Lama Permainan Bola Basket dan Aturannya

Lama Permainan Bola Basket dan Aturannya
Lama Permainan Bola Basket dan Aturannya

Bola basket sendiri adalah salah satu jenis olahraga di Indonesia yang cukup populer. Bahkan bukan di Indonesia saja, melainkan olahraga yang terkenal di seluruh dunia. Sebelum Anda memutuskan untuk mengetahui permainan basket ini sendiri, Anda juga wajib untuk mempelajari bagaimana teknik bermain basket sendiri. Mulai dari teknik dasar, lama permainan bola basket, dan lain sebagainya.

Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Selama Anda memainkan permainan khususnya bola basket, Anda disarankan untuk memahami dan mempelajari teknik dasar bola basket. Di mana untuk beberapa teknik yang harus Anda ketahui adalah:

Bacaan Lainnya

Passing dan Catching

Untuk teknik pertama yang bisa Anda pelajari adalah passing dan juga catching. Teknik ini adalah teknik mengoper dan juga menerima bola dari rekan satu team. Di mana pada saat Anda melakukan teknik ini, pastinya Anda membutuhkan partner untuk saling bekerja sama.

Nantinya pada saat Anda akan melakukan passing maupun mengoper, pastikan untuk meletakkan bola yang sejajar dengan dada Anda. Gunakan telapak tangan untuk memegang bola basket. Kemudian, tolak bola tersebut ke arah depan sampai nantinya tangan Anda lurus.

Dribbling

Teknik berikutnya yang bisa digunakan adalah teknik dribbling. Di mana teknik ini adalah salah satu teknik yang digunakan untuk menggiring bola. Di mana Anda harus memantulkannya di lantai sambil berjalan maupun berlari dengan cepat.

Ketika Anda akan melakukan dribbling, maka Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan satu tangan. Pemain diperbolehkan untuk mengganti tangan, namun tidak diperbolehkan untuk menggunakan kedua tangan untuk melakukan teknik ini.

Shooting

Kemudian, teknik lain yang dapat dilakukan adalah shooting. Di mana teknik ini adalah teknik memasukkan bola pada ring lawan. Teknik ini adalah salah satu teknik yang benar-benar wajib untuk dikuasai oleh seluruh pemain.
Untuk melakukan teknik ini, para pemainnya diwajibkan untuk berada di dekat ring. Di mana Anda bisa melakukan tembakan jarak jauh namun tekniknya hampir sama. Anda hanya perlu menyesuaikan target dengan posisi Anda sendiri saat ini.

Pivot

Teknik dasar lainnya dalam permainan ini adalah pivot. Di mana gerakan pivot ini adalah gerakan memutar. Untuk gerakan ini memiliki tujuan untuk menyelamatkan sebuah bola dari lawan untuk merebutnya sendiri.

Bagi Anda yang akan melakukan teknik ini, tentu bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda bisa memegang bola kedua tangan, kemudian bungkukkan badanmu sedikit untuk melindungi bola. Kemudian, pergunakan salah satu kaki untuk melakukan gerakan memutar dengan tujuan untuk menghindari lawan.

Rebound

Teknik berikutnya yang bisa Anda lakukan juga adalah melakukan rebound. Rebound ini sendiri sebenarnya teknik yang dilakukan ketika Anda melakukan shooting namun gagal. Sebenarnya, sebagian tembakan ini bisa saja gagal karena beberapa hal seperti memantul.
Untuk melakukan teknik ini cukup mudah, karena Anda hanya perlu memperhatikan bola pada saat Anda akan menembakkan pada ring. Ambil ancang-ancang untuk berjaga-jaga pada saat bola akan memantul. Pada saat bola memantul, kemudian melompatlah kemudian raih bola tersebut.

Slam Dunk

Slam dunk ini adalah salah satu gerakan shooting yang sebenarnya sudah bisa Anda pelajari sebelumnya. Namun, ada perbedaannya, bahwa tubuh Anda disarankan untuk melayang atau melompat setinggi-tingginya.
Untuk gerakan slam dunk juga terbagi menjadi beberapa variasi. Di mana untuk beberapa variasi gerakan yang dapat kita lakukan adalah

  • Walking in the air atau berjalan di udara.
  • Alloy-ops.
  • 360 degree dunk.
  • Tip dunk.
  • Back dunk.
  • Crossover dunk.

Berapa Lama Permainan Bola Basket?

Setelah mengetahui teknik permainan bola basket, Anda juga bisa mengetahui Tujuan Permainan Bola Basket dan berapa lama permainan bola basket sendiri? Untuk permainan ini sebenarnya dibagi menjadi 4 kuarter. Di mana ada perbedaan lama permainan antara FIBA dan NBA sendiri dalam permainan dan waktu permainan basket sendiri.

Jika mengikuti pedoman resmi FIBA sendiri, permainan bola basket ini diperkirakan 4×10 menit. Sedangkan untuk setiap kuarternya akan dimainkan selama 10 menit. Sementara untuk lama dari pertandingan NBA sendiri ini dimainkan selama 4×12 menit. Untuk setiap kuarternya akan dimainkan selama 12 menit.

Untuk pertandingan bola basket ini juga bisa dimainkan selama 2 x 20 menit atau bahkan dapat dimainkan selama 4 x 10 menit. Nantinya, untuk pertandingan pada level internasional ini akan mengikuti pada aturan FIBA yaitu 4 x 10 menit.

Sedangkan untuk waktu istirahat yang diberikan nantinya ini diantara kuarter dua dan juga kuarter tiga selama 15 menit. Untuk waktu break atau waktu istirahat ini disebut dengan half time atau jeda babak. Apabila nantinya skor dari kedua team yang akan bertanding ini sama, maka permainan akan dilanjutkan dengan babak overtime. Di mana lama permainan bola basket ini akan berlangsung selama 1 x 5 menit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *