Luas Lapangan Futsal: Ukuran Lengkap Standar Nasional Dan Internasional

Luas Lapangan Futsal
Luas Lapangan Futsal

Luas lapangan futsal memang berbeda dengan luas dari lapangan sepak bola. Hal ini dikarenakan kedua jenis olahraga tersebut adalah jenis olahraga yang berbeda. Meski demikian, banyak orang yang menyamakannya. Bahkan beberapa dari mereka juga mengatakan bahwa olahraga futsal adalah jenis olahraga mini dari sepak bola.

Jika dilihat dari segi ukuran, lapangan futsal memang hadir dengan luas yang tidak lebih besar dibandingkan dengan lapangan bola. Meski demikian, permainan ini tetap menguras tenaga dan juga keringat para pemainnya. Hal ini terjadi karena setiap pemain tentunya dipaksa untuk melakukan pergerakan dengan lebih cepat.

Bacaan Lainnya

Ini Dia Informasi Seputar Luas Lapangan Futsal Dan Area Lainnya

Futsal juga termasuk dalam salah satu jenis olahraga yang banyak diminati orang-orang. Bahkan keberadaannya telah ada sejak jaman dulu. Karena itulah tidak heran jika kemudian olahraga ini kini telah hadir dalam level internasional.

Mengenal Ukuran Lapang Futsal Nasional Dan Juga Internasional 

Panjang Lapangan Futsal

Nasional : 25-42 m

Internasional : 38-42 m

Lebar Lapangan Futsal

Nasional : 15-25 m

Internasional : 18-25 m

Jari-jari lingkaran yang ada di bagian tengah lapang

Nasional dan internasional berukuran 3 m

Lebar Gawang Futsal

Nasional dan internasional berukuran 3 m

Tinggi Gawang Futsal

Nasional dan internasional berukuran 2 m

Lebar Garis, Baik Itu Garis Tengah, Samping Atau Bahkan Garis Gawang 

Dalam hal ini, garis terdiri dari garis batas yang terletak pada bagian tengah lapang dengan bentuk melintang. Kemudian garis gawang yang ada di bagian titik ujung serta garis sisi dari bagian gawang dengan ukuran lebar 8cm.

Area Penalti Lapangan Futsal

Area penalti dibuat agar ketika ada tim lawan yang melakukan kesalahan pada area tersebut. Maka tim lain pun akan diberikan kesempatan untuk melakukan tendangan langsung ke arah gawang.

Tidak hanya itu, ketika pemain akan melakukan tendangan tersebut juga tidak dihalangi oleh para pemain lainnya. Hal ini berkaitan dengan adanya aturan yang menyatakan bahwa pemain lain harus berada di luar daerah penalti.

Daerah penalti dibuat dengan menggabungkan dua perempat lingkaran pada tampilan luas lapangan futsal. Masing-masing memiliki jari-jari berukuran 6 m. Sedangkan untuk titik pusatnya diambil dari bagian ujung tiang gawang, baik itu sebelah kiri atau bahkan sebelah kanan.

Sementara itu, salah satu bagian dari ujung garis tersebut harus menempel pada bagian garis gawang. Sedangkan untuk garis lainnya justru dihubungkan dengan garis lurus berukuran, 3,16 m. Untuk ukuran garis tersebut umumnya ditentukan berdasarkan pada panjang gawang juga tingkat ketebalan dari tiang yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, titik penalti pada luas lapangan futsal juga hadir dengan dua titik. Dua titik tersebut adalah titik terdekat dengan bagian gawang dan juga titik terjauh dengan gawang.

  • Untuk titik penalti pertama dikenal dengan jarak 5 meter
  • Untuk titik penalti kedua justru hadir dengan jarak 10 meter.

Area Tendangan Sudut 

Tendangan sudut umumnya dilakukan apabila bola keluar dengan melewati garis gawang. Hal ini umumnya dilakukan oleh timnya itu sendiri, baik dengan sengaja atau bahkan tidak disengaja.

Daerah tendangan sudut pada luas lapangan futsal hadir pada empat titik berbeda. Hal ini ditandai dengan bentuk seperempat lingkaran dan memiliki jari-jari berukuran 25 cm.

Area Bebas 

Bagian yang satu ini dikenal dengan fungsi sebagai tempat untuk wasit ketiga berada. Selain melihat jalannya pertandingan, hal lain yang dilakukannya adalah mencatat waktu. Di tempat ini umumnya disediakan meja dengan jarak minimal 2 meter dari garis tepi lapangan futsal.

Area Pergantian Pemain 

Untuk proses pergantian pemain juga terdapat aturan yang harus diikuti. Seperti halnya membiarkan pemain yang akan diganti keluar terlebih dahulu. Kemudian pemain pengganti baru bisa memasuki lapangan.

Apabila hal ini dilakukan tanpa mengikuti aturan yang ada. Maka setiap pemain tersebut pun akan dijatuhi hukuman.

Untuk area pergantian pemain terdapat beberapa informasi detail yang berkaitan dengannya, seperti :

  • Memiliki jarak 5 m dari garis tengah
  • Lebar dari daerah pergantian adalah 5 meter
  • Lebar garis yang digunakan hanya berukuran 8 cm.
  • Untuk ukuran panjang dari garis pembatas berada pada angka 80 cm. Angka tersebut terbagi menjadi 40 cm masuk pada bagian area dalam lapangan. Sedangkan 40 cm lainnya masuk pada bagian luar lapangan.

Jenis Lapangan Futsal

Lapangan futsal hadir dengan beberapa jenis lapangan yang berbeda. Perbedaan tersebut ditentukan oleh jenis lantai yang digunakannya. Seperti halnya beberapa jenis lapang futsal berikut ini :

  1. Lapang futsal vinyl
  2. Jenis Lapang futsal rumput sintetis
  3. Lapang futsal polypropylene

Ukuran Gawang Futsal 

Selain ukuran dari luas lapangan futsal, untuk ukuran gawang futsal juga harus Anda pastikan pula dengan baik. Berikut penjelasan dari ukuran yang dimilikinya :

  • Panjang 3 m
  • Lebar 2 m
  • Ketebalan 8 cm
  • Bentuk tiang dibuat secara bulat / kotak
  • Peletakan gawang harus dilakukan tepat di bagian tengah dari garis gawang
  • Jaring gawang terbuat dari tali nilon, rami atau bahkan goni.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai luas lapangan futsal dan juga beberapa hal yang berkaitan dengannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *