecil, waktu permainannya lebih singkat, jumlah pemain lebih sedikit, dan juga ukuran bolanya juga lebih kecil. Asosiasi yang mengurus futsal dan sepak bola dibuat terpisah, karena kedua olahraga ini memang berbeda.

Bacaan Lainnya

Memahami Waktu Permainan Futsal Beserta Ketentuan Lainnya

Futsal umumnya dimainkan di area perkotaan, dan bisa dilakukan di dalam ruangan atau juga luar ruangan. Di Indonesia olahraga ini sangat populer, bahkan rutin diadakan turnamennya. Walaupun tidak sepopuler sepak bola, futsal tetap menjadi olahraga yang sangat diminati banyak orang.

Durasi Waktu Permainan Futsal

Sepak bola tergolong olahraga yang cukup melelahkan karena pemain harus tetap berlari di lapangan yang luas. Dalam futsal sendiri ukuran lapangannya jauh lebih kecil, sehingga durasi permainannya juga dibuat lebih singkat.

Permainan futsal dibagi dalam dua babak, sama seperti sepak bola. Hanya saja setiap babaknya hanya memiliki durasi 20 menit. Jadi jika sepak bola durasinya 2 X 45 menit, maka dalam futsal durasinya 2 x 20 menit.

Jadi setiap babak hanya memiliki waktu selama 20 menit untuk setiap tim mencetak gol ke gawang lawan. Dalam futsal juga ada waktu istirahat pada jeda setiap babaknya. Untuk pertandingan final misalnya, saat skor sama maka diberikan juga ekstra time.

Di beberapa tempat, waktu permainan tersebut terkadang ditambah, sesuai dengan kesepakatan antara pemainnya. Hanya saja waktu 2 x 20 menit tersebut merupakan ketentuan internasional. Saat penghujung babak biasanya wasit memberikan waktu tambahan, sesuai dengan keputusannya.

Saat ada pelanggaran atau bola keluar lapangan, maka wasit akan menghentikan waktu permainan atau dalam artian tidak masuk dalam hitungan. Untuk mengganti waktu yang termakan akibat bola keluar atau pelanggaran tersebut, maka wasit akan memberikan tambahan waktu.

Waktu Time Out Dalam Futsal

Dalam futsal juga ada istilah time out. Time out tersebut jika diterjemahkan secara bebas artinya waktu permainan futsal yang diminta saat bola mati. Time out ini biasanya digunakan oleh pemain untuk berganti dengan pemain lainnya, atau juga saat pelatih memberikan instruksi kepada para pemainnya.

Waktu time out tersebut diberikan kepada masing – masing tim, dan durasinya biasanya hanya satu menit per babak. Jadi babak pertama, tim bisa meminta time out sekali. Dan babak kedua, tim juga bisa meminta time out sekali lagi.

Jika misalnya tim tidak menggunakan time out pada babak pertama, maka tidak bisa digunakan untuk babak kedua. Setiap tim hanya memiliki 1 kali time out setiap babaknya, dan sifat penggunaannya juga bebas. Jadi tergantung kebutuhan tim apakan menggunakannya atau tidak.

Durasi 1 menit yang diberikan saat time out juga sifatnya tetap, tidak boleh dilakukan tawar menawar kepada wasit. Time out tersebut boleh diminta pelatih kepada time kiper hanya jika bola sedang dikuasai oleh tim mereka. Jika lawan yang sedang menguasai bola, maka tidak boleh meminta time out tersebut.

Perpanjangan Waktu Dalam Futsal

Di dalam futsal juga terdapat ekstra time atau sering disebut sebagai perpanjangan waktu. Dalam sepak bola, perpanjangan waktu akan diberikan ketika skor masih sama kuat, dan harus menemukan salah satu pemenang. Sepak bola memberikan waktu extra time 2 x 15 menit.

Dalam futsal juga terkadang meraih skor yang sama. Jadi untuk menemukan tim pemenang, maka diberikan perpanjangan waktu selama 2 x 5 menit. Diberikan tambahan waktu selama 5 menit untuk setiap babaknya. Jika setelah melakoni perpanjangan waktu dan skornya tetap sama, maka harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam adu penalty ini, setiap tim akan diberkan kesempatan menendang sebanyak 5 gol, sama seperti dalam permainan sepak bola.

Waktu Istirahat Dalam Permainan Futsal

Saat babak pertama berakhir, maka wasit akan menghentikan permainan dan memberikan waktu istirahat kepada para pemain. Durasi waktu istirahat dalam futsal sama dengan waktu istirahat dalam sepak bola, yakni selama 15 menit.

Jadi pemain dan wasit akan keluar dari lapangan, dan memulihkan tenaga. Pemain menggunakan waktu istirahat tersebut untuk memulihkan tenaga, mendengar instruksi pelatih, atau juga melakukan aktivitas lain, selama masih berada di lingkungan futsal tersebut.

Saat jeda tersebut, biasanya pemain cadangan melakukan peregangan badan, agar tetap fit saat dibutuhkan nantinya. Futsal memiliki durasi permainan yang lebih singkat daripada sepak bola. walaupun demikian rasa capek yang dihadirkan tetap sama lelahnya. Itulah sedikit informasi tentang waktu permainan futsal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *