Ini Sebab Ternyata Ukuran Bola Basket Dibuat Berbeda-Beda

Ini Sebab Ternyata Ukuran Bola Basket Dibuat Berbeda-Beda
Ini Sebab Ternyata Ukuran Bola Basket Dibuat Berbeda-Beda

Ukuran bola basket meskipun kelihatannya serupa tapi ternyata berbeda 1 sama lain. Perbedaan ukuran ini didasari oleh berbagai parameter yaitu :

Tujuan permainan

Salah 1 faktor yang membuat adanya perbedaan ukuran bola adalah untuk tujuan apa bola itu digunakan. Tentu tidak bisa disamakan bola basket untuk permainan casual ( orang umum) dengan permainan profesional. Berikut adalah detailnya :

Bacaan Lainnya

Permainan kasual

Untuk lingkup orang umum, standar dari bola basket memiliki spesifikasi seperti ini :

  • Keliling bola basket bekisar antara 75-78 cm
  • Massa dari bola basket pada rentang nilai 600 – 650 gram.
  • Tekanan udara bola basket 4,26-4,61 psi, harus mampu melambungkan bola dengan ketinggian 120 – 140 cm.

Standar ini ditetapkan secara menyeluruh di smeua negara tidak hanya di Indonesia saja

Permainan profesional

Sementara untuk tujuan yang lebih serius seperti pertandingan profesional, bola basket yang digunakan juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Perbedaan ini karena dipengaruhi oleh ketentuan dari lembaga resmi yang memayungi pertandingan basket profesional tersebut

Ukuran Bola Basket Standar FIBA

FIBA (Federation International Basketball Association) adalah badan yang mengatur pertandingan internasional seperti kejuaraan dunia basket ataupun olimpiade. Lembaga tersebut memberikan ketetapan bola basket yang digunakan dengan perincian seperti ini :

  • Berat bola basket yang digunakan dalam pertandingan memilik rentang 567 – 650 gram.
  • Bola basket memiliki keliling 749 – 780 mm.

Dengan demikian karena urusan FIBA di sini telah mencakup seluruh dunia maka liga bola basket di negara-negara lain harus mematuhi standar tersebut.

Ukuran Bola Basket Standar NBA

Tentu tidak lengkap rasanya jika kamu menyebut diri sebagai penggemar basket tapi tidak membicarakan tentang liga NBA. Kejuaraan bola basket paling bergengsi di Amerika Serikat. Standar bola yang digunakan dalam kejuaraan tersebut antara lain :

  • Keliling bola basket yang di setujui yaitu antara 749,3 mm sampai 755,65 mm
  • Bobot bola basket yang digunakan 623,7 gram

Ukuran Bola Basket Standar NCAA

Lain NBA, lain pula NCAA, meskipun sama-sama dalam lingkup Amerika Serikat tapi memiliki banyak sekali perbedaan. Selain dari peraturan basketnya, lembaga yang mengatur pertandingan antar universitas tersebut juga punya standar sendiri untuk spesifikasi bola basketnya. Keliling bola di rentang 749,3 mm sampai 762 mm dan berat bolanya adalah 567 sampai 623,7 gram.

Usia dan jenis kelamin pemain

Semakin bertambah usia seseorang tentu fisiknya juga mengalami pertumbuhan. Namun tentunya pertumbuhan ini berbeda-beda antara laki-laki dan perempuan. Maka dari itu ukuran bola basket yang dibuat juga disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin pemainnya. Pembagiannya adalah sebagai berikut :

  • Untuk anak usia di bawah 9 tahun, bola basket yang digunakan adalah tipe 5. Tipe bola basket yang satu ini memiliki keliling 27,5 inci.
  • Sementara untuk tipe 6 untuk bola basket memiliki keliling 28,5 inci. Tipe ini biasanya diperuntukkan pemain wanita berusia 9 tahun ke atas. Sementara untuk pria, dipakai pada rentang usia 9-12 tahun.
  • Sedangkan untuk ukuran bola 7 yang merupakan ukuran terbesar dengan keliling 29,5 inci. Bola ini biasanya untuk pemain pria di usia 13+ tahun.

Oleh karenanya bagi anda yang akan membeli bola basket jangan sungkan untuk menanyakan ukurannya.

Bahan Bola Basket

Selain Tinggi Ring Basket, Hal ini penting untuk menunjang kenyamanan anda dalam bermain. Namun selain itu ada beberapa faktor lain yang harus anda perhatikan yaitu bahan pembuatan bola basket tersebut. Bahan-bahan ini terbagi atas 3 jenis yaitu :

Full Leather

Bola basket dari bahan ini menggunakan kulit asli sehingga teksturnya lebih empuk dan nyaman untuk dipegang. Selain itu bola juga lebih mudah dikendalikan. Bola dengan bahan ini kualitasnya paling baik di antara kualitas bahan lainnya sehingga harganya lebih mahal.
Dengan menggunakan bahan kulit asli pada seluruh bola basket ini akan menghasikan kualitas bola yang baik. Tidak mengherankan apabila bola basket full leather digunakan dalam pertandingan profesional. Namun sayangnya karena sifat kulit yang tidak tahan panas, membuat bola ini tidak cocok untuk outdoor.

Bahan PU Leather

Untuk jenis kedua ini, bola basket dibuat dengan bahan kulit sintetis. Dengan demikian lebih awet terhadap gangguan seperti suhu yang bisa merusak permukaan kulit dan menimbulkan jamur. Dengan demikian bola ini lebih adaptif untuk lapangan indoor maupun outdoor. Selain itu meskipun sintetis, tekstur bola ini tidak terlalu keras sehingga tetap nyaman dimainkan.

Bahan PVC

Terakhir adalah bola basket dari bahan PVC. Bola yang terbuat dari bahan ini paling murah dibanding kedua bahan lain. Namun bila dibandingkan dengan bahan kulit asli maupun sintetik, bola inilah yang paling keras. Biasanya bola inilah yang digunakan di sekolah-sekolah

Itulah tadi serbai-serbi tentang ukuran bola basket dan bahan bola basket yang penting untuk kamu ketahui sebelum membeli bola basket.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *