Rangkuman Makalah Sepak Bola Untuk Tugas Sekolah

Makalah Sepak Bola
Makalah Sepak Bola

Ada banyak jenis dan juga pilihan olahraga yang bisa dijalankan oleh siapa saja baik wanita maupun pria. Jenis olahraga tersebut adalah olahraga sepak bola. Sebelum bermain bola, pastinya kita harus mengenal seputar olahraga itu sendiri. Biasanya Anda bisa mendapatkan informasi tentang olahraga sepak bola ini dalam sejumlah makalah sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

Sebelum memutuskan untuk mulai menjalankan olahraga khususnya sepak bola, maka Anda juga disarankan untuk belajar mendalam tentang olahraga ini terlebih dahulu. Sejarah olahraga ini dimulai sejak abad ke 2 dan juga ke 3 khususnya sebelum Masehi di China. Masyarakat menggiring bola terbuat dari kulit dan menendangnya ke jaring kecil.

Bacaan Lainnya

Lama kelamaan, sepak bola ini mulai modern sekaligus berkembang di Inggris dan juga digemari oleh banyak orang. Munculnya olahraga sepak bola di Indonesia ini bermula dari adanya PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Bukan hanya itu saja, PSSI juga ikut mengembangkan kompetisi baik untuk pihak laki-laki maupun perempuan. Untuk kompetisi ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok tersebut berdasarkan usia baik U-15, U-17, U-19, U-21 dan juga U-23.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola sendiri adalah salah satu jenis olahraga yang akan dimainkan menggunakan bola sekaligus dimainkan oleh 2 team. Masing-masing team yang akan bermain nantinya beranggotakan dengan 11 pemain. Para pemain harus memainkan bola ini dengan cara ditendang. Para pemainnya tidak diperkenankan untuk menggunakan tangan.

Namun, pada umumnya para penjaga gawang saja yang diperbolehkan untuk menyentuh bola dengan menggunakan tangan atau lengan. Nantinya team yang akan mencetak gol jauh lebih banyak di akhir pertandingan akan menjadi pemenangnya. Jadi, sehingga waktu sudah berakhir imbang, maka akan diadakan perpanjangan waktu maupun penalti.

Peraturan Main Sepak Bola

Di dalam makalah sepak bola, ada beberapa peraturan main sepak bola yang harus Anda pahami. Di mana beberapa peraturannya adalah:

  1. Tendangan bebas
  2. Tendangan penalty
  3. Lemparan dalam
  4. Tendangan gawang
  5. Tendangan sudut

Lama Permainan Sepak Bola 

Untuk lama permainan sepak bola ini sendiri diperkirakan 2×45 menit. Untuk waktu istirahatnya sendiri selama 15 menit, namun terkadang istirahat hanya diberikan selama 10 menit saja. Apabila nantinya kedua team memiliki nilai yang imbang atau seri, maka akan ada adu penalty. Pada umumnya, pertandingan akan berakhir setelah dilakukan 2 babak dengan adanya salah satu pemenang yang akan berhasil memenangkan permainan.

Teknik Bermain Sepak Bola 

Ketika Anda memutuskan untuk bermain bola, pastinya Anda diwajibkan untuk menjalankan dengan sejumlah teknik yang terbaik. Para pemain yang punya teknik terbaik, akan mampu memenangkan permainan dengan mudah pada team mereka sendiri. Beberapa teknik yang bisa dilakukan ketika akan bermain bola diantaranya adalah:

Menendang (Kicking)

Menendang bola adalah salah satu hal yang dilakukan cukup penting pada saat bermain bola. Di mana untuk tujuan utama ketika menendang bola ini dilakukan untuk mengumpan atau passing. Menendang juga dilakukan untuk menembak kea rah gawang. Menendang juga ada beberapa jenis baik menendang dengan kaki bagian luar, bagian dalam atau dengan punggung kaki.

Menghentikan Bola

Selain menendang bola, Anda juga bisa menjalankan teknik untuk menghentikan bola. Menghentikan bola ini sendiri adalah salah satu teknik permainan sepak bola yang hamper hampir sama seperti menendang bola. Untuk tujuan menghentikan bola ini memang membantu para pemain untuk bisa mengontrol bola yang sedang mereka bawa.

Menggiring Bola 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknik dalam menggiring bola. Menggiring bola ini adalah menendang terputus-putus maupun pelan. Mengontrol bola ini memiliki tujuan untuk mendekati pada jarak sasaran, digunakan juga untuk melewati lawan sekaligus menghambat permainan. Dalam menggiring bola, juga memiliki tujuan untuk menunjukkan teknik dalam memasukkan bola ke dalam gawang.

Mengumpan Bola 

Para pemain yang tidak bisa melakukan passing, dianggap tidak bisa bermain sepak bola. Sebab, dalam mengumpan bola, ada beberapa teknik yang wajib Anda lakukan. Di mana beberapa teknik yang wajib Anda lakukan dalam mengumpan bola adalah:

  1. Jangan sampai asal-asalan dalam menendang bola. Sebab, masih ada banyak teknik yang harus Anda pahami pada saat akan memainkan sepak bola.
  2. Selama mengumpan bola, Anda tidak harus pas ke orangnya. Sebab, Anda harus melihat bagaimana posisi teman kita yang akan kita beri umpan nantinya.

Selain beberapa teknik di atas, masih ada banyak teknik lainnya yang harus Anda pahami ketika akan memainkan sepak bola. Informasi lebih lanjut seputar sepak bola pastinya bisa Anda ketahui ketika membaca dan mencari banyak informasi terpercaya. Untuk salah satu informasi yang bisa diketahui dalam dunia sepak bola ini adalah membaca sejumlah makalah sepak bola.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *