Topspin, Backspin Dan Sidespin, Apa Bedanya Dalam Tenis Meja ?

Topspin, Backspin dan sidespin, apa bedanya dalam tenis meja?
Topspin, Backspin dan sidespin, apa bedanya dalam tenis meja? (pixabay)

Teknik topspin, backspin, dan sidepsin dalam permainan tenis meja menjadi sangat penting untuk dipelajari. Teknik ini menjadi salah satu ciri khas yang sangat mengagumkan jika kita bisa menguasainya dengan baik. Teknik putaran atau spin biasa disebut juga sebagai rotation atau rotatie, teknik ini menjadi hal yang sangat menonjol ketika melakukan permainan tenis meja dengan lawan.

Mengapa menjadi sangat impresif ? hal ini dikarenakan bola tenis meja yang digunakan berbahan seluloid yang mana sangat peka jika terjadi gesekan dengan bat yang dilapisi oleh bahan karet. ehingga secara umum, di dalam tenis meja dibagi menjadi tiga berdasarkan jenis putarannya. Yakni, topspin atau putaran ke depan, Backspin atau putaran ke belakang, dan sidespin yakni putaran ke samping.

Bacaan Lainnya

Apa perbedaan Topspin, Backspin, dan Sidespin ?

Topspin Putaran Bola ke Depan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, topspin adalah ketika arah putaran bola tenis meja berputar searah dengan jarum jam. Menurut Prof. Dr. Tomoliyus, M.S, di dalam bukunya yang berjudul “Sukses Melatih Keterampilan Dasar Permainan Tenis Meja” menyebutkan bahwa topspin dilakukan dengan cara menggesekan bola pada karet bet yang terayun ke atas.

Backspin Putaran Bola ke Belakang

Lain halnya dengan topspin, Backspin dilakukan dengan cara menggesekan bola tenis meja pada karet bet yang terayun ke bawah. Sehingga, pukulan yang dihasilkan akan mengarah ke belakang berlawanan dengan arah jarum jam.

Sidepin Putaran Bola ke Samping

Sementara itu, sidespin lebih memfokuskan pukulan bola pada bet yang terayun kesamping.

Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan mendasar antara Topspin, Backspin, dan Sidepin adalah dari arah pukulan bet tenis meja. Pukulan yang dihasilkan dari ketiga teknik diatas pun akan berbeda. Topspin akan menyasar pukulan bola berputar ke depan dan lambat. Sehingga membentuk lintasan yang cekung tajam ke daerah lawan. Dan ketika menyentuh meja lawan, maka bola akan memantul dengan sangat cepat.

Baca Juga:
Ukuran Lapangan Tenis Meja: Sejarah, Ukuran Meja Dan NET
Lapangan Tenis Meja: Ukuran Lapangan Standar Nasional Dan Internasional

Sementara, Backspin akan membuat laju bola berputar ke belakang dan membentuk suatu lintasan yang datar. Dan ketika menyentuh daerah lawan maka bola akan memantul dengan lambat. Jadi, setelah mengetahui teknik pamungkas tenis meja ini, anda bisa langsung berlatih dan menggunakannya ketika bertanding nanti. Selamat Mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *