Ukuran Meja Pingpong: Bentuk Meja, Ukuran NET Tenis Meja

Ukuran Meja Pingpong
Ukuran Meja Pingpong

Ukuran Meja Pingpong, memiliki kriteria ukuran tersendiri. Cabang olah raga yang disebut juga sebagai tenis meja memiliki banyak penggemar di tanah air. Olah raga populer ini juga dipertandingkan secara resmi di ajang tanding olahraga mulai kelas rt rw dan kelurahan kecamatan, juga propinsi dan tingkat nasional hingga ajang tanding olah raga bergengsi seperti SEA GAMES juga ajang Olimpiade dan lain sebagainya.

Oleh karenanya maka ada juga beberapa Peraturan Tenis Meja yang baku terkait dengan jenis olah raga pingpong ini, baik itu Teknik Dasar Tenis Meja, berupa aturan cara mainnya dan juga dengan standar aturan berbagai peralatannya. Salah satunya ialah dengan standar ukuran baku meja pingpong nya.

Bacaan Lainnya

Bentuk Meja Pingpong

Berdasarkan Sejarah Tenis Meja, bentuk meja pingpong ialah empat persegi panjang yang terbuat dari bahan lembaran papan kayu yang cukup tebal yang disangga dengan beberapa buah kaki meja. Pemukaan meja pingpong harus datar dan warnanya biasanya hijau tua atau biru tua. Kemudian pada bagian pinggiran meja pingpong tterdapt garis putih di sepanjang keliling permukaan meja.

Terdapat juga garis tengah yang sejajar dengan panjang meja sebagai batas tengah servis bagi permainan ganda. Net atau jaring nya dipasang dengan secara melintang tepat pada bagian tengah meja pingpong. Biasanya meja pingpong akan dirancang dengan bentuk yang memungkinkan untuk bisa dilipat sehingga akan memudahkan dalam proses penyimpananya ketika sedang tidak digunakan.

Ukuran Meja Pingpong

Ukuran Lapangan Tenis Meja telah ditentukan oleh Federasi Tennis Meja Internasional atau ITTF (International Table Tennis Federation) selaku induk organisasi pingpong sedunia yang berwenang mengatur ukuran internasional meja pingpong. Berikut ini rinciannya.

  1. Ukuran Panjang lapangan meja pingpong ialah 274 cm
  2. Ukuran Lebar meja pingpong ialah 152,5 cm
  3. Ukuran Tinggi permukaan meja pingpong dari lantai ialah 76 cm
  4. Ukuran Tebal garis sisi serta garis tengah meja pingpong ialah 2 cm
  5. Ukuran Panjang net pingpong ialah 183 cm
  6. Ukuran tinggi net pingpong ialah 15,25 cm
  7. Ukuran jarak tiang net ke pinggir meja pingpong ialah 15,25 cm

Cara untuk menilai bahwa permukaan lapangan atau meja pingpong telah memenuhi standar ialah bisa dengan memantulkan bola tenis meja pada tingkat ketinggian sekitar 30 cm dan jika menghasilkan pantulan yang seragam yakni sekitar 23 cm dari permukaan meja maka hal ini telah memenuhi standarnya.

Permukaan meja pingpong harus mempunyai warna yang seragam yaitu dalam warna yang gelap dan matt, sedangkan untuk garis-garis samping di tepi meja harus menggunakan warna putih dengan tingkat ketebalan 2 cm sedangkan untuk garis tengah yang membagi meja hingga menjadi dua bagian memiliki tingkat ketebalan 3 mm.

Ukuran Net Meja untuk Tenis Meja

Sebagaimana pada cabang olah raga permainan tenis lapangan, maka pada olah raga tenis meja atau pingpong ini juga memperggunakan net yang terpasang di bangian tengah area permainannya, dalam hal ini ialah di bagian tengah meja pingpong nya. Sehingga oleh karenanya maka akan terdapat dua area bagi pemain pingpong yang memiliki panjang serta ukuran luas yang sama bagi tiap pemainnya.

Sebagaimana halnya dengan ukuran lapangan tenis lapangan yang telah memiliki standar yang ditetapkan secara nasional dan juga Internasional, maka pada cabang olah raga pingpong pun juga. Termasuk pula dengan standar ukuran netnya yang juga telah ditetapkan standar ukurannya. Berikut adalah ukuran standar dari net Permainan Tenis Meja atau pingpong tersebut.

  1. Ukuran Panjang jaring atau net ialah 1,83 meter
  2. Ukuran lebar jaring atau net ialah 15,25 cm
  3. Ukuran tinggi Jaring atau net dari permukaan lapangan ialah 15,25 cm
  4. Ukuram Jarak ujung jaring atau net dengan tepi lapangan ialah 15,25 cm

Lalu perlu untuk diperhatikan juga ketika hendak melakukan pemasangan jaring, yakni bagian ujung bawahnya harus sebisa mungkin mendekati permukaan Lapangan Tenis Meja nya. Hal ini maksudnya ialah supaya bola tidak akan bisa melewati atau melalui bagian bawah net nya.

Bet atau Alat Pemukul Bola Pingpong

Kemudian yamg tak kalah pentingnya juga ialah Peralatan Tenis Meja seperti raket atau bet pingpong yang dipergunakan untuk memukul bola yang juga perlu untuk melengkapi meja pingpong yang sudah jadi. Sebenarnya tak ada ukuran standar baku pada ukuran serta bentuk raket atau bet pi gpong tersebut. Meski demikian maka ada hal yang perlu diperhatikan dalam komponen pembuatan raket atau bet tenis meja itu antara lain sebagai berikut.

  1. Bet atau Raket boleh terdiri dari beragam ukuran serta bentuk tetapi pada bagian bilahnya atau di bagian bundarnya harus rata.
  2. Lalu pada Bagian yang bulat atau yang disebut sebagai blade itu paling sedikit dari 85% bahan utamanya ialah terbuat dari kayu alami.
  3. Kemudian guna memperkuatnya maka bisa ditambahkan dengan karbon serat atau bahan serat gelas, dengan tingkat ketebalan yang tidak boleh melebihi dari 7,5% dari total ketebalan yang bet nya atau sekitar 0,35 mm.
  4. Pada bagian permukaannya raket atau bet tenis meja maka harus dilapisi dengan karet yang direkatkan dengan perekat. Perekatnya juga tidak boleh memiliki ketebalan lebih dari 2 mm. Sehingga tingkat tebal keseluruhan antara karet dan perekatmya ialah 4 mm.

Itulah beberapa hal mengenai meja tenis meja yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *