9 Teknik Dasar Sepak Bola Yang Wajib Di Kuasai

Teknik Dasar Sepak Bola
Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik Dasar Sepak Bola menjadi hal yang wajib anda kuasai sebagai pemain bola. Berbagai teknik dasar ini kami ulas sesederhana mungkin agar mudah dipahami. Olahraga sepak bola pasti tidak asing lagi ditelinga kalian. Olahraga ini digemari banyak orang di dunia. Mungkin hampir setiap negara di dunia memiliki liga sepak bola, termasuk Indonesia. Namun, tim-tim sepak bola dunia seperti Barcelona, Manchester United, Juventus dan masih banyak lagi masih menjadi favorit fans-fans sepak bola.

Untuk menjadi pemain sepak yang hebat harus mengetahui bagaimana Cara Bermain Sepak Bola dan pada umumnya harus menguasai berbagai teknik permainan sepak bola. Teknik ini wajib dimiliki oleh setiap pemain. Karena, dengan teknik ini menjadi bekal awal pemain untuk meningkatkan kemampuan bermain kedepan. Nah, untuk anda yang baru menekuni olahraga ini, berikut teknik dasar sepak bola yang harus anda kuasai.

Bacaan Lainnya

Berikut 9 Teknik Dasar Sepak Bola Yang Wajib Anda Kuasai Sebagai Pemain Bola

Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik Dasar Menggiring Bola mungkin menjadi teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain bola. Ini adalah teknik untuk menggerakkan bola. Terdapat 2 kali yang dapat digunakan untuk menggiring bola, yaitu punggung kaki dan kaki bagian dalam. Sebenarnya teknik dribbling terdapat 2 teknik dasar. Yakni, menggiring bola dengan cepat dan mengendalikan bola lambat. Disini, pemain harus ekstra hati-hati saat mendorong bola agar kulit bundar tetap dalam jangkauan dan tidak diambil lawan.

Teknik Dasar Menendang Bola (Shooting)

Dengan menendang sebuah tim sepakbola berperan sangat penting. Dalam Teknik dasar Menendang Bola setidaknya tendangan harus memiliki power yang kuat sehingga bisa menyulitkan lawan. Pemain bola dalam menjalankan teknik ini umumnya menggunakan punggung kaki bagian tengah. Atau, ada juga yang menggunakan kaki bagian luar, yang sering kali dipakai oleh pemain profesional untuk mengecoh lawan. Sehingga kekuatan shooting menjadi maksimal. Akurasi tendangan dari teknik ini sangat penting. Jika, akurasi tendangan yang tidak tepat justru akan membuang peluang tim untuk mendapatkan poin atau malah bola dioper ke lawan main.

Teknik Mengoper Bola (Passing)

Bisa dibilang tanpa adanya teknik passing sepak bola akan sulit dimainkan Bersama dengan sebelas pemain. Ketika mengoper atau Passing dalam sepak bola terdapat beberapa cara yang bisa Anda dilakukan. Pertama, menggunakan kaki bagian dalam atau depan. Biasanya cara ini digunakan untuk mengoper bola untuk rekan tim yang jaraknya tidak terlalu jauh. Kedua, menggunakan kaki bagian depan. Cara ini dilakukan untuk mengoper bola kepada rekan yang jauhnya cukup jauh.

Teknik Mengontrol Bola (Ball Control)

Teknik dasar sepak bola selanjutnya adalah teknik mengontrol bola. Kontrol Bola sangat penting untuk dikuasai oleh pemain. Teknik ini berguna saat seorang pemain menerima bola. Ada beberapa cara untuk melakukan teknik ini, yaitu menghentikan dengan telapak kaki dan mengontrol bola dengan kaki bagian dalam. Seorang pemain bola harus jeli memperhatikan ketepatan sentuhan kaki dalam mengontrol supaya bola tidak terpental jauh dan direbut oleh lawan. Selain itu, ball control juga diperlukan untuk menentukan tempo permainan.

Teknik Menyundul Bola(Heading)

Dalam permainan sepakbola seluruh anggota badan bisa digunakan kecuali tangan. Salah satunya anggota tubuh kecuali kaki yang kerap digunakan adalah kepala. Untuk itu, pemain bola perlu menguasai teknik heading atau menyundul. Menyundul digunakan ketika bola melaju ke udara. Teknik menyundul bola ini digunakan untuk mencetak gol atau mengoper bola. Anda harus dapat memperhitungkan datangnya bola dari udara, lalu setelah itu menyundulnya. Karena, jika salah melakukannya akan menyebabkan cedera atau sakit kepala.

Teknik Dasar Merebut Bola (Intercepting)

Intercepting akan digunakan oleh pemain ketika ingin merebut bola dari lawan. Untuk melakukanya anda harus bisa membaca pergerakan dari lawan. Atau menghentikan laju umpan musuh. Teknik ini perlu dilakukan secara berhati-hati, jangan sampai anda malah merebut kaki lawan bukan bolanya. Salah menggunakan teknik bisa jadi anda akan diberi peringatan kartu kuning oleh wasit. Memang teknik ini penting untuk bertahan dari serangan lawan. Tapi, disini anda harus pintar dalam membaca pergerakan lawan.

Tehnik Menyapu Bola

Teknik ini pada dasarnya sama dengan merebut bola, yaitu untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, untuk melakukanya perlu dilakukan secara berhati-hati. Bila, anda salah melakukannya anda bisa mencederai lawan dan mendapatkan kartu peringatan. Untuk melakukanya sesuaikan dengan kecepatan dengan lawan. Kemudian jatuhkan badan dan luruskan satu kaki untuk menahan bola

Teknik Dasar Lemparan Ke Dalam

Teknik dasar sepak bola ini bisa anda gunakan ketika di tengah pertandingan terjadi out atau bola keluar. Baik dari sisi kiri atau kanan lapangan. Dalam melakukanya pemain perlu melempar bola dengan kedua tangan dan posisikan kedua tangan di belakang kepala. Anda bisa menjijitkan kaki supaya lemparan lebih bertenaga.

Teknik Dasar Menangkap Bola (Goalkeeping)

Teknik ini khusus dilakukan untuk kiper. Penjaga gawang atau kiper wajib menguasai teknik ini. Teknik ini merupakan teknik yang penting sebagai pertahanan terakhir dari tim. Disini seorang kiper perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri atau kanan. Kiper membutuhkan penguasaan teknik untuk menendang bola dengan kuat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *