Ukuran Lapangan Tenis Meja: Sejarah, Ukuran Meja Dan NET

Ukuran Lapangan Tenis Meja
Ukuran Lapangan Tenis Meja

Apakah Anda gemar bermain tenis meja atau juga bisa disebut dengan ping pong? Tenis meja tentu saja berbeda dengan tenis lapangan dikarenakan tenis meja menggunakan media meja sebagai salah satu alat permainannya. Ukuran lapangan tenis meja tentu saja sudah disesuaikan dan ditentukan sesuai standar nasional sehingga seluruh tenis meja yang ada di Indonesia memiliki ukuran yang sama.

Untuk Anda yang belum mengetahui tenis meja merupakan olahraga yang menggunakan raket dan dimainkan oleh dua orang ataupun dua pasangan. Olahraga ini sangat digemari di Indonesia dan kerap dimainkan ketika waktu luang.  Berikut adalah informasi berkenaan dengan ukuran lapangan tenis meja untuk Anda.

Bacaan Lainnya

Tidak Boleh Asal, Berikut Ukuran Lapangan Tenis Meja

Sejarah Tenis Meja 

Negara yang memulai olahraga tenis meja adalah Inggris pada tahun 1800-an. Masyarakat Inggris memilih untuk bermain tenis meja dikarenakan musim dingin yang datang dan menurut mereka akan sangat sulit untuk bermain di lapangan luar. Karena sangat terkenal di Inggris kemudian Amerika Serikat juga mengenal tenis meja dan mulai gemar memainkannya.

Tentu saja untuk membuatnya menjadi jauh lebih resmi di Buatlah organisasi yang berisi pemain-pemain tenis meja profesional pada tahun 1921. Sudah itu baru diresmikan olahraga tenis meja sehingga tenis meja sudah bisa dikompetisikan pada lomba-lomba olahraga. Setelah itu tentu saja tenis meja berkembang ke seluruh daratan Eropa hingga masuk ke Indonesia.

Informasi di atas merupakan informasi tentang Sejarah Tenis Meja yang datang ataupun yang mulai berkembang di dunia tetapi di Indonesia sendiri tenis meja masuk pada tahun 1930 an. Warga ataupun masyarakat yang membuat tenis meja menjadi Indonesia adalah masyarakat Belanda yang sedang Mengisi waktu luangnya dengan bermain tenis meja.

Setelah Indonesia merdeka semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa memainkan tenis meja lalu tadi saya juga masuk pada Olimpiade nasional dan internasional. Setelah hal ini berlangsung tentu saja harus ada ukuran Lapangan Tenis Meja yang pasti sehingga semua atlet dari Sabang sampai Merauke Bisa berlatih dengan ukuran yang sama.

Ukuran Tenis Meja 

Berdasarkan Peraturan Tenis Meja, olahraga ini memiliki beberapa bagian untuk bisa mendapatkan ukuran yang sempurna Yaitu lebar meja 152,4 cm, panjang meja ja 274 cm, tinggi meja 76  cm, dan luas meja 4,1785 m². Hal ini ditentukan dengan bahan baku pembuatan tenis meja yaitu kayu dan bahan-bahan sejenisnya.

Sehingga pemain bisa merasa nyaman ketika sedang bertanding ataupun bermain tenis meja dengan waktu yang ruang. Ukuran tenis meja yang sesuai dengan standar nasional tentu saja akan membuat pantulan bola pingpong akan menjadi lebih halus dan pemain bisa merasa lebih nyaman.

Anda tentu sudah pernah melihat lapangan tenis meja yang memiliki warna berbeda-beda sesuai dengan ketentuan bahwa permukaan lapangan tenis meja ini bisa diwarnai ataupun dicat dengan warna biru gelap atau juga hijau gelap. Salah satu hal yang juga tidak boleh luput dalam pembuatan dan faktor yang harus ada dalam sebuah lapangan tenis meja adalah garis putih dengan lebar masing-masing 2 cm pada bagian ujung meja tenis tersebut.

Garis panjang ini disebut dengan garis tepi panjang lalu garis pendeknya dengan garis akhir. Terdapat juga garis tengah dengan Ukuran Meja Pingpong untuk garis putih sebesar 3 mm. Tenis meja merupakan salah satu olahraga yang dilakukan di dalam sebuah ruangan sehingga semua hal harus diperhatikan nyaman terutama lapangan tenis meja yang menjadi media utama.

Ukuran Tiang Net Lapangan Tenis Meja

Net tidak boleh dilupakan dalam bagian tenis meja dikarenakan netral yang bisa membagi wilayah antara lawan dan juga pemain tenis meja. Panjang net yang dibutuhkan adalah 183 cm, lalu lebar yang juga sebagai tinggi net adalah 15,25 cm, dan jarak antara meja ke tiang adalah 15,25 cm.

Dengan ukuran tiang net sesuai standar ini permainan bisa dilakukan secara resmi ini dikarenakan pembagian antara wilayah satu dengan wilayah lawan menjadi jelas. Apabila Anda masih membutuhkan informasi lebih Peralatan Tenis Meja yang dibutuhkan untuk bisa bermain  di lapangan tenis meja adalah Bad atau juga disebut dengan raket, bola tenis meja atau pingpong, net, dan juga lapangan tenis meja.

Permainan di lapangan tenis meja bisa dimainkan dengan dua cara yaitu permainan tunggal dan permainan ganda. Secara umum ketika permainan tunggal setiap bola mati akan menghasilkan 1 nilai lalu service pergantian terjadi setiap poin kelipatan 2.

Pemegang posisi servis bisa semaunya menempatkan bola dari arah mana saja lapangan. Untuk Permainan Tenis Meja ganda dan senja ataupun peraturan umumnya sama tetapi perbedaannya adalah pemain harus bergantian menerima bola dari lawan. Informasi di atas merupakan informasi yang berkenaan dengan ukuran lapangan tenis meja yang juga merangkum tentang ukuran net tenis meja. Anda juga bisa mempelajari bagaimana Teknik Dasar Tenis Meja yang baik dan benar agar bisa menjadi juara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *