Ukuran Lapangan Bola Lengkap Dengan Jenis Rumput

Ukuran Lapangan Bola
Ukuran Lapangan Bola

Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang disukai oleh banyak orang. Baik wanita maupun pria pun menyukai olahraga yang seru dan menyenangkan ini. Di dalam dunia sepak bola pasti memiliki peraturan seperti ukuran lapangan bola yang sudah memiliki ketentuan tertentu.

Serunya Permainan Sepak Bola 

Bacaan Lainnya

Bukan hanya digemari di sejumlah negara-negara di dunia saja yang menyukai olahraga ini, bahkan di Indonesia pun banyak orang yang memainkan olahraga ini. Beberapa penyuka sepak bola ini juga sangat menunggu-nunggu adanya kompetisi dunia yang dilakukan selama 4 tahun sekali.

Untuk sepak bola sendiri adalah olahraga regu. Di mana sepak bola ini memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan menggunakan kaki, anggota tubuh lain kecuali tangan. Biasanya untuk setiap team memiliki 11 pemain yang akan bermain di lapangan. Pastinya dengan banyaknya orang yang bermain dengan team bola ini, maka ukuran lapangannya pun tentu akan sangat luas.

Berapa Ukuran Lapangan Sepak Bola ?

Mengenal Bentuk Lapangan Sepak Bola 

Biasanya untuk ukuran lapangan ini sudah diatur oleh FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional. Bahkan bukan hanya tentang bentuk lapangan dan juga ukurannya, namun seluruh peraturan ini juga diatur oleh FIFA. Sedangkan untuk sepak bola di Indonesia diatur oleh PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Untuk aturan dalam lapangan sepak bola ini harus halus dan juga tidak boleh bergelombang. Sedangkan pada umumnya, lapangan ini akan terbuat dari rumput alami. Namun bisa juga menggunakan rumput sintetis. Untuk bentuk lapangan ini akan terbagi menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama.

Beberapa Pilihan Rumput Lapangan Sepak Bola 

Untuk rumput lapangan sepak bola ini pastinya bukanlah rumput sembarangan. Sebab, rumput ini akan diinjak-injak. Tentunya pilihan rumputnya harus dipilih yang benar-benar bisa bertahan dengan sangat lama. Nah, bagi Anda yang penasaran pilihan rumput lapangan sepak bola diantaranya adalah:

Zoysia Matrella

Jenis rumput yang pertama adalah rumput manila. Di mana rumput ini adalah rumput yang cukup baik untuk digunakan sebagai alas lapangan sepak bola. Rumput ini memiliki warna hijau pekat dibandingkan beberapa jenis rumput yang lainnya. Harganya pun terbilang cukup mahal dengan kualitas yang terbaik.

Cynodon Dactylon

Jenis rumput yang kedua adalah Cynodon Dactylon. Di mana rumput ini juga disebut dengan rumput Bermuda. Jenis rumput ini hamper memiliki kualitas yang sama dengan rumput sebelumnya yaitu rumput manila. Rumput ini bahkan harganya pun lebih murah dibandingkan jenis rumput sebelumnya.

Axonopus Compressus

Rumput ini cukup unik karena seringkali disebut dengan rumput gajah. Di mana rumput ini masih bisa Anda temukan dengan mudah. Baik di taman, kebun, dan lain sebagainya. Jenis rumput ini bahkan merupakan rumput yang memiliki akar paling baik untuk digunakan di lapangan sepak bola. Namun, rumput ini punya daun yang lebih lebar, di mana jenis rumput ini bisa membuat rumput lebih mudah rusak karena terkena sepatu terus menerus.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Secara Umum

Terdapat ukuran lapangan bola menurut 2 pilihan, baik itu Internasional maupun Nasional. Di mana ukurannya sekitar 90 sampai dengan 110 meter. Sedangkan untuk lebar lapangan nantinya mencapai 65 meter sampai dengan 75 meter. Panjang lapangan sepak bola yang cukup sering digunakan antara 90 sampai 120 meter.

Untuk lebar lapangan sepak bola yang seringkali digunakan ini sekitar 45 sampai 90 meter. Sedangkan lapangan sepak bola ini punya perbandingan panjang dan lebar sebesar 2 banding 1. Tentunya ukuran ini adalah ukuran yang sudah ditentukan sesuai dengan standar.

Mengenal Ukuran Gawang Sepak Bola

Di dalam olahraga sepak bola, juga terdapat gawang. Baik sepak bola maupun futsal pun akan sama-sama memiliki gawang. Di mana gawang pada olahraga sepak bola ini juga punya ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan lapangan futsal.

Untuk tinggi gawang pada permainan sepak bola sendiri adalah 2,44 meter, sedangkan untuk lebarnya adalah 7,32 meter. Untuk ukuran panjang sekaligus tinggi gawang sepak bola ini akan diukur pada sisi tiang gawang serta mistar yang ada pada bagian atas.

Di dalam gawang sendiri juga akan disediakan jaring-jaring yang masing-masing lubangnya punya luas sebesar 10 cm. Untuk jaring dengan lubang-lubang dengan ukuran yang ada ini telah bisa digunakan untuk menangkap bola. Nantinya gawang yang diletakkan pada tengah garis goal line ini punya bentuk dari 2 tiang dan juga adanya mistar pada bagian atasnya.

Jadi, itulah informasi yang harus Anda pahami tentang salah satu jenis olahraga yang paling diminati oleh banyak orang. Olahraga tersebut adalah olahraga sepak bola. Anda juga sudah bisa mempelajari dan juga memahami ukuran lapangan bola sekaligus ukuran gawang yang akan Anda gunakan untuk bermain bola.

Atau jika anda membutuhkan makalah sepak bola secara ringkas dan singkat, anda bisa menggunakan artikel olahfisik.id untuk dijadikan sebagai bahan referensi anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *