Bola Tenis Meja: Sejarah, Jenis, Ukuran Resmi Bola Pingpong

Bola Tenis Meja
Bola Tenis Meja

Bagaimana Ukuran Meja Pingpong dan Jenis Bola Tenis Meja yang tepat ?. Pingpong termasuk salah satu jenis olah raga yang menggunakan bola dalam permainannya. Bentuk bolanya juga khusus dan khas, berbeda dengan jenis bola yang digunakan pada cabang olah raga yang lainnya. Dilihat dari segi ukurannya maka bola tenis meja atau bola pingpong itu tergolong sebagai bola kecil.

Pengertian Olah Raga Tenis Meja

Tenis meja adalah olah raga yang bisa dimainkan oleh dua orang pemain hingga empat orang pemain, saling berlawanan. Permainan pingpong atau tenis meja ini dipopulerkan di Inggris pada sekitar tahun 1880 an atau di abad ke 19 yang digunakan untuk mengisi waktu luang dan juga sebagai kegiatan indoor pada saat sedang terjadi musim salju. Permainan ini asalnya dari permainan tenis di jaman kuno di abad sekitar pertengahan yang disebut juga sebagai permainan gossima atau permainan whiff whaff.

Bacaan Lainnya

Olahraga ini mulai dimainkan di abad ke sembilan belas, permainan tenis meja pun makin digemari dan berkembang ke seluruh Eropa juga hingga ke Amerika Serikat. Pada waktu itu namanya ialah permainan gossima atau pun permainan pingpong. Peralatan Tenis Meja yang digunakan pada saat itu ialah bola yang terbuat dari karet ringan yang ditutupi dengan bahan kulit yang telah mengalami proses perajutan

Sejarah Bola Tenis Meja

Dalam Sejarah Tenis Meja, bola tenis meja atau bola pingpong itu memiliki sejarahnya sendiri. Pada saat masa zaman purbakala di Iran maka bola yang dipergunakan untuk bermain pingpong terbuat dari usus hewan yang disamak dan dikeringkan lalu diisi dengan angin. Kemudian pada abad ke 12 di Perancis dipergunakanlah bola dari kertas gulung untuk bermain pingpong. Sedangkan di Inggris maka bola yang dipergunakan ialah bola tenis lapangan.

Perubahan pun terus menerus terjadi hingga digunakanlah bola tenis seperti yang ada sekarang ini, yakni dalam warna putih atau warna orange. Setelah Olimpiade di tahun 2000 di Sydney, maka ITTF pun menetapkan beberapa perubahan Peraturan Tenis Meja yang ditujukan untuk membuat cabang olah raga tenis meja bisa lebih layak ditonton di televisi. Dengan cara bola pingpong lama yang dalam ukuran 38 mm atau 1.50 in selanjutnya dengan secara resmi diganti dengan bola dalam ukuran standar 40 mm atau 1.57 in.

Hal tersebut dimaksudkan agar bisa memberi tambahan hambatan udara pada bola pingpong, supaya bisa memperlambatkan alur permainan. Hal ini guna mengimbangi raket pemain yang makin meningkat ketebalan lapisannya serta juga dengan makin bertambahnya kecepatan ayunan gerak pemain yang kemudian membuat Permainan Tenis Meja jadi terlalu cepat yang lantas membuatnya jadi sulit untuk diikuti pergerakannya serta untuk ditonton di televisi.

Ukuran Resmi Standar Bola Pingpong

Selain Ukuran Lapangan Tenis Meja, telah dibakukan juga ketentuan mengenai ukuran bola tenis meja atau bola pingpong sesuai dengan standar nasional maupun juga standar internasional sebagai berikut.

  1. Ukuran diameter bola ialah 40 mm
  2. Ukuran Berat Bola ialah 2,7 g
  3. Bentuk bola pingpong atau tenis harus bulat.
  4. Dengan bahan pembuatan bola pingpong atau bola tenis meja yang terbuat dari bahan seluloid atau yang semacam plastik.
  5. Ketentuan mengenai Warna bola pingpong atau bola tenis meja harus dalam warna putih atau warna oranye.

Meja dan Net Pingpong

Guna melengkapi bola pingpong nya maka perlu adanya meja pingpongnya juga. Standarisasi Meja pingpong atau tenis meja tersebut diatur oleh Federasi Tennis Meja Internasional atau ITTF (International Table Tennis Federation) selaku induk organisasi pingpong sedunia yang berwenang mengaturnya. Cara untuk menilai bahwa permukaan lapangan atau meja pingpong telah memenuhi standar ialah dengan memantulkan bola ping pong tersebut pada tingkat ketinggian sekitar 30 cm.

Lalu jika menghasilkan pantulan yang seragam yakni sekitar 23 cm dari permukaan meja maka hal ini telah sesuai dengan standarnya. Lalu Lapangan Tenis Meja tersebut juga harus dibagi menjadi dua area permainan yang sama luasnya bagi masing-masing pemain olah raga tenis meja atau pingpong yang harus sama ukurannya dengan pemisah berupa net atau jaring. Perlu diperhatikan apabila akan memasang jaring atau net nya maka bagian ujung bawahnya harus sebisa mungkin mendekati permukaan lapangan meja pingpong nya. Hal ini maksudnya ialah supaya bola pingpong tidak akan bisa melewati atau melalui bagian bawah net nya.

Beberapa Istilah Tenis Meja

Berikut ini ialah beberapa istilah Teknik Dasar Tenis Meja yang populer.

Drive

Istilah drive ialah pukulan dengan ayunan tangan yang sepanjang mungkin. Hasil pukulan bolanya akan cepat, dan keras serta horisontal

Push

Lalu ada pukulan backspin yang sifatnya pasif yang disebut sebagai push. Istilah ini sering dipergunakan untuk menyebut tindakan balasan pukulan backspin yang dilakukan oleh lawan. Tujuan pukulan ini ialah agar bola tidak melambung jauh dan menjadi terlalu meninggi.

Chop

Kemudian ada juga pukulan backspin yang biasa dipergunakan untuk upaya mempertahankan diri dari serangan lawan yang disebut dalam istilah sebagai chop dan lain sebagainya.

Kini bola pingpong bisa dibeli dengan mudah secara online maupun offline, dan bisa memilih mau dalam warna putih atau warna orange. Harganya juga bervariasi tergantung pada merknya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *