Induk Organisasi Bola Basket Indonesia Dan Dunia (Perbasi, FIBA, NBA)

Induk Organisasi Bola Basket Perbasi, FIBA, Dan NBA
Induk Organisasi Bola Basket Perbasi, FIBA, Dan NBA

Induk organisasi bola basket adalah sebuah lembaga yang digunakan sebagai wadah formal untuk menaungi olahraga bola basket supaya lebih inovatif maupun berprestasi. Tentunya ada berbagai induk organisasi bola basket nasional dan internasional, untuk lebih jelasnya berikut ulasan selengkapnya.

Perbasi: Induk Organisasi Bola Basket Di Indonesia

Induk organisasi bola basket di indonesia adalah Perbasi. Perbasi singkatan dari Persatuan Bola Basket Indonesia adalah wadah resmi yang digunakan untuk menaungi olah raga bola basket yang ada di tanah air. Tentu saja visi misi Perbasi yaitu sebagai peningkatan prestasi berbasis sekolah dengan cara merangkul semua pihak, yang berkompeten, dan fleksibel. Nah, Perbasi sendiri dibentuk mulai 1951, yang mana Maladi sebagai sekretaris dari Komite Olimpiade Indonesia meminta Wim Latumenten dan Tony Wen membentuk organisasi olahraga ini di Indonesia. Karena inisiasi dari kedua tokoh tersebut, perbasi didirikan pada tanggal 23 Oktober.

Bacaan Lainnya

Ketua dari pengurus Perbasi pertama adalah Tony Wen dan Wim Latumeten adalah sekretarisnya. Yang pasti tujuan Perbasi ini adalah untuk membina serta mengkoordinasi segala aktivitas bola basket yang ada di setiap wilayah Indonesia. Tidak hanya itu saja, Perbasi juga bergerak maju untuk meningkatkan solidaritas hingga meningkatkan jiwa nasionalisme terhadap tanah air.

induk organisasi bola basket di indonesia adalah Perbasi yang dimulai pada tahun 1951 ini telah dikenal oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan Perbasi sudah berpartisipasi pada aktivitas yang bersifat regional, nasional, maupun internasional, tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga di luar negeri. Selain itu, pembinaan Perbasi ini dilaksanakan dari level organisasi vertikal. Tujuan dari Perbasi juga untuk membina para atlet maupun anggota dari bola basket untuk menuju ke jenjang yang tinggi, tidak hanya di tingkat daerah dan nasional saja, namun juga internasional. Hal ini juga dapat memupuk rasa persahabatan hingga persaudaraan dari olahraga bola basket.

FIBA: Organisasi Bola Basket Internasional

Apakah anda pernah mendengar apa itu FIBA? Nah, FIBA sendiri adalah badan organisasi dari bola basket internasional. Yang mana merekalah yang telah menetapkan peraturan di dalam olahraga bola basket yang sudah berlaku sampai ke seluruh penjuru dunia. FIBA saat ini bermarkas di Jenewa, Swiss. Nah, FIBA sendiri mulai didirikan pada tangga 18 Juni 1932, yang dibentuk beberapa negara, dari mulai Argentina, Portugal, Italia, Yunani, Swiss, Chekoslovakia Rumania, dan Latvia. Jadi, induk organisasi basket internasional adalah FIBA.

Kejuaraan dunia ini pertama kali dilakukan di tahun 1950 yang hanya dikhususkan untuk tim laki-laki. Sedangkan untuk kategori wanita, maka piala dunia dari bola basket ini digelar mulai 1953. Kemudian pertandingan bola basket ini dilakukan setiap 4 tahun. Induk organisasi bola basket FIBA pada awalnya memiliki peraturan yang cukup unik, yang mana pemain yang akan berkompetisi pada cabang bola basket di olimpiade merupakan yang level amatir.

Tetapi semenjak 1989, maka aturan tersebut sudah berubah. Tentunya pemain profesional juga boleh ikut bermain.
Karena peraturan baru tersebut, maka pemain-pemain dari National Basketball Association atau NBA dari Amerika Serikat hingga Euroleague mengerahkan pemain yang sudah pro agar dapat memperkuat negaranya pada olimpiade yang diselenggarakan. Menjadikan banyaknya negara yang juga ikut berpartisipasi dalam liga.

NBA: Organisasi Bola Basket Di Amerika Serikat

Terakhir Induk Organisasi Basket Amerika adalah National Basketball Association atau NBA. NBA adalah induk organisasi dari bola basket pria yang ada di Amerika Serikat. Ternyata mereka jugalah yang melaksanakan liga basket NBA di Amerika. Liga basket yang satu ini dapat dikatakan sebagai kiblatnya permainan bola basket yang ada di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan NBA adalah liga basket yang memiliki hype terbesar dengan kualitas permainan tertinggi lho di dunia.

Pertama kali terbentuknya induk organisasi basket internasional NBA adalah pada 6 Juni tahun 1946 di New York. Organisasi ini pada awalnya bukan bernama NBA, tetapi justru bernama BAA, singkatan dari Basketball Association of America. Nah, baru selanjutnya pada 3 Agustus tahun 1949, BAA ini berubah nama sebagai National Basketball Association. Tentu saja hal ini dipicu dengan adanya kesepakatan antar sesama lembaga basket yang lainnya.

Sejak 1 Februari tahun 2014 yang lalu, organisasi ini dipimpin oleh Adam Silver sebagai commisioner. Yang mana ia menggantikan komisioner sebelumnya, yaitu David Stern yang sudah 30 tahun menjabat, tepatnya sejak tahun 1984. Ketika menyelenggarakan pembinaan pemain, induk organisasi bola basket NBA melakukan kerja sama dengan NCAA.

NCAA adalah badan yang mempunyai hak pengelolaan turnamen untuk olahraga level kampus, yang termasuk juga dengan turnamen basket NCAA. Dalam pengelolaan liganya, NBA sendiri menerapkan sistem yang cukup unik, tetapi sebenarnya lazim digunakan pada beragam cabang olahraga lainnya dari Amerika Serikat seperti American Football, baseball, dan hoki.

Itulah ketiga induk organisasi bola basket yang harus anda ketahui, dari masing-masing organisasi tersebut memiliki kriteria Ukuran Bola Basket tersendiri baik dari mulai skala nasional sampai internasional. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *