Makalah Renang: Sejarah Dan 5 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Makalah Renang
Makalah Renang

Apa saja pembahasan Makalah Renang kali ini ? yuk kita simak. Olahraga renang adalah kegiatan fisik yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi olahraga renang adalah salah satu olahraga yang tidak membutuhkan banyak biaya. Tapi tahukah Anda jika olahraga renang ini memiliki sejarah yang panjang dan juga banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita. Termasuk bagaimana standar Ukuran Kolam Renang di Indonesia maupun Internasional. Maka dari itu bagi Anda yang penasaran mengenai asal usul olahraga renang dan juga manfaatnya, berikut ini ulasan singkatnya.

Makalah Renang Tentang Sejarah Renang Indonesia Dan Dunia

Sejarah Olahraga Renang Dunia

Seperti yang sudah banyak dijelaskan dalam makalah renang, bahwa olahraga yang satu ini memiliki sejarah renang yang cukup panjang. Olahraga renang ini pertama kali ditemukan oleh Matthew Webb pada tahun 1875. Nah Matthew Webbs ini adalah orang yang pertama kali berhasil melewati teluk Inggris dengan berenang selama 21 jam. Lalu, karena semakin berkembangnya olahraga renang ini pada tahun 1896 olahraga renang dimasukan dalam perlombaan Olimpiade Athena. Dengan menggunakan gaya dada saja.

Bacaan Lainnya

Tapi seiring berkembangnya zaman di tahun 1902, muncul orang Australia bernama Richmond Cavill yang mengenalkan renang dengan teknik yang baru yaitu menggunakan gaya bebas. Nah sejak saat itulah olahraga renang ini mulai mengalami banyak sekali perkembangan. Dan semakin banyak gaya – gaya atau teknik renang yang bermunculan.

Sejarah Olahraga Renang Indonesia

Sedangkan untuk sejarah olahraga renang di Indonesia juga cukup menarik, yaitu dimulai pada masa sebelum merdeka. Nah pada waktu Hindia Belanda ini kolam renang adalah sebuah hal yang sangat mewah dan hanya diperuntukan oleh kaum bangsawan saja. Tapi seiring berkembangnya zaman di tahun 1917 dibentuk perkumpulan renang yang bernama Bandungse Zwembond atau biasa disebut dengan Perserikatan Renang Bandung. Selain itu pada tahun yang sama juga didirikan organisasi renang di Jakarta dan Surabaya.

Lalu, tepat satu tahun setelahnya berdiri juga organisasi renang yang memiliki tingkat lebih tinggi yaitu Oost Java Zwembond atau perserikatan renang Jawa Timur. Setelah itu pada tahun 1952 didirikanlah organisasi renang tingkat nasional yaitu PRSI ( Persatuan Renang Seluruh Indonesia ) oleh Poerwo Soedarmo. Nah Persatuan Renang Seluruh Indonesia ini memiliki tugas untuk membimbing dan juga melatih para atlet baik pada tingkat regional maupun nasional.

Dari organisasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia lahir banyak atlet renang yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia yaitu ada Lukman Niode, Richard Sambera, Elsa Manora Nasution dan masih banyak lagi. Itulah tadi sejarah singkat mengenai olahraga Internasional maupun Nasional. Sementara itu, Persatuan Renang Dunia bernama Federation Internationale de Natation atau disingkat sebagai FINA.

5 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Tubuh Dan Jiwa

Nah setelah mengetahui sejarahnya, maka ada baiknya juga jika Anda mengetahui apa saja manfaat dari olahraga renang seperti berikut ini :

Menjaga Kesehatan Jantung Dan Paru – Paru 

Manfaat dari olahraga renang yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan juga paru – paru. Hal ini bisa terjadi karena gerakan yang ada dalam olahraga renang ini dapat digunakan sebagai kardio dan juga melatih pernapasan Anda dengan baik. Maka dari itu bagi Anda yang ingin memiliki jantung dan juga paru – paru yang sehat, bisa mencoba olahraga renang ini.

Mengurangi Stres

Manfaat berikutnya dari olahraga renang adalah dapat mengurangi tingkat stres Anda. Karena dengan memasukan tubuh ke dalam air dipercaya dapat meningkatkan mood Anda dan juga Anda bisa merasa lebih rileks. Selain itu gerakan dalam olahraga renang ini juga dapat membuat otot Anda mengalami peregangan dan relaksasi sehingga tingkat stres Anda akan sedikit berkurang.

Meningkatkan Tinggi Badan Dan Juga Mengurangi Berat Badan

Manfaat selanjutnya yang juga bisa Anda dapatkan dari olahraga renang adalah bisa meningkatkan tinggi badan Anda serta mengurangi berat badan Anda. Karena gerakan dalam olahraga renang ini terbukti dapat dengan efektif membantu pertumbuhan tulang serta pembentukan massa otot. Jadi bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan, maka Anda bisa mencoba olahraga renang ini.

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes 

Manfaat yang berikutnya adalah olahraga renang ini juga bisa menurunkan resiko Anda terkena penyakit diabetes. Karena ketika melakukan olahraga renang ini dapat membakar kadar gula, lemak dan juga kalori dalam tubuh. Sehingga jika kamu rutin 3 kali dalam seminggu melakukan olahraga renang selama kurang lebih 30 menit, maka kamu sudah bisa membakar sekitar 900 kalori dalam tubuh. Hal itu pastinya akan membuat Anda terhindar dari penyakit diabetes.

Bisa Membuat Terlihat Awet Muda

Manfaat yang terakhir dari olahraga renang ini adalah dapat membuat Anda awet muda. Hal ini dikatakan oleh seorang peneliti dari Indiana University, yang menyatakan bahwa olahraga renang dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

Nah itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai sejarah dan juga manfaat dari olahraga renang yang bisa Anda ketahui. Semoga dengan adanya makalah renang di atas dapat menambah informasi Anda mengenai dunia olahraga terutama renang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *