Teknik Dasar Futsal: 6 Teknik Dasar Agar Jago Main Futsal

Teknik Dasar Futsal
Teknik Dasar Futsal

Teknik dasar futsal menjadi bagian pertama yang harus diperhatikan oleh para pemain futsal. Karena dengan penguasaan teknik yang tepat, tentunya permainan pun akan berjalan dengan lebih mudah. Falcao sosok yang dikenal telah memenangkan dua golden ball pada piala dunia futsal ini dikenal dengan teknik yang luar biasa.

Mengenal 6 Jenis Teknik Dasar Futsal Yang Wajib Dikuasai Pemain 

Bagi Anda yang ingin tahu apa saja teknik dasar yang telah digunakannya dalam permainan futsal. Pastikanlah Anda simak penjelasannya berikut ini :

Bacaan Lainnya

Teknik Dasar Passing Atau Mengumpan Bola Futsal

Untuk permainan futsal, tentunya setiap pemain wajib memiliki teknik dasar futsal yang satu ini. Karena dengan umpan yang baik, maka permainan pun dapat dilakukan dengan lebih baik pula.

Teknik passing atau umpan bola pada dasarnya dilakukan untuk mendominasi jalannya pertandingan. Namun tidak hanya itu saja, teknik ini juga digunakan untuk menghadirkan variasi serangan. Cara ini pun dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda, seperti menggunakan bagian dalam, luar atau bahkan tumit kaki.

Teknik Kontrol Atau Menahan Bola 

Menahan bola atau Teknik kontrol yang satu ini dikenal sebagai teknik dasar yang tentunya harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik ini dilakukan agar umpan yang diterima dari teman dapat Anda pertahankan dengan baik.

Untuk mengontrol bola itu sendiri ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Seperti halnya menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar hingga telapak kaki dari bagian dalam.

Teknik Teknik Dasar Futsal Bola Lambung 

Pada pertandingan futsal, jenis teknik dasar futsal ini tidak jauh berbeda dengan teknik passing. Perbedaannya hanya terletak pada saat Anda melakukan chipping. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan bagian ujung jari kaki atau ujung sepatu.

Teknik melambungkan bola ini umumnya dilakukan untuk mengelabui lawan. Namun selain hal tersebut, teknik ini juga dapat digunakan untuk memberikan umpan pada pemain lain. Selain itu hal ini juga dapat dilakukan sebagai proses melakukan pencetakan gol secara langsung.

Untuk melakukan teknik bola lambung dengan lebih baik. Ada beberapa tips yang juga dapat Anda lakukan, seperti halnya :

  • Pastikan posisi bola berada di bagian depan Anda
  • Untuk kaki yang dijadikan sebagai tumpuan pastikan untuk menempatkannya di samping bola.
  • Kaki yang akan digunakan untuk menendang diayunkan terlebih dahulu ke bagian belakang setelah itu baru ke depan.
  • Ketika melakukan tendangan tempatkan kaki dengan tepat dibawah bola
  • Ayunkan dan kemudian angkat bola ke bagian depan.
  • Kemudian biarkan kaki mengayun ke arah depan dan mengikuti arah bola menuju.

Teknik Dribbling Atau Menggiring Bola 

Dribbling atau menggiring bola adalah teknik dasar futsal lainnya yang juga harus dikuasai pemain. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, berputar atau bahkan melakukan belok. Dengan menguasai teknik yang satu ini, tentunya Anda pun dapat mengecoh lawan dengan baik.

Tidak hanya itu, teknik dribbling juga dilakukan untuk menghadapi lawan agar bola yang tengah dikuasai tetap berada di kaki  Anda. Hal tersebut juga umumnya dilakukan untuk menggiring bola pada area yang kosong. Untuk melakukan dribbling, Anda dapat menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam serta punggung kaki.

Teknik Shooting Atau Menembak Bola

Menendang Bola atau Teknik shooting adalah jenis teknik dasar futsal lainnya yang ditujukan untuk menembak bola. Teknik yang satu ini wajib dimiliki oleh para pemain futsal yang ada di bagian depan. Teknik menembak bola tentunya dilakukan agar bola yang ditendang dapat mengarah keras ke bagian depan gawang.

Karena tujuan dari teknik yang satu ini untuk mencetak gol. Tentunya hal ini pun harus dilakukan dengan lebih akurat. Sehingga posisi bola yang ditendang jauh lebih terarah dan juga tepat sasaran.

Teknik Heading Atau Menyundul Bola

Meskipun tidak banyak digunakan. Namun teknik dasar futsal yang satu ini juga memberikan pengaruh tinggi pada permainan futsal. Teknik ini dapat digunakan oleh para pemain ketika bola berada di bagian atas atau melambung tinggi ke bagian atas kepala.

Teknik heading atau menyundul bola juga dapat dilakukan untuk memberikan umpan. Bahkan keberadaannya dapat langsung dilakukan untuk proses pencetakan gol ke arah gawang.

Untuk teknik yang satu ini ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti, di antaranya :

  • Setiap pemain yang melakukan teknik ini. Tentunya harus menyadari bahwa dirinya tengah menyundul bola dan bukan ditabrak oleh bola.
  • Teknik menyundul bola sebaiknya dilakukan dengan menggunakan bagian depan kepala atau dahi. Selain itu, hindari pula menyundul bola dengan menggunakan ubun-ubun.
  • Pemain yang hendak menyundul bola, memastikan agar matanya terbuka. Hal ini dilakukan agar ia mengetahui dengan pasti bahwa sundulan dilakukan dengan bagian dahinya.
  • Ketika melakukan sundulan pastikan untuk merapatkan gigi serta mengencangkan bagian otot leher. Hal ini dilakukan agar sundulan dapat dipastikan meluncur dengan akurat.
  • Lakukan latihan secara berulang agar sundulan yang dihasilkan jauh lebih berkualitas.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa teknik dasar futsal yang wajib dimiliki para pemain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *