Peraturan Bola Basket Yang Perlu Anda Ketahui

Peraturan Bola Basket Yang Perlu Anda Ketahui
Peraturan Bola Basket Yang Perlu Anda Ketahui

Peraturan bola basket tentunya sangat penting diketahui untuk setiap pemian bola basket. Tidak hanya peraturan mengenai cara bermain bola basket yang benar atau salah, namun juga mengenai lapangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut peraturan permainan bola basket.

Waktu Permainan Basket

Dari segi waktu, permainan ini juga mempunyai aturan. Kemungkinan anda sudah mengetahui jika terdapat 4 quarter di dalam permainan bola basket. Nah, 4 quarter tersebut merupakan istilah 4 babak, yang mana setiap babaknya mempunyai durasi 10 menit. Di dalam sebuah pertandingan, maka waktu untuk bermain yang diberikan yaitu 4×10 menit. Sedangkan 10 menit merupakan jeda untuk melakukan istirahat antar babak.

Bacaan Lainnya

Bisa saja kedua tim setelah melakukan permainan justru berskor imbang. Sehingga sebagai hasilnya, tersedia 2 babak tambahan dan dilangsungkan dengan waktu 10 menit. Yang merupakan durasi per babak serta 2 menit adalah waktu jeda pemain antar babak. Bagaimana untuk NBA? Untuk NBA sendiri, maka aturan yang berlaku yaitu 12 menit untuk durasi per babaknya.

Peraturan Seragam Bola Basket

Ketika dalam pertandingan bola basket, tentu saja seragam adalah hal yang sangat penting untuk diikuti. Yang mana terdapat dua set yang diperuntukkan kepada setiap tim dan disebut sebagai seragam kandang serta tandang. Namun yang jelas warnanya tidak sama. Hal ini dilakukan untuk membedakan kedua tim yang akan bertanding.

Nah, seragam juga harus mempunyai nomor punggung sebagai peraturan seragam bola basket lainnya. Nomor punggungnya pun juga sudah ditentukan. Untuk nomor depan, maka tingginya adalah 10 cm dan lebar 2 cm, sedangkan nomor punggung juga memiliki tinggi 10 cm. Antar pemain nomor punggungnya tidak boleh sama. Selain itu, seragam para pemain bola basket juga tergolong istimewa karena mempunyai warna dominan di bagian belakang dan depan.

Peraturan Jumlah Pemain Bola Basket

Jika dilihat dari jumlah pemainnya, maka terdapat aturan khusus yang pastinya tidak dapat diganggu gugat. Yang mana peraturannya adalah pemain terdiri oleh 2 tim dengan setiap per timnya harus terdiri oleh 12 orang anggota. Namun 12 orang tersebut tidak digunakan untuk pemain yang akan bertanding, tetapi secara keseluruhan saja.

Ketika akan melakukan pertandingan di lapangan, maka peraturan jumlah pemain bola basket untuk setiap tim harus mempunyai 5 anggota, hal ini berarti dalam satu lapangan saat melakukan pertandingan harus memiliki 10 orang totalnya yang berasal dari 2 tim. Nah, 10 orang tersebut merupakan pemain utama, sedangkan 7 lainnya adalah pemain cadangan.

Peraturan Perlengkapan Pertandingan Basket

Pada awalnya, Penemu Bola Basket belum terlalu mendetailkan lebih banyak peraturan. Dalam permainan bola basket, maka sangat penting sekali untuk memperhatikan perlengkapan pertandingan. Tentunya, peraturan pertandingan bola basket harus dipatuhi agar permainan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Selain itu, perlengkapan pertandingan juga tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan sudah terdapat aturannya sendiri yang telah dianggap sah.

Sesuai dengan aturannya, ada berbagai perlengkapan yang harus ada di dalam permainan bola basket. Berbagai perlengkapan yang dimaksud adalah jam pertandingan, scoresheet, lapisan pengaman tiang untuk papan pantul, pencahayaan yang cukup, stopwatch khusus yang digunakan sebagai pengawas waktu atau time-out, dan sebagainya. Permainan bola basket belum dikatakan resmi atau tidak bisa dimulai ketika salah satu perlengkapan tersebut tidak ada di pertandingan bola basket.

Peraturan Ukuran Lapangan Basket

Tentunya dalam aturan permainan bola basket, tidak hanya perlengkapan permainannya saja yang harus anda ketahui, tetapi ukuran lapangan juga harus anda kenali dengan baik. Untuk standar NBA dan FIBA mengenai ukuran lapangan dari bola basket terbagi menjadi 2, yang meliputi panjang dan lebarnya.

Menurut standar FIBA, maka ukuran lapangan dalam permainan bola basket adalah mempunyai panjang 26 meter dengan lebar 14 meter. Sedangkan peraturan permainan basket dari segi ukuran lapangan menurut NBA yaitu lapangan permainan basket panjangnya adalah 28,5 meter dan lebarnya adalah 15 meter.

Ukuran Bola Basket

Mengenai ukurannya sendiri, tentunya bola basket tidak boleh dipilih secara sembarangan. Meskipun anda bisa dengan mudah melihat berbagai jenis bola basket, tentunya bola basket ini ada yang berukuran kecil. Permainan bola basket akan dianggap sah maupun disepakati ketika bola tersebut mempunyai ukuran keliling 75 hingga 78 cm.

Tidak hanya itu, berat bola juga mempunyai aturannya tersendiri. Yang mana beratnya adalah 600-650 gram dan pantulan ke atas adalah 1,2 hingga 1,4 meter. Ketika dijatuhkan pada ketinggian 1,8 m. Yang jelas ketika permainan akan dimulai, maka pengecekan bola akan dilakukan wasit.

Demikianlah beberapa aturan main basket yang perlu anda ketahui. Untuk anda yang merupakan pemain pemula, jangan lupa untuk mengetahui beberapa peraturan di atas ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *