Tujuan Permainan Bola Basket yang Penting Untuk Anda Ketahui

Tujuan Permainan Bola Basket yang Penting Untuk Anda Ketahui
Tujuan Permainan Bola Basket yang Penting Untuk Anda Ketahui

Berbicara tentang tujuan permainan bola basket, tentu akan ada banyak hal bisa dibahas. Luasnya pembahasan ini disebabkan karena banyak sekali manfaat yang dapat anda peroleh dari olahraga asli Amerika Serikat ini. Oleh karenanya bagi anda yang saat ini masih merasa malas untuk berolahraga, cobalah permainan bola keranjang ini. Anda tidak akan menyangka akan banyak mendapat manfaat-manfaat berikut ini :

Manfaat kesehatan

Tentunya sebagaimana olahraga pada umumnya, bermain bola basket dapat memberikan kesehatan untuk tubuh anda. Buktinya akan dijabarkan dalam poin-poin berikut :

Bacaan Lainnya

Melatih Otot dan Otak

Dalam hal melatih otot, tentu sudah terlihat jelas dari olahraga ini. Seluruh bagian tubuh anda pasti akan bergerak baik itu saat berlari sambil melakukan dribble sampai saat melompat untuk memasukkan bola. Semua itu dilakukan dengan tempo yang sangat cepat dan intens. Memang melelahkan namun hal tersebut akan melatih otot-otot anda menjadi lebih kuat.

Dengan otot-otot yang lebih kuat tentunya ketahanan tubuh anda meningkat. Anda menjadi tidak cepat lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Otot di sini tidak hanya otot di tangan atau kaki tapi juga otot jantung anda yang biasa disebut kardiovaskular.

Olahraga basket dapat menjadi media yang efektif karena ritme permainan yang cepat disertai dengan banyaknya gerakan yang harus dilakukan seperti lari, dribble, memutar tubuh, mengoper, dan melompat. Semakin banyak gerakan dapat meningkatkan efisiensi jantung anda dalam memompakan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh termasuk paru-paru. Dengan demikian juga berdampak pada meningkatnya efisiensi paru-paru anda dalam sistem pernapasan

Tidak hanya soal otot, tapi otak anda juga akan dilatih saat bermain bola basket. Olahraga ini tidak melulu soal skill individu tapi juga strategi dan kerja sama. Otak anda akan “dipaksa” untuk bisa membat keputusan dengan cepat di situasi yang genting. Misalnya menentukan momen kapan anda harus mengoper bola atau menembak langsung. Dengan kinerja otak yang meningkat, pemikiran dan konsentrasi anda juga akan lebih tajam.

Menaikkan Imunitas Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bermain bola basket akan membuat seluruh tubuh anda bergerak dengan ritme yang cepat. Gerakan ini tanpa anda sadari akan menghasilkan hormon-hormon dalam tubuh anda yang dapat merangsang sistem imun tubuh. Bila anda tidak mudah sakit, anda dapat mengerjakan segala aktivitas anda dengan lebih maksimal.

Memperoleh Bentuk Tubuh yang Ideal

Salah satu alasan umum yang menjadi pendorong semangat orang dalam berolahrga adalah ingin lepas dari kelebihan berat badan. Olahrga basket sangat cocok bagi anda yang memiliki motivasi ini karena terkonfirmasi dapat membakar lemak sejumlah 700-750 kalori. Bila anda konsisten melakukannya maka lemak membandel di tubuh pasti mudah dihilangkan.

Selain dari berat badan, tubuh anda juga bisa bertambah tinggi dengan bermain bola basket. Saat anda berlari dan melompat, gerakan itu mampu meregangkan tulang kaki dan tulang belakang. Peregangan inilah yang membuat anda dapat bertambah tinggi.

Meningkatkan Koordinasi Keseimbangan Antar Anggota Tubuh

Olahraga basket dapat merangsang sistem saraf motorik halus yang ada dalam tubuh anda. Penyebabnya saat anda bermain basket seluruh tubuh anda akan saling bersinergi.Sinergi tubuh ini terlihat pada kaki, tangan, dan mata anda. Bila dilakukan secara rutin, jelas koordinasi khususnya reflek tubuh anda akan semakin bagus.

Mencari Prestasi

Salah satu hal yang paling menggembirakan dalam hidup adalah saat anda bisa menjadikan hobi anda sebagai profesi yang menjanjikan. Hal ini dapat pula dijadikan tujuan permainan bola basket secara pribadi buat anda. Jika anda berlatih dengan sungguh-sungguh, skill anda pasti akan meningkat pesat.

Saat skill anda meningkat, anda bisa mendaftarkan diri di klub-klub amatir untuk mejadi batu loncatan menuju klub yang lebih profesional. Tentunya di klub yang lebih bagus, penghasilan anda juga akan meningkat.

Memperluas Pergaulan

Tidak bisa dipungkiri salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam hidup adalah koneksi. Urusan anda akan jauh lebih mudah apabila memiliki kenalan. Saat anda bergabung dalam suatu komunitas basket, anda dapat berkenalan dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang.

Dengan interaksi yang konsisten, bisa saja anda akan memperoleh kenalan-kenalan yang suatu saat dapat membantu anda di kemudian hari. Oleh karena nantinya semakin bertambah usia, mencari teman semakin sulit, anda dapat memulainya dari sekarang dengan bergabung dalam komunitas basket.

Meningkatkan kekompakkan dan kerja sama tim

Hidup tidak hanya soal skill individu karena pasti anda juga membutuhkan bantuan orang lain. Banyak sekali contoh individu yang punya skill tinggi tapi karena tidak mampu bekerja sana, hidupnya tidak jalan di tempat. Oleh karena itulah salah satu tujuan permainan bola basket yang selalu ditanamkan adalah tentang kekompakan dan kerja sama. Harapannya para pemain dapat menerapkan prinsip itu baik dalam Panjang Lapangan Bola Basket dan didalam hidup bermasyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *