Lapangan Tenis Meja: Ukuran Lapangan Standar Nasional Dan Internasional

Lapangan Tenis Meja
Lapangan Tenis Meja beserta dengan ketentuan ukurannya (Sumber: penjasology.web.id)

Lapangan tenis meja menjadi salah satu hal yang penting dalam permainan tenis meja. Ping pong atau tenis meja menjadi salah satu olahraga yang banyak penggemarnya. Olahraga ini termasuk jenis olahraga ringan namun tetap menyehatkan. Banyak orang menjadikan olahraga ini sebagai sarana untuk bermain. Untuk bermain tenis meja pun sebenarnya tidaklah sulit, walaupun tetap ada teknik-teknik yang berlaku khusus untuk olahraga ini. Akan tetapi teknik dasar tenis meja tersebut masih bisa dipelajari dengan mudah.

Untuk bermain tenis meja ini ternyata ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga menyenangkan ini seperti lapangan tenis meja, bet atau grip atau alat untuk memukul bola, bola tenis meja, dan net.

Bacaan Lainnya

Lapangan untuk tenis meja berbeda dengan lapangan olahraga pada umumnya. Jika olahraga lain memiliki lapangan luas yang menjadi pijakan para atlet-nya, maka seperti namanya ‘tenis meja’, lapangannya pun berbentuk meja.

Maka dari itu, olahraga ini juga menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat fleksibel karena tidak membutuhkan ruang yang luas. Sementara itu, tenis meja juga dimakinkan maksimal 4 orang dengan 1 tim berisi 2 orang untuk jenis permainan ganda dan 1 orang per tim untuk jenis permainan tunggal.

Masing-masing pemain akan memegang bet atau raket tenis meja sendiri-sendiri dan harus memukul bola agar bisa mencetak skor sebanyak-banyaknya. Nah, untuk anda yang ingin mencoba permainan ini di rumah, anda sebenarnya bisa membuat lapangan tenis meja sendiri. Namun sebelum membuat lapangan tenis meja anda alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu ukuran dan beberapa ketentuan lainnya dari permainan tenis meja ini.

Berapa Ukuran Lapangan Ping Pong Lengkap Dengan Net?

Bagi anda yang ingin bermain tenis meja dari rumah dan hendak membuat lapangan tenis meja sendiri, mungkin anda akan bertanya-tanya sebenarnya berapa sih ukuran dari meja ping pong ini menurut Sejarah Tenis Meja?

Jawabannya dari pertanyaan tersebut yaitu anda bisa membuat lapangan tenis meja dengan ukuran panjang sekitar 274 cm dan lebar 152,5 cm. Sementara itu untuk tingginya bisa diatur sesuai tinggi anda, namun umumnya meja untuk ping pong memiliki tinggi 76 cm.

Jika membuat lapangan tenis meja di rumah dan tidak digunakan untuk sebuah kompetisi yang serius, luas meja untuk ping pong bisa disesuaikan dengan luar area atau ruangan yang anda miliki. Sebagai patokan, anda bisa membuat lapangan tenis meja dengan luas sekitar 4,1785 m2.

Selain Ukuran Meja Pingpong, anda juga harus memperhatikan ketebalan dari papan untuk meja atau lapangan tersebut. Pastikan papan tersebut memiliki ketebalan yang cukup setidaknya 3 cm agar cukup kuat saat digunakan untuk bermain tenis meja.

Hal lainnya yang juga harus menjadi perhatian adalah ukuran net. Net merupakan jaring pembatas yang memisahkan lapangan tenis meja menjadi dua bagian. Net yang digunakan bukan net sebesar pada permainan bulu tangkis. Ukuran net mengikuti ukuran dari lapangan tenis meja tersebut, namun umumnya net memiliki ukuran tinggi sekitar 15.25 cm, lebar 1.83 cm, tinggi penyangka memiliki jarak 15.25 cm dari batas meja.

Net ini akan membentang luruh di atas meja ping pong tersebut. Selain berfugsi sebagai pembatas, net ini juga bisa menjadi penentu sebuah tim akan mendapatkan skor atau tidak. Jika bola tersangkut apa net atau tidak bisa melewati net maka secara otomatis, poin akan diberikan kepada lawan, begitupun sebaliknya.

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Nasional

Jika sebelumnya Ukuran Lapangan Tenis Meja bisa menyesuaikan dengan area bermain di rumah, akan tetapi jika pada pertandingan resmi seperti kompetisi tenis meja tingkat nasional, maka ukuran dari lapangan yang digunakan harus mengikuti standar internasional yang berlaku.

Ukuan meja ping pong standar nasional mengikuti peraturan dari Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). Untuk ukuran standar nasional, lmeja untuk permainan tenis meja harus memenuhi standar seperti berikut ini:

  1. Panjang lapangan tenis meja : 247 cm 2.47 m.
  2. Lebar lapangan tenis meja : 152.5 cm atau 1.525 m.
  3. Tinggi meja untuk lapangan tenis meja : 76 cm dari permukaan tanah
  4. Tebal meja untuk laangan tenis meja : 3 cm.
  5. Luas area meja untuk lapangan tenis meja : 1,1785 m2.

Selain ukuran meja permainan ini yang harus sesuai standar, untuk net yang pada permainan tenis meja juga harus sesuai dengan standar yang berlaku. Berikut beberapa ketentuan untuk net tenis meja yang harus dipatuhi:

  1. Panjang dari net tenis meja : 183 cm
  2. Lebar atau tingg dari net tersebut : 15.25 cm.
  3. Jarak antara meja dengan net : 15.25 cm.

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

Bukan hanya PTMSI saja yang menjadi rujukan untuk aturan lapangan tenis meja, namun organisasi tenis meja internasional atau ITTF juga menjadi rujukan terkait hal tersebut. Peraturan seputar cara bermain, ukuran lapangan, ukuran net, ukuran bet, ukuran bola, sampai warna lapangan juga harus sesuai dengan standar internasional.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya atlet-atlet kita terbiasa bermain menggunakan standar internasional. Sehingga ketika mengikuti pertandingan atau kompetisi tingkat internasional tidak  perlu beradaptasi lagi.

Standar seputar ukuran, ukuran net, ukuran bola, dan ukuran bet bertujua agar ada keseragaman. Sehingga saat negara-negara bertemu untuk melakukan kompetisi, hasil akhirnya menjadi adil. Berikut ini beberapa ketentuan dalam permainan tenis meja sesuai dengan standar internasional.

1. Ukuran Lapangan

Untuk ukuran lapangan tenis meja berdasarkan standar internasional adalah sebagai berikut:

  • Panjang lapangan : 247 cm
  • Lebar lapangan : 152,5 cm
  • Tinggi lapangan dari permukaan tanah : 76 cm
  • Tebal lapangan : 3 cm
  • Luas lapangan : 4,1785 m2

2. Ukuran Net

Selain lapangan, net dalam permainan ping pong juga ada aturan internasional-nya. Berikut aturan untuk ukuran net sesuai dengan standar internasional:

  • Panjang net : 183 cm
  • Tinggi net : 15,25 cm
  • Jarak antara lapangan dengan net : 15,25 cm

3. Warna dan Bahan Meja Ping Pong

Berdasarkan Peraturan Tenis Meja dari ITTF, warna dari meja ping pong yaitu warna gelap dan yang biasanya memiliki warna biru gelap atau hijau gelap. Pada lapangan tersebut juga ada garis sisi berwarna putih dengan lebar 2 cm. Selain garis tepi, pada bagian tengah juga ada garus berwarna putih yang lebarnya 3 mm.

Untuk bahan dari lapangan ping pong sebenarnya tidak ada standar bakunya. Hanya saja ITTF mengharuskan bahan yang  untuk membuat lapangan ping pong harus bisa menghasilkan pantulan bola yang seragam, yakni sekitar 23 cm saat bola jatuh dari ketinggian kurang lebih 30 cm.

Sejauh ini bahan untuk meja ping pong umumnya berasal dari bahan kayu triplek. Ada beberapa jenis yang bisa menyesuikan dengan standar ketebalan dan standar pantulan sesuai dengan ketentuan internasional.

4. Bet

Bet adalah Peralatan Tenis Meja yang berfungsi untuk memukul bola dalam permainan tenis meja. Raket tenis meja ini terbuat dari kayu. Pemukul bola dalam permainan ini memiliki standar tersendiri.

Bert harus memiliki panjang 15.5 cm dan lebar 15 cm. Pada bagian bet terdapat daun bet dari bahan kayu kemudian ada lapisan perekat bet dari bahan serat seperti serat karbon atau ada juga yang menggunakan serat kaca.

Pada daun bet ini ada lapisan karet licin atau karet halus yang menutupinya. Bet ini harus memiliki ketebalan yang rata, kaku, serta datar sehingga ketika menyentuh bola bisa menghasilakan pantulan.

Untuk warna bet pada bagian permukaan yang akan menyentuh bola memiliki warna yang gelap. Bagian pinggir atas bet atau hiasan belade tidak berwarna putih atau warna lain yang bisa berefleksi. Sementara itu untuk berat dari bet tidak ada ketentuan khusunya, namun sebaiknya bet tidak terlalu berat dan juga tidak terlalu ringan agar pemain tetap nyaman menggunakan bet tersebut.

5. Bola Tenis Meja

Hal lainnya yang juga sangat menjadi perhatian dalam permainan tenis meja adalah bola ping pong itu sendiri. Tidak seperti bulu tangkis, yang bolanya sangat ringan. Tenis meja memiliki bola dengan ketentuan berat 2.7 gram dan diameter 40 mm. Bola ini harus berbentuk bulat dan berbahan seluloid atau bahan plastik lainnya yang serupa. Bola dalam permainan tenis meja juga harus memiliki warna putih atau oranye, tidak boleh menggunakan warna lainnya.

Harga Lapangan Tenis Meja

Lapangan tenis meja sebenarnya mudah saja jika membuat sendiri. Hanya saja terkadang jika membutuhkan dalam jumlah yang banyak atau ingin lapangan untuk bermain ping ping yang sesuai dengan standar, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli saja lapangan ping pong ini.

Namun sebenarnya berapa sih harga meja untuk bermain tenis meja? Berdasarkan penelusuran dari beberapa e-commerce, harga dari meja untuk ping pong ini berkisar di angka Rp 1 – 5 juta. Harga tersebut bergantung pada merek atau brand. Beberapa brand meja ping pong yang sudah cukup terkenal seperti; Butterfly, DONIC, Double Fish, Nexsist, dan Power Spin.

Tips Membeli Meja Ping Pong

Apabila anda hendak membeli meja ping pong, alangkah baiknya anda cermat dalam memilih. Berikut ini kami berikan beberapa tips harus anda cermati sebelum membeli meja ping pong:

  1. Pilih meja ping pong  yang memiliki ketebalan sesuai dengan tujuan anda.
  2. Saat membeli meja untuk tenis meja tersebut, anda harus memeriksa rangka meja terutama pada bagian roda.
  3. Bagi anda yang ingin membeli meja ping pong untuk keperluan bermain di rumah, maka sesuaikan dengan ruangan yang anda miliki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *