Posisi Pemain Futsal: Tugas Dan Peran 4 Pemain Futsal

Posisi Pemain Futsal
Posisi Pemain Futsal

Bagi anda yang tidak begitu mengenal olahraga futsal, maka anda perlu tahu bahwa ada 4 posisi pemain futsal. Olahraga futsal ini memang terlihat seperti olahraga sepak bola, namun anda perlu tahu bahwa keduanya adalah olahraga yang berbeda. Jumlah Pemain Futsal tidak sama, begitu pula dengan istilah pemainnya pun juga tidak sama.

Sama dengan olahraga sepak bola, futsal juga merupakan permainan bola menggunakan kaki. Yang membedakan adalah sepak bola dimainkan oleh 11 orang pada tiap tim, sedangkan futsal dimainkan oleh 5 orang dalam setiap timnya. Disamping itu, futsal juga memiliki lebih banyak peraturan ketimbang sepak bola.

Bacaan Lainnya

Apabila sepak bola dilakukan di lapangan, maka berbeda dengan futsal yang dilakukan di dalam ruangan. Meskipun pemain Futsal lebih sedikit jika dibandingkan dengan pemain sepak bola, namun para pemain Futsal ini dituntut untuk bermain cepat dalam dua hal, yaitu dalam hal menyerang dan juga bertahan.

4 Posisi Pemain Futsal Yang Perlu Diketahui

Futsal juga menjadi salah satu olahraga yang paling banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat, baik itu tua maupun muda. Meskipun begitu, masih ada banyak orang yang tidak mengetahui istilah-istilah posisi yang ada pada permainan futsal.

Kebanyakan orang masih menggunakan istilah yang ada pada permainan sepak bola untuk dijadikan istilah posisi permainan futsal. Padahal keduanya merupakan hal yang sama sekali berbeda. Disamping itu, permainan futsal memang mempunyai istilah posisi sendiri.

Di dalam permainan futsal, posisi pemain ada empat pos. Pada tiap-tiap pos nya memang memiliki peranan yang hampir sama dengan sepak bola. Keempat pos tersebut berfungsi untuk bertahan, mengatur serangan, dan menyerang. Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa posisi pemain futsal yang anda harus ketahui. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Posisi Pemain Futsal Keeper 

Posisi pemain futsal pertama yang akan dibahas disini adalah keeper. Sama hal nya dengan permainan sepak bola, dalam futsal pun keeper ini merupakan seorang pemain yang berperan menjaga gawang. Keeper merupakan satu-satu nya pemain yang memiliki privilege atau hak istimewa, dimana ia diperbolehkan untuk memegang bola.

Walaupun posisi keeper ini berada di bagian paling belakang lapangan, karena memang tugas nya menjaga gawang. Namun, pada keadaan atau situasi tertentu, dalam permainan futsal keeper ini bisa maju untuk mencetak gol ke gawang lawan. Wah, menarik sekali, bukan?

Posisi Pemain Futsal Anchor 

Posisi pemain futsal kedua yang akan dibahas disini adalah anchor. Anchor sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa Inggris yang artinya adalah jangkar. Sama seperti maknanya tersebut, pemain dengan posisi anchor ini akan memiliki peran ganda. Ia akan berperan sebagai pemain bertahan sekaligus juga pemain yang bertugas untuk mengatur serangan. Jadi, bisa dikatakan bahwa posisi anchor ini sama dengan gabungan antara pemain back dan juga midfielder dalam permainan sepak bola.

Karena memiliki tugas ganda yang sangat penting, maka pemain dengan posisi anchor harus kuat dalam hal penguasaan bola. Selain itu, anchor juga harus kuat karena ia lah posisi pertama yang akan memulai serangan. Tidak hanya itu saja, ketika tim mendapatkan serangan dari lawan, anchor juga lah yang akan bertanggung jawab sebagai pemain bertahan. Itulah mengapa, pemain dengan posisi anchor ini haruslah pemain yang memiliki kemampuan paling mumpuni.

Posisi Pemain Futsal Flank 

Flank merupakan motor serangan dari sebuah tim futsal. Flank ini terdiri dari dua orang. Pemain dengan posisi flank pada umumnya berada pada margin kiri dan juga kanan lapangan. Tugas dari pemain dengan posisi flank tidak hanya melakukan serangan, tapi mereka juga menjadi penghubung antara anchor dan juga pivot atau pemain depan.

Apabila anda tertarik untuk menjadi seorang atlet futsal dengan posisi flank, maka anda harus memiliki kontrol bola sempurna dibarengi dengan kecepatan yang baik. Flank harus bisa diandalkan dan harus bisa menjadi pencipta peluang gol bagi sebuah tim futsal. Bahkan seringkali pemain dengan posisi flank inilah yang mencetak gol bagi timnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak mudah memang menjadi seorang flank dalam sebuah tim futsal. Karena mereka harus pandai dalam hal penempatan dan juga jeli dalam menciptakan peluang gol.

Posisi Pemain Futsal Pivot 

Posisi Pivot merupakan posisi pemain futsal yang paling terakhir di bahas disini. Pivot merupakan pemain depan atau penyerang dari sebuah permainan futsal. Pivot ini memiliki tugas untuk memaksimalkan atau menyelesaikan peluang untuk mencetak gol. Untuk menjadi seorang pivot, maka pemain futsal haruslah mempunyai body balance yang tinggi. Hal ini akan sangat berguna untuk menghadapi dan juga menembus sistem pertahanan lawan. Pivot juga dikenal sebagai seorang pemain yang menjadi tembok gedor serangan.

Di dalam permainan futsal, pivot tentu saja memiliki peran yang sangat penting. Karena seorang pivot harus memiliki insting dan nyali yang kuat untuk menyelesaikan sebuah peluang dengan dengan kuat dan juga akurat. Sama dengan anchor, pivot juga bisa berperan sebagai pemain yang bisa mengendalikan permainan. Pivot juga menjadi pemain pertama yang membendung serangan lawan, sebelum lawan masuk ke area pertahanan tim.

Demikianlah empat posisi pemain futsal yang harus anda ketahui. Sekarang anda sudah bisa menganalisa sendiri apa saja posisi pemain futsal serta apa saja tugas dari masing-masing posisi. Setelah mengetahui keempat posisi tersebut, manakah posisi pemain futsal yang paling anda sukai?.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *