Kliping Renang: Sejarah, Teknik, Dan Lomba Renang Gaya Dada

Kliping Renang
Kliping Renang

Dalam membuat kliping renang untuk gaya dada, sudah pasti yang akan dibahas adalah tentang gaya dada itu sendiri. Renang gaya dada ini sendiri, masuk dalam salah satu jenis olahraga renang yang dilombakan, dan terbilang cukup populer.

Ide Membuat Kliping Renang Gaya Dada

Klipping Sejarah Renang Gaya Dada

Dalam membuat sebuah kliping renang tentang gaya dada. Ada baiknya jika Anda mengenal tentang sejarah gaya dada tersebut. Dimana renang gaya dada ini memang sudah populer sejak tahun 1875. Terutama setelah mencatatkan diri sebagai salah satu olahraga renang, yang dapat menyebrangi sungai dan lautan.

Bacaan Lainnya

Sedangkan pada tahun 1904 olahraga yang satu ini, mulai dilombakan, terutama di ajang olimpiade, salah satu lomba tingkat dunia bergengsi hingga saat ini. Sejak itulah perkembangan olahraga renang gaya dada mulai berkembang, dan terus menyebar ke berbagai negara di dunia.

Kliping Renang: Teknik Gaya Dada

Dalam kliping untuk renang gaya dada atau disebut juga dengan gaya katak, sebaiknya dibahas juga tentang teknik dasar dari gaya dada itu sendiri. Adapun teknik dasar dari gaya dada ini adalah dengan menggunakan bagian dada. Dimana Anda akan mengarahkan dada ke arah depan, dengan posisi tepat di permukaan air.

Berbeda dengan gaya bebas, dimana batang tubuh yang ada selalu berada di dalam air, dalam kondisi konstan. Kali ini kedua kaki akan dibuka dan menendang ke arah luar, sementara kedua tangan seolah membelah air, setelah sebelumnya lurus ke depan. Persis seperti ketika katak sedang berenang. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut dari kliping renang gaya dada tersebut, antara lain :

Teknik Gerakan Kaki

Dalam penjelasan tentang kliping renang gaya dada kali ini akan menjelaskan tentang teknik melatih gerakan kaki pada renang gaya dada. Gerakan kaki ini penting untuk menambah kecepatan renang.

Dimana setelah meluncur, maka posisi tubuh, harus dalam kondisi telungkup, dengan sejajar air kolam. Kemudian kedua kaki akan mengarah ke samping secara bersamaan, seperti ketika katak sedang berenang. Lalu lakukan teknik lecutan, dan ditutup dengan gerakan penutup. Teknik ini akan dilakukan secara berulang.

Teknik Ambil Nafas

Untuk mengambil nafas pada renang gaya dada, sebaiknya lakukan dengan cara kedua tangan, sedang berada di bagian samping. Cara pengambilan nafas ini sebaiknya dilakukan secara cepat, sebelum akhirnya kembali jatuh ke dalam air.

Teknik Meluncur

Teknik meluncur adalah salah satu teknik dalam renang gaya dada. Dengan menggunakan teknik luncuran yang tepat, membuat Anda dapat bergerak secara lebih cepat, tanpa harus mengeluarkan energi ekstra.

Cara melakukannya dimulai dengan berdiri di pinggir kolam, dengan 1 kaki menempel di dinding kolam. Posisi badan harus sejajar permukaan air, dan lakukan lompatan kemudian meluncur dan mendorong badan ke arah depan. Setelah masuk ke dalam air, posisi badan harus lurus ke depan, dan lakukan luncuran sejauh mungkin. Jangan keseimbangan tubuh, dan bantu dengan gerakan tangan dan kaki.

Teknik Gerakan Tangan

Selain gerakan kaki, teknik renang gaya dada ini juga membutuhkan gerakan tangan. Dengan menggunakan gerakan tangan yang tepat, tentunya akan jadi salah satu faktor penentu untuk seseorang agar dapat meluncur dengan cepat dan jadi juara.

Untuk gerakan tangan sendiri, tidak sulit, dimana kedua tangan harus diluruskan ke depan, dengan posisi kepala di atas permukaan air. Kemudian tarik kedua lengan ke arah samping, dan pastikan siku tetap lurus. Ketika menarik kedua tangan, lakukan seperti gerakan mendayung, hingga melampaui garis bahu.

Dimana pada renang gaya dada ini, kedua telapak tangan, mempunyai posisi seperti mendayung, dan menghadap ke arah samping. Ketika sudah membentuk sudut, maka kedua telapak tangan kembali menghadap ke arah bawah. Lanjut dengan menarik tangan ke atas, hingga tepat bawah dagu, posisi telapak tangan, menghadap kebawah, dan posisi ibu jari rapat. Lanjutkan dengan lengan memutar ke atas, dan kembali ke permukaan air, dan kembali membuat sudut.

Lomba Renang Gaya Dada

Dalam kliping renang kali ini juga akan dijelaskan bagaimana perkembangan gaya dada yang ada saat ini.

Dimana sistem pertandingan dan olahraga renang gaya dada ini sudah diatur sebelumnya oleh Federasi Renang internasional atau yang disingkat jadi FINA. Sedangkan jenis lomba dan jarak yang dilombakan untuk gaya dada ini cukup beragam.

Gaya dada atau istilah lainnya Breaststroke ini, hanya mempunyai 2 panjang pertandingan, yaitu 100 meter dan 200 meter. Kedua ajang atau panjang pertandingan ini, akan dilombakan untuk pria dan juga wanita.

Sedangkan untuk aturan dasar renang dari lomba renang itu sendiri, kurang lebih sama dengan aturan pada pertandingan renang lainnya. Mulai dari ukuran kolam renang, teknik renang, dan hal lainnya.

Demikianlah beberapa ulasan tentang cara membuat kliping renang gaya dada, lengkap dengan penjelasan tentang kliping renang itu sendiri,Semoga ulasan kali ini bermanfaat buat Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *