Jumlah Pemain Futsal: 4 Posisi Penting Dalam Pertandingan

Jumlah Pemain Futsal
Jumlah Pemain Futsal

Jumlah pemain futsal tidaklah sama dengan jumlah pemain sepak bola. Meskipun keduanya merupakan permainan yang hampir sama. Tidak hanya jumlah pemain nya yang tidak sama, namun istilah-istilah serta peraturan bermain dalam futsal dan sepak bola juga berbeda.

Meskipun begitu keduanya memang menjadi permainan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Tidak peduli tua maupun muda pasti menyukai permainan futsal atau sepak bola. Seperti yang telah diketahui bahwa permain futsal dan sepak bola merupakan sebuah permainan yang sama-sama memainkan bola.

Bacaan Lainnya

Namun, dikutip dari Federasi Futsal Indonesia, yang membedakan adalah dalam sepak bola jumlah pemainnya terdiri dari sebelas orang pemain inti, dan beberapa orang pemain cadangan. Namun, pada permainan futsal jumlah pemainnya terdiri dari lima orang saja, dan sembilan orang pemain cadangan. Meskipun hanya terdiri dari lima orang pemain, namun para pemain futsal ini harus bisa bermain dengan cepat dan akurat dalam hal bertahan maupun menyerang.

Jumlah Pemain Futsal serta Posisi yang ada Dalam Permainan Futsal

Mungkin anda bertanya, futsal berapa orang ?. Selain jumlah, futsal dan juga sepak bola juga dibedakan oleh lapangan pertandingannya. Dalam permainan sepak bola, mereka menggunakan lapangan sebagai area permainan, sedangkan pada permainan futsal mereka menggunakan area pertandingan yang ada di dalam ruangan.

Disamping itu, kelima orang pemain futsal ini juga memiliki posisi sendiri-sendiri ketika sudah dalam permainan futsal. Apabila anda belum tahu, posisi apa saja yang ditempati oleh kelima pemain futsal ini, maka anda bisa melihat ulasan lengkap nya di bawah ini.

Jumlah Pemain Futsal Dengan Posisi Keeper 

Banyaknya pemain futsal yang akan mengisi posisi sebagai seorang keeper adalah satu orang saja. Sama dengan permainan sepak bola, keeper dalam permainan futsal juga bertugas untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan. Dalam permainan sepak bola, hanya keeper inilah yang di izinkan untuk memegang bola.

Keeper memang berada di daerah paling belakang, karena memang tugas nya menjaga gawang agar tidak kebobolan gol dari serangan lawan. Akan tetapi, padi situasi tertentu keeper pada permainan futsal di perkenankan untuk maju dan mencetak gol.

Jumlah Pemain Futsal Dengan Posisi Anchor 

Jumlah pemain futsal yang akan mengisi posisi sebagai anchor hanyalah satu orang saja. Anchor merupakan salah satu posisi pemain futsal yang sangat penting dalam permainan satu ini. Bagaimana tidak, pemain dengan posisi anchor ini merupakan pemain yang memiliki tugas ganda, yaitu sebagai pemain bertahan dan juga sebagai pemain yang harus mengatur jalannya serangan.

Karena memiliki posisi yang vital dalam permainan futsal, pemain dengan posisi anchor ini haruslah memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal penguasaan bola. Bagaimana tidak, ia adalah orang pertama yang akan mengawali serangan serta menjadi orang yang harus bertahan juga ketika daerah pertahanan diserang oleh lawan. Meskipun jumlah pemain futsal dengan posisi anchor ini hanya satu, namun ia memiliki tanggung jawab yang begitu besar atas kemenangan timnya.

Jumlah Pemain Futsal Dengan Posisi Flank 

Jumlah pemain futsal dengan posisi flank ini berjumlah dua orang. Hal tersebut karena flank merupakan motor serangan dari sebuah tim futsal, yang mana mereka sering kali berada pada posisi margin kiri dan juga kanan lapangan. Tugas utama dari seorang pemain futsal dengan posisi flank adalah melakukan serangan ke daerah pertahanan lawan. Tidak hanya itu saja, mereka juga bertugas sebagai penghubung antara pemain dengan posisi pivot dan juga anchor.

Pada umumnya, pemain dengan posisi flank ini harus memiliki kontrol bola yang sempurna dengan kecepatan yang bagus juga. Karena pemain dengan posisi flank harus bisa menciptakan peluang gol bagi timnya. Bahkan tak jarang, para pemain dengan posisi flank ini sendirilah yang sering kali mencetak gol bagi timnya sendiri.

Jumlah Pemain Futsal Dengan Posisi Pivot 

Jumlah pemain futsal yang dibutuhkan untuk mengisi posisi pivot pada permainan futsal ini adalah satu orang saja. Pivot ini bisa juga disebut sebagai pemain depan dari permainan futsal. Tiga utama dari seorang pivot adalah menyerang daerah pertahanan lawan. Jadi, pivot ini memiliki tugas untuk menyelesaikan peluang yang telah diberikan oleh flank, dan membuatnya menjadi sebuah gol bagi timnya.

Seorang pivot harus memiliki body balance yang tinggi karena ia harus menghadapi sekaligus menerobos daerah pertahanan lawan. Selain itu, pivot ini juga sering kali disebut sebagai tembok gedor serangan. Jadi, pivot inilah yang paling banyak menyerang pertahanan lawan hingga akhirnya bisa mencetak gol.

Sehingga tidak heran jika pemain dengan posisi pivot ini memiliki peran yang luar biasa bagi sebuah tim futsal. Bagaimana tidak, ia lah orang yang akan menyelesaikan peluang dari flanel dengan cepat dan juga akurat. Selain menjadi penyerang utama, pivot ini juga bisa menjadi pengendali serangan dalam permainan futsal. Ditambah lagi, pivot ini jugalah yang akan menjadi orang pertama yang akan menghalau serangan lawan sebelum tembus ke area pertahanan sendiri.

Demikianlah berapa jumlah pemain futsal serta masing-masing posisi yang ada dalam permainan futsal. Nah, sekarang menurut anda, posisi manakah yang paling keren dalam permainan futsal? Serta, posisi manakah yang paling membuat anda tertarik?.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *