Mengenal Tinggi Ring Basket

Mengenal Tinggi Ring Basket
Mengenal Tinggi Ring Basket

Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan. Untuk salah satu jenis olahraga yang mungkin bisa Anda lakukan adalah olahraga basket. Di dalam olahraga basket bahkan olahraga apapun, pastinya ada begitu banyak komponen dan juga instrumen yang diperlukan. Untuk olahraga basket sendiri, ada ring basket yang dibutuhkan. Lalu, berapakah tinggi ring bola basket yang tepat?

Mengenal Seputar Ring Bola Basket

Ada aturan untuk menunjukkan berapa tinggi untuk ring basket ini sekitar 305 cm. Angka ini tentu bukan sebuah angka yang dikarang. Namun, angka ini adalah salah satu angka yang dulunya pertama kali ditemukan oleh salah seorang guru olahraga yang berasal dari Kanada.

Bacaan Lainnya

Zaman dahulu Naismith adalah penemu olahraga basket. Namun, pada saat itu, ring basket belum ditemukan. Akan tetapi, sebagai gantinya, Naismith ini menggantungkan sebuah keranjang persik di pagar lintasan lari. Untuk tinggi pagar tersebut diperkirakan sekitar 10 kaki atau yang dihitung sekitar 305 cm.

Mengenal Perkembangan Ring Basket

Setelah mengetahui berapa tinggi ring basket ini sendiri, tentunya kita juga harus mengetahui sejarah ring basket sendiri. Untuk sejarah yang harus Anda ketahui diantaranya sebagai berikut ini:

Penambahan Papan

Tahun 1 Januari 1893 ini adalah perkembangan yang paling utama. Perkembangan ini adalah perkembangan yang menambahkan papan pada ring permainan basket yang akan digunakan. Ditambahkannya papan pastinya akan membuat permainan jauh lebih seru dan menyenangkan.

Membuat Tanda Kotak Pada Papan

Perkembangan kedua ada pada tahun 2 Februari 1893. Di mana pada papan kayu yang ada, ditambahkan kembali tanda kotak. Alasan penambahan ini agar para pemain basket ini bisa memiliki panduan ketika akan menembak bola basket itu sendiri.

Perkembangan Ketiga

Setelah berkembang selama 10 tahun, kemudian perkembangan olahraga ini bahkan dinilai kian pesat. Di tahun itu, sudah menggunakan ring dengan bahan logam. Di mana ring ini juga menggunakan jaring sehingga nantinya bola bisa meluncur dengan aman.

Perkembangan Keempat

Perkembangan keempat pada tahun 1912. Ring yang dulunya menggunakan bahan jaring ini sendiri digantikan dengan bahan nylon. Hal ini bahkan merupakan perkembangan paling akhir dalam dunia basket khususnya pada ring basket sendiri.

Mengenal Ukuran Tinggi Ring Basket Berdasarkan Usia

Pada umumnya, ketinggian untuk ring basket ini sendiri tentunya akan berbeda-beda. Aturan yang ada ini disesuaikan dengan tinggi badan. Di mana untuk beberapa ukurannya adalah:

  • Umur 5 sampai 7 tahun ini 183 cm.
  • Usia 8 sampai 10 tahun ini 244 cm.
  • Umur 11 tahun ini 274 cm.
  • Usia 12 tahun ke atas ini 305 cm.

Awalnya, aturan-aturan ini dinilai cukup merepotkan. Apalagi harus menyediakan begitu banyak tiang yang digunakan untuk tiang basket sendiri. Bahkan beberapa ukuran di atas juga menyesuaikan dengan ketinggian dari para pemainnya sendiri. Akan tetapi, saat ini ada banyak kemudahan di mana ada pembuat ring basket ini bisa menyesuaikan dengan tingginya.

Mengapa Sejak Zaman Dahulu Tinggi Basketnya Tidak Berubah?

Di tahun 1964, pada saat NBA sudah dimulai, ada banyak pemain yang memiliki ketinggian mulai dari 180 sampai dengan 195 cm. Namun, bahkan jika Anda ketahui jika ketinggian para pemain basket saat ini mencapai 190 sampai dengan 200 cm. Di beberapa negara pun juga sudah banyak pemain basket yang tingginya melebihi 200 cm.
Hal inilah yang membuat banyak orang berpendapat apabila harusnya tinggi dari ring basket ini ditambah untuk mempersulit permainan. Namun, semakin tinggi dari ring tiang basket tersebut, maka fundamental para pemainnya ini menjadi jauh lebih penting.

Mengetahui Berapa Ukuran Lapangan Basket

Selain mengenal gawang basketnya sendiri, Anda juga disarankan untuk mengetahui berapa ukuran dari lapangan basket sendiri. Untuk ukuran standar lapangan basket standar Nasional ini juga memiliki ketetapan dan juga aturan tertentu. Di mana untuk aturan yang diberlakukan ini menyesuaikan dari FIBA dan juga NBA. Detail ukuran dari lapangan basket ini berdasarkan standar Nasional adalah:

  • Lebar lapangannya adalah 15 meter.
  • Panjang lapangannya 29 meter.
  • Radius busurnya 1,22 meter.
  • Garis lemparan bebasnya memiliki jarak 4,57 meter yang dihitung dari titik lantai.
  • Diameter lingkaran di pusat lapangannya sekitar 3,66 meter.
  • Untuk garis three pointnya memiliki jarak 7,24 meter yang dihitung dari tiang basket dan juga 6,70 meter dari sisi corner.

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa Anda ketahui tentang salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan. Di mana olahraga tersebut adalah olahraga basket. Di atas pun telah dijelaskan tentang berapa tinggi gawang basket, ukuran lapangan basket dan lain sebagainya. Sebelum memutuskan untuk bermain basket, pastikan juga untuk memahami teknik bermain basket dan Lama Permainan Bola Basket sendiri untuk mempermudah permainan yang akan Anda mainkan nantinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *