4 Fakta Induk Organisasi Renang Indonesia adalah PRSI, Ini Ulasannya!

Induk Organisasi Renang Indonesia adalah PRSI, Ini Ulasannya!
Induk Organisasi Renang Indonesia adalah PRSI, Ini Ulasannya!

Salah satu olahraga yang masuk ke dalam cabang akuatik yaitu olahraga renang yang dilakukan di air. Sama seperti cabang olahraga lainnya, olahraga ini memiliki induk organisasi di setiap negara dan dunia. Induk organisasi renang Indonesia adalah PRSI (Perserikatan Renang Seluruh Indonesia) atau Indonesia Swimming Federation

PRSI bertanggung jawab pada perkembangan olahraga renang di Indonesia. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas seputar Perserikatan Renang Seluruh Indonesia. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Bacaan Lainnya

Sejarah Induk Organisasi Renang Indonesia PRSI

Organisasi renang Indonesia berada dibawah naungan PRSI. Dilansir dari website resminya, induk organisasi renang Indonesia ini berdiri sejak 21 Maret 1951. PRSI terdaftar sebagai anggota Federasi Renang Internasional (FINA) dan International Olympic Committee (IOC) pada tahun 1952.

Baca Juga: Kliping Renang: Sejarah, Teknik, Dan Lomba Renang Gaya Dada

Sejak saat itu, perenang Indonesia mulai berpartisipasi dalam ajang Olimpiade, salah satunya dalam Olimpiade Helsinki. Hingga kini, Indonesia secara konsisten mendelegasikan perenang-perenang berbakat dalam ajang Olimpiade tiap empat tahun sekali.

Organisasi PRSI memiliki sistem kepengurusan yang disebut PB PRSI atau Pengurus Besar PRSI. PB PRSI dibentuk berdasarkan akte pendirian di depan notaris Irmawaty Habie SH, Jl. Dewi Sartika No 1-2 Jakarta Timur dengan No, 01 tanggal 5 Maret tahun 2012. PB PRSI dalam kepengurusannya dipimpin oleh ketua umum yang dipilih oleh pengurus induk organisasi provinsi dalam forum Munas (Musyawarah Nasional). 

Ketua Umum PRSI yang pertama ialah Prof. Dr. Poerwo Soedarmo. Struktur organisasi PRSI setelah Ketum yakni Waketum 1, Waketum II Binpres, Waketum III, Waketum IV. Waketum V, Bendahara Umum, dan Sekjen.

Apa Saja Tugas Induk Organisasi Renang Indonesia PRSI?

PRSI sebagai induk organisasi renang Indonesia memiliki beberapa tugas antara lain:

  • Menjalankan operasional organisasi berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku dan berpedoman kepada standar pengelolaan organisasi yang dikeluarkan Kementerian Pemuda dan Olahraga.
  • Menyelenggarakan kejuaraan olahraga akuatik yakni Kejurnas Renang, Kejurnas Polo Air, Kejurnas Loncat Indah, Kejurnas Renang Indah, Kejurnas Renang Perairan Terbuka, dan Kejurnas Master.
  • Mengatur regulasi pertandingan.
  • Menerapkan aturan organisasi induk dunia (Federation Internationale de Natation).
  • Mengadakan pelatihan dan pembinaan para pelatih renang baik tingkat daerah maupun nasional.
  • Melakukan pelatihan dan pembinaan para wasit dan juri guna meningkatkan kualitas para wasit dan juri baik tingkat daerah, regional maupun nasional.

Pengurus Induk Organisasi Renang Indonesia PRSI

Pengurus Besar PRSI dilantik oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Munas PRSI). Munas PRSI diadakan setiap empat tahun di akhir masa periode kepengurusan.

Baca Juga: 5 Teknik Mudah Cara Renang Untuk Pemula

Ketua Umum PB PRSI saat ini yakni Anindya Novyan Bakrie yang memimpin PRSI untuk periode kepengurusan 2021-2025. Dalam menjalankan tugasnya, ketua umum memiliki wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. Berikut daftar pengurus PRSI saat ini. 

  • Ketua umum: Anindya Novyan Bakrie
  • Wakil ketua umum 1: Sarman Simanjorang
  • Wakil ketua umum 2: Dr. Ir. Reswanda T. Ade, MM
  • Wakil ketua umum 3: Harlin E. Rahardjo
  • Wakil ketua umum 4: Jonathan Tahir
  • Sekretaris jenderal: Ali A. Patiwiri
  • Bendahara umum: M. Sahid Mahudie

Social Media Induk Organisasi Renang Indonesia PRSI

PRSI selalu mengikuti perkembangan teknologi dan majunya zaman. Oleh karena itu, PRSI juga memiliki berbagai media sosial untuk memudahkan penyebaran informasi terkini tentang kegiatan organisasinya. Berikut akun sosial media yang dimiliki PRSI.

  • Facebook : PBPRSI
  • Instagram : @pbprsi
  • Twitter : @pbprsi
  • Youtube : renangindonesia

Baca Juga: Persatuan Renang Dunia: Sejarah, Fungsi Dan 2 Agenda FINA

Itulah penjelasan seputar induk olahraga renang di Indonesia. Jika ingin mengenal PRSI lebih jauh lagi, maka Anda bisa mengunjungi website resminya di https://pbprsi.org atau mengikuti aktivitas sosial medianya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *