Sejarah Futsal: Penemu Versi FIFA Dan Sejarahnya Di Indonesia

Sejarah Futsal
Sejarah Futsal

Sejarah futsal belum yang diketahui oleh banyak orang. Futsal dari merupakan permainan bola dengan cara memasukkan bola ke gawang lawan. Setiap pemain pada permainan futsal berjumlah 5 orang untuk masing-masing tim. Meski terlihat mirip dengan permainan sepak bola, permainan futsal memiliki perbedaan. Lapangan yang digunakan untuk bermain futsal juga berbeda dengan permainan sepak bola.

Sejarah Futsal Yang Belum Banyak Diketahui

Bila pada permainan sepak bola lapangan dibatasi oleh gawang atau net, berbeda dengan permainan futsal. Lapangan pada permainan futsal dibatasi dengan garis tidak ada net ataupun jaring.

Bacaan Lainnya

Sejarah Singkat Permainan Futsal

Sejarah futsal dimulai pada tahun 1930. Saat pertama kali diperkenalkan di Montevideo Uruguay. Orang yang pertama kali memperkenalkan futsal yaitu Juan Carlos Ceriani.

Futsal memiliki keunikan yaitu dimainkan pada sebuah lapangan tertutup. Keunikan dari permainan futsal ini menarik perhatian dunia terutama Amerika Serikat. Sejarah futsal mulai berkembang ketika Brazil mulai tertarik pada keunikan permainan bola kaki.

Jika dilihat banyak sekali atlet futsal hebat yang berasal dari Brazil. Karena berdasarkan Sejarah futsal, Negara berhasil terus mengembangkan potensinya serta bakat para atlet dalam permainan futsal. Pele adalah salah satu bintang futsal Brazil yang kini bersinar di dunia.

Meski Sejarah futsal mulanya diperkenalkan di Uruguay namun berhasil menjadi negara yang paling disorot pada permainan futsal. Ini karena atlet-atlet bintang dunia banyak yang dicetak dari negara Brazil.

Dibawah Naungan FIFA

Sejarah futsal menjadi permainan yang dilombakan dunia secara internasional setelah futsal berada di bawah naungan FIFA. Federation Internationale de Football Association atau biasa dikenal FIFA menaungi olahraga futsal mulai dari Amerika Utara, Amerika tengah, Eropa, Asia, Afrika hingga Oceana.

Setelah berada di bawah naungan FIFA, olahraga futsal mulai dimainkan sebagai pertandingan internasional.  Berdasarkan catatan Sejarah futsal, permainan futsal pertama kali dipertandingkan secara internasional pada tahun 1956.

Pada pertandingan internasional pertama futsal, Paraguay berhasil juara pertama dari Amerika Selatan. Pada tahun-tahun berikutnya pada tahun 1979, keenam piala juara internasional disabet habis oleh Brazil. Ini juga yang menjadikan Brazil masuk dalam catatan Sejarah futsal.

Brazil terus masuk dalam Sejarah futsal setelah berhasil menyapu bersih ke seluruh piala gelaran pada tahun 1980 dan 1984. Hal ini membuktikan bahwa Brasil secara serius mengembangkan bakat para atlet di bidang olahraga futsal.

Kejuaraan pada Futsal dunia pertama diselenggarakan atas dukungan FIFUSA. Kejuaraan dunia futsal pertama diselenggarakan di Brazil pada tahun 1982 di Sao Paulo tepatnya. Dan kembali Brazil berhasil menyabet seluruh kejuaraan.

Kejuaraan kedua Dunia Futsal diselenggarakan pada 1985 di Spanyol. Brazil juga berhasil menduduki peringkat pertama pada kejuaraan ini. Posisi Brazil sebagai raja Futsal dibalikkan oleh Paraguay pada kejuaraan dunia ketiga Australia pada tahun 1988.

Sedangkan kejuaraan internasional futsal pertama diadakan di Amerika serikat pada tahun 1985. Kejuaraan internasional ini tepatnya diadakan di Universitas Negeri Sonoma.

Sejarah Futsal Indonesia

Sejarah Futsal Indonesia baru dimulai pada tahun 2000an. Pada tahun 1998 hingga 1999 ketika mulai masuk ke Indonesia. Akhirnya pada tahun 2000 futsal mulai berkembang cukup pesat hingga muncul sekolah futsal.

Akhirnya pada tahun 2002, AFC meminta kepada Indonesia untuk menggelar kejuaraan futsal Asia. Namun sayangnya hingga saat ini futsal bulan menjadi olahraga profesional. Futsal di Indonesia masih menjadi olahraga untuk rekreasi saja.

Justin laksana merupakan orang yang memperkenalkan olahraga futsal pertama kali ke Indonesia. Sesuai sejarah futsal Indonesia kita memiliki bapak futsal nasional. Bapak futsal Nasional Indonesia yaitu Roland Hermanus Pattinasarany atau biasa dikenal dengan Ronny Pattinasarany.

Almarhum adalah pejuang sepak bola sekaligus pendiri BFN. BFN adalah Badan Futsal Nasional. Dedikasi tinggi serta perjuangan dari almarhum menjadikannya sebagai bapak futsal Indonesia.

FFI atau federasi futsal Indonesia adalah badan yang menaungi futsal di Indonesia. FFI merupakan badan resmi di bawah naungan PSSI. Kini FFI telah berubah nama menjadi AFI atau asosiasi futsal Indonesia.

FFI dibentuk setelah adanya pembubaran terhadap BFN. AFI akan bertanggung jawab atas penyelenggaraan kompetisi futsal Nasional Indonesia. Kompetisi futsal Nasional Indonesia dikenal dengan liga futsal profesional Indonesia.

FFI sendiri dipimpin oleh bapak Hary Tanoesoedibjo. Pada tahun 2017 di bawah pimpinan bapak Hary Tanoe Sudibyo diselenggarakan kongres tahunan futsal. Kongres ini digelar tepatnya pada 30 November 2017 sebagai kongres pertama.

Kongres tahunan pasal pertama ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting. Setidaknya ada 34 perwakilan asosiasi futsal provinsi, delapan klub dari pemain profesional wanita dan 12 klub pemain profesional pria.

Hingga saat ini telah digelar 11 pertandingan atau kompetisi futsal profesional di Indonesia. Meski pada liga pertama AFF Indonesia tidak berhasil menyabet juara namun pada liga kedua Indonesia berhasil meraih posisi pertama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *