Inilah 5 Peralatan Tenis Meja Dan Cara Merawatnya Supaya Awet

Peralatan Tenis Meja
Peralatan Tenis Meja

Memiliki peralatan tenis meja sangat wajib untuk dimiliki bagi Anda yang ingin menjadi atlet atau yang gemar memainkan olahraga ini. Setelah mengetahui berapa Ukuran Meja Pingpong, Setidaknya terdapat lima jenis peralatan yang harus dimiliki, di antaranya yaitu:

5 Peralatan Tenis Meja yang harus Dimiliki dan Cara Merawatnya

Peralatan Tenis Meja: BET

Peralatan tenis meja yang harus dimiliki yang pertama yaitu bet. Bet merupakan raket yang digunakan dalam olahraga ini dan menjadi perlengkapan yang wajib dimiliki, karena fungsinya untuk memukul bola tenis meja. Bahan pembuatnya yaitu kayu, meskipun kini sudah dikombinasikan kayu dan karet.

Bacaan Lainnya

Cara memilih bet pun tidak susah, karena Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kemampuan dan kebutuhan bermain saja. Terbuat dari bahan apapun betnya, pastikan kalau bet itu bisa digunakan untuk gaya bermain all-around dan bertahan. Bet itu harus bisa melakukan pukulan dengan sempurna dan membuat Anda merasa nyaman pada saat bermain. Demikianlah cara memilih bet yang termasuk peralatan tenis meja yang wajib dimiliki.

Bola Ping Pong

Peralatan tenis meja berikutnya yaitu bola ping pong. Bola ini sangat penting untuk dimiliki karena akan membantu Anda untuk berlatih sekaligus bermain. Pemilihan bola ping pong tidak bisa dilakukan sembarangan, karena sudah punya ukuran standarnya tersendiri.

Berdasarkan Peraturan Tenis Meja versi ITTF, ukuran untuk bola ping pong yang bisa digunakan di pertandingan tenis meja yaitu 2,74 cm dan bentuknya harus bulat. Warna bolanya pun harus oranye dan yang umumnya terbuat dari bahan Cluloid. Meskipun ada juga yang bermain menggunakan bola ping pong putih.

Meja Tenis

Peralatan berikutnya yang tidak boleh sampai terlupakan adalah meja tenis. Tanpa adanya meja itu, Anda pasti tidak bisa bermain Permainan Tenis Meja. Tenis meja umumnya dibuat dari bahan keras agar bola ping pong bisa memantul dengan sempurna. Sama seperti bola ping pong, ukuran meja tenis meja pun ada aturannya.

Berdasarkan standar ITTF, standar Ukuran Lapangan Tenis Meja yaitu 2,74 meter untuk panjangnya, 1,52 meter untuk lebarnya dan 76 cm untuk tingginya. Sekalipun namanya tenis meja dan dimainkan di indoor maupun outdoor, tetap saja Lapangan Tenis Meja akan menjadi salah satu perlengkapan yang sangat penting dan harus ada.

Peralatan Tenis Meja: Net

Net menjadi salah satu perlengkapan lain yang wajib ada. Seperti bola voli, bulutangkis dan tenis yang menggunakan net, maka tenis meja pun demikian, untuk membuat pembatasan dua wilayah atau bagian. Net merupakan jaring yang dipakai dan dipasang dengan posisi sejajar dengan garis ujung.

Tiang Penyangga

Tiang penyangga menjadi peralatan tenis meja selanjutnya yang penting untuk disediakan. Fungsi dari tiang penyangga adalah mengikat net dan memasangnya di tengah. Berkat tiang penyangga, net bisa menjadi pemisah dan menandai batas wilayah setiap pemain.

Tips Merawat Peralatan Tenis Meja Supaya Awet

Sama halnya dengan Teknik Dasar Tenis Meja, Bet merupakan salah satu peralatan tenis meja yang penting, karena meskipun kecil dan terlihat sederhana, bet dijual paling murah seharga 600 ribu rupiah sampai puluhan juta. Jadi, bisa dibayangkan jika bet Anda mengalami kerusakan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli yang baru? Maka dari itu, berikut ini beberapa tips untuk merawatnya!

Menggunakan Protective Coating

Ketika Anda membeli bet yang terpisah dengan rubbernya, maka sangat wajib untuk punya protective coating-nya. Sebab, jika Anda langsung mengoleskan lem di bet, besar kemungkinan lapisan kayu atau serat karbonnya akan ikut terkelupas. Itulah mengapa Anda wajib punya protective coating.

Menggunakan Plastik Pelindung

Saat Anda beli bet baru, umumnya bet itu akan dilapisi selembar plastik pada kedua sisinya. Plastik tersebut berguna untuk menjaga bet dari debu serta agar tetap lembab udaranya. Biasakan untuk selalu menggunakan plastik itu ketika menyimpan bet kesayangan Anda. Sebab, karet organik yang jadi bahan dasar pembuatannya akan cepat lapuk jika sering terkena debu atau diletakkan di tempat yang lembab.

Menjauhkan dari Sinar Matahari

Cara merawat peralatan tenis meja ini selanjutnya yaitu menjauhkannya dari sinar matahari. Karet yang digunakan melapisi bet Anda biasanya sangat rentan pada sinar atau panas matahari. Itulah mengapa jika sering terpapar bisa cepat rusak, karena mudah memuai dan mengering. Itulah mengapa Anda harus pastikan jika bet sudah tersimpan di tempat yang tidak mudah terpapar sinar matahari.

Menyimpan Karet Bet di Tas Olahraga

Cara berikutnya yang bisa dilakukan agar bet tetap awet yaitu menyimpan karetnya di tas olahraga. Menyimpannya dalam tas akan membantu mengurangi benturan dari benda-benda keras yang lain, karena bahan karet sangat ringkih, lentur dan mudah rusak, benturan dan gesekan akan membuatnya jadi tidak nyaman lagi saat digunakan. Cara terbaik yaitu menyimpannya di tas.

Hindari Mencuci Dengan Air

Terakhir, cobalah untuk tidak mencuci bet dengan air, karena air bisa meresap ke dalam kayu dan karet. Hal itu akan membuat bet cepat lapuk. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan paddle wrap tape saat membersihkan, agar mengoptimalkan gagang bet dan agar keringat yang ada di telapak tangan tidak meresap ke dalam gagang bet.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai peralatan tenis meja dan cara untuk merawatnya supaya tidak mudah rusak. Anda juga wajib mengetahui bagaimana Sejarah Tenis Meja itu berasal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *