Ukuran Gawang Futsal: Ukuran Standar Gawang Dan Aturan Lainnya

Ukuran Gawang Futsal
Ukuran Gawang Futsal

Berapa sih ukuran gawang futsal? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut. Ada baiknya jika Anda simak penjelasan mengenai gawang itu sendiri. Berikut penjelasannya, gawang dikenal sebagai salah satu perlengkapan yang wajib ada di lapangan semenjak awal Sejarah Futsal sampai sekarang. Karena dengan adanya gawang, maka kemenangan sebuah tim pun dapat ditentukan dengan mudah. Penentuan tersebut dihitung berdasarkan pada jumlah gol yang telah dilakukan oleh masing- masing tim.

Gawang futsal memiliki bentuk yang sama dengan gawang sepak bola. Perbedaannya hanya terdapat pada segi ukuran yang dimilikinya saja. Dalam hal ini, ukuran dari gawang futsal tentunya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran dari gawang sepak bola. Untuk gawang futsal, ia umumnya dibuat dengan menggunakan tiang. Sedangkan untuk bahan pelengkapnya, tiang tersebut pun disertai dengan jaring. Keberadaan jaring tersebut tentunya digunakan untuk menahan bola.

Bacaan Lainnya

Informasi Seputar Ukuran Gawang Futsal Dan Aturan Yang Berkaitan Dengannya

Meskipun terlihat sederhana dan tidak jauh berbeda dengan beragam jenis gawang lainnya. Faktanya gawang futsal hadir dengan beberapa aturan khusus. Beberapa aturan tersebut bahkan tidak diketahui oleh para pemainnya itu sendiri.

Perbedaan Aturan Ukuran Gawang Futsal Nasional Dan Internasional

Tidak hanya itu, peraturan futsal mengenai ukuran gawang futsal pun berbeda antara standar nasional dengan internasional. Untuk penjelasan lebih lanjutnya. Silahkan penjelasan singkat berikut ini :

  • Gawang harus terdiri dari dua tiang yang sejajar secara vertikal (tiang gawang). Selain itu, setiap tiang pun harus memiliki jarak yang sama antara sudut yang satu dengan sudut lainnya. Sudut tersebut kemudian dihubungkan dengan menggunakan tiang yang dibuat secara horizontal di bagian atasnya (tiang palang).
  • Gawang juga harus diterapkan pada bagian tengah dari setiap garis gawang yang ada.
  • Untuk jarak di antara kedua tiang gawang umumnya dibuat berukuran 3m. Ukuran tersebut ditentukan dari bagian dalam gawang. Sedangkan untuk jarak dari tiang palang ke bagian lantai umumnya dibuat dengan ukuran 2m. Pengukuran ini dilakukan dari tiang horizontal bagian dalam ke bawah atau hingga menyentuh lantai.
  • Untuk tiang palang dan juga kedua tiang gawang dari ukuran gawang futsal. Seluruhnya hadir dengan diameter yang sama yaitu berkisar pada angka 8 cm.
  • Sementara untuk kedalaman gawang justru berbeda antara bagian atas juga bawah yang dimilikinya. Jika bagian atas hanya memiliki kedalaman sekitar 80 cm. Sementara untuk kedalaman bawah gawang justru mencapai angka 100 cm.
  • Jaring yang digunakan pada gawang umumnya dibuat dengan bahan nylon. Sedangkan pemasangannya sendiri dilakukan pada bagian belakang tiang gawang serta tiang palang.
  • Untuk bagian penampang dari gawang futsal tentunya harus memiliki bentuk yang tepat. Seperti halnya bentuk persegi, persegi panjang, elips atau bahkan lingkaran. Namun jika melihat bentuk yang dianjurkan, tentu akan lebih baik jika penampang tersebut hadir dengan bentuk lingkaran. Dengan bentuk tersebut tentunya benturan yang terjadi pun akan lebih aman. Bahkan jika bola membentuk bagian tersebut, maka ia akan memantul dengan arah yang jauh lebih akurat.
  • Gawang futsal tentunya dapat dipindahkan dengan mudah. Meski demikian keberadaannya jika ditempatkan haruslah berada dalam kondisi diam dan kuat. Apalagi selama pertandingan tengah berlangsung.

Aturan Lain Yang Berkaitan Dengan Gawang Untuk Futsal 

Berikut ini terdapat beberapa aturan lainnya yang juga masih berkaitan dengan ukuran gawang futsal,  di antaranya :

Tanda Lapangan 

Pada dasarnya lapangan yang digunakan untuk kegiatan futsal haruslah berbentuk persegi empat. Setelah itu, di bagian pinggir-pinggirnya akan disediakan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas lapang.

Daerah Penalti

Daerah penalti ditandai dengan dua garis berbentuk lingkaran yang berukuran panjang 6 meter.

Titik Penalti Kedua 

Untuk titik penalti kedua dikenal dengan jaraknya yang berukuran 10 meter dari titik tengah dan dihitung di antara kedua tiang gawang.

Pemain (Penjaga Gawang) 

Dalam satu permainan dari kegiatan futsal, selain aturan berkaitan dengan ukuran gawang futsal. Ada pula beberapa aturan lainnya, seperti halnya bentuk permainan yang akan dilakukan oleh dua tim yang akan bermain. Masing-masing tim memiliki pemain yang tidak boleh lebih dari 5 orang.

Pergantian Penjaga Gawang

Untuk proses pergantian pemain dengan penjaga gawang harus dilakukan saat pertandingan dihentikan. Hal tersebut pun harus diinformasikan kepada wasit terlebih dahulu.

Gol Tercipta

Untuk gol yang tercipta, itu akan terjadi apabila seluruh bagian bola telah melewati garis gawang. Sementara itu, sebuah gol sendiri dinyatakan tidak sah. Utamanya jika tim penyerang dengan sengaja melemparkan bagian bola dengan menggunakan tangan dari kawasan daerah penalti.

Dengan adanya informasi singkat di bagian atas tadi. Diharapkan agar dapat menambah ilmu pengetahuan Anda terkait ukuran gawang futsal. Tidak hanya itu saja, semoga Anda pun dapat menyebarkan informasi tersebut bagi mereka dan juga siapa pun yang membutuhkannya.

Demikianlah kiranya penjelasan mengenai ukuran gawang futsal juga beberapa aturan yang berkaitan dengannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *