Catat, Ini Jumlah Pemain Futsal dan 4 Pembagian Posisinya

Catat, Ini Jumlah Pemain Futsal dan Pembagian Posisinya
Catat, Ini Jumlah Pemain Futsal dan Pembagian Posisinya

Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan dengan jumlah pemain futsal sebanyak 5 orang tentunya dengan pembagian posisi yang berbeda. Futsal banyak digemari oleh masyarakat dikarenakan permainannya yang menyenangkan serta tidak membutuhkan jumlah pemain yang begitu banyak.

Sekilas sepak bola dan futsal terlihat sama namun sebenarnya kedua olahraga ini merupakan olahraga yang berbeda. Salah satu perbedaan yang mencolok yaitu pada jumlah pemain futsal yang lebih sedikit dibandingkan pemain sepak bola.

Bacaan Lainnya

Pada artikel ini akan membahas seputar permainan futsal. Bagi kamu yang penasaran dan ingin mengetahui futsal berapa orang, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa itu futsal?

Futsal berasal dari 2 kata dalam bahasa Spanyol, yaitu futbol yang artinya sepak bola dan sala yang artinya dalam ruangan. Jadi, futsal adalah sepak bola dalam ruangan. Memang sekilas futsal ini mirip dengan sepak bola, tetapi perbedaan yang mencolok adalah, futsal dimainkan di dalam ruangan dengan masing-masing tim memiliki 5 orang pemain.

Baca Juga: Passing Sepak Bola: Pengertian, Tips, 3 Teknik Dasar Mengoper

Tujuan paling utama dalam permainan futsal adalah untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya pada gawang lawan. Dengan demikian, tim yang mendapatkan skor tertinggi selama permainan akan mendapatkan kemenangan mutlak.

Saat permainan berlangsung, jumlah pemain futsal hanya boleh terdiri dari 5 orang sedangkan untuk pemain cadangan menunggu untuk giliran bermain.

Berapa pemain futsal dan bagaimana pembagiannya?

Sebelum melakukan pertandingan, sebagai pemain tentunya harus menguasai mengenai jumlah pemain dan juga posisinya masing-masing. Umumnya, dengan jumlah pemain futsal yang ada 5 sementara posisi pemain futsal ada 4, yaitu kiper, anchor, flank, dan pivot. Tentunya keempat posisi tersebut memiliki peran vital masing-masing yang dapat mempengaruhi hasil akhir dan jalannya pertandingan. Berikut ini penjelasan untuk menjawab pertanyaan pemain futsal berapa orang dan bagaimana pembagian posisinya.

  • Kiper

Penjaga gawang atau kiper bertanggung jawab untuk mengamankan bola dan menjaga gawang agar tidak kemasukan bola. Penjaga gawang futsal yang baik memiliki insting dan reflek yang cepat yang memungkinkannya mengantisipasi bola saat terjadi serangan mendadak dari lawan.

Peran penjaga gawang dalam futsal sangat penting. Apalagi jika pemain anchor dapat dilewati oleh lawan. Dalam posisi seperti ini, penjaga gawang yang baik tahu apa yang harus dilakukan untuk menghindari kebobolan gol.

Baca Juga: 9 Teknik Dasar Sepak Bola Yang Wajib Di Kuasai

  • Anchor

Anchor sebenarnya sama saja dengan bek. Anchor bermain bertahan dan membantu kiper. Anchor menjaga dan membayangi musuh, serta mencegah mereka lewat. Selain itu, anchor bertanggung jawab untuk mengelola permainan dan meluncurkan serangan ke rekan satu tim.

Menjadi seorang anchor mengharuskannya bekerja keras. Seorang Anchor harus mempunyai penjagaan bola yang kuat dan tidak mudah ditembus musuh. Selain itu, anchor juga diwajibkan memiliki akurasi dan skill yang bagus karena serangan tim bermula dari seorang Anchor.

  • Flank

Flank sama seperti pemain sayap yang bertugas menyisir garis tepi lapangan demi melancarkan serangan pada lawan. Flank menjadi penghubung antara Anchor dengan Pivot.

Seorang Flank diwajibkan memiliki kecepatan, skill, dan penguasaan bola yang baik. Selain itu, seorang Flank juga harus dapat menciptakan peluang dengan membombardir pertahanan musuh.

Baca Juga: Ukuran Bola Futsal: Sejarah Dan Ukuran Standar Bola

  • Pivot

Pivot dapat dibilang seorang striker. Tugas pivot adalah mengubah peluang menjadi gol. Selain itu, pivot juga akan menjadi pemecah serangan awal bagi musuh.

Pemain pivot yang baik seharusnya mempunyai keterampilan bola yang baik serta mempunyai insting mencetak gol yang tinggi. Pivot yang baik juga menembak dengan presisi.

Nah, itulah penjelasan mengenai jumlah pemain futsal beserta pembagian posisinya. Jika kamu merupakan salah satu pemain dari 4 posisi di atas, jangan malas untuk berlatih agar dapat menguasai keterampilan sesuai posisi yang disebutkan tadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *