Cara Berenang: 5 Teknik Mudah Cara Renang Untuk Pemula

Cara Berenang
Cara Berenang

Seperti diketahui bersama renang adalah salah satu cabang olahraga yang dapat membuat tubuh anda jadi lebih bugar. Selain itu, keahlian berenang juga bisa jadi salah satu skill survival, agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan, seperti banjir, jatuh ke danau dan yang lainnya. Anda yang ingin belajar renang tapi tidak tahu bagaimana cara berenang yang baik, tidak perlu khawatir, ulasan kali ini akan membahasnya untuk Anda.

5  Cara Berenang Untuk Pemula Secara Cepat dan Mudah

Cara berenang ke 1, buat diri sendiri nyaman di kolam renang

Adapun cara berenang pertama yang perlu dilakukan adalah, belajar membuat diri sendiri merasa nyaman di dalam air, terutama di kolam renang. Mulai dari kolam renang yang dangkal, coba duduk di dalam air, dan rendam seluruh tubuh. Mulai biasakan diri di dalam air, dan rasakan bagaimana mudahnya Anda akan mengambang.

Bacaan Lainnya

Apabila sudah terbiasa, maka perlahan, biasakan diri Anda ke kolam renang yang lebih dalam, misalnya setinggi ketiak atau bahu. Bagi Anda yang pemula, kondisi seperti ini mungkin belum terbiasa. Namun lakukan percobaan tersebut, berulang kali, hingga akhirnya tubuh Anda mulai rileks, dan siap untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Cara berenang ke 2, lakukan latihan bernafas di dalam air

Ketika berada di kolam renang yang dangkal. Cobalah untuk berpegangan ke tepian kolam. Kemudian tarik nafas dalam, kemudian letakan wajah Anda ke permukaan air. Berikutnya hembuskan nafas Anda ke dalam air, hingga menghasilkan gelembung air. Lakukan hingga nafas habis, lalu berdiri kembali dan mulai bernafas normal. Lakukan hal tersebut, secara berulang-ulang, hingga Anda merasa nyaman, dan tidak panik, ketika wajah, berada di dalam air kolam renang.

Jika teknik barusan sudah mulai terbiasa, maka cara berenang, berikutnya adalah masuk ke dalam kolam renang yang lebih dalam, misalnya saja sedada atau sebahu. Kali ini, Anda tidak perlu berpegangan ke pinggir kolam, namun cukup masukkan diri sendiri ke dalam kolam renang, Setelah sebelumnya mengambil nafas dalam.

Seperti sebelumnya, kali ini hembuskan atau keluarkan udara yang telah dihisap di dalam kolam renang. Lakukan hingga muncul gelembung udara di dalam kolam renang tersebut. Jika nafas Anda sudah habis, maka berdiri tegang, dan buat tubuh Anda merasa nyaman. Teknik ini sebaiknya dilakukan secara terus menerus. Hingga tubuh Anda mulai terbiasa, dan tidak takut lagi.

Cara belajar ke-3, belajar mengambang

Pada tahapan berikutnya atau cara berenang berikutnya adalah mulai membiasakan diri untuk mengambang. Cara renang yang satu ini tidak sulit. Cukup ambil nafas dalam, kemudian angkat kedua kaki, sambil tubuh bersandar ke belakang, tepatnya ke atas permukaan air.

Dalam teknik renang dasar ini, tubuh harus rileks, dan tidak tegang. Dengan demikian, maka tubuh akan mengambang dengan sendirinya. Hal ini ada kaitannya dengan rasa percaya diri, kontrol diri, dan relaksasi otot dalam tubuh.

Tentu saja teknik yang satu ini, jarang berhasil hanya dalam 1 kali percobaan saja. Itu sebabnya, Anda harus rajin berlatih, hingga akhirnya mampu mengambang selama minimal 15 atau bahkan 30 detik. Sebaiknya latihan, tanpa harus berpegangan di pinggir kolam renang.

Jika sudah bisa mengambang dengan posisi terlentang, maka berikutnya coba untuk mengambang dengan posisi telungkup. Jika sudah bisa, maka mulai melakukan tendangan di dalam air. Tendangan atau gerakan kaki untuk berenang ini tentu saja berbeda. Kali ini Anda dapat melatih gerakan kaki di pinggir kolam, dengan pinggir kolam sebagai alat bantunya.

Cara belajar ke-4, menggunakan alat bantu

Ketika mulai berlatih renang, Anda juga dapat menggunakan alat bantu. Alat bantu yang dimaksud pada cara berenang kali ini adalah kickboard, atau papan pelampung, atau sering disebut juga dengan Styrofoam Noodle. Bentuknya panjang dengan lengkung di bagian depan. Selain menggunakan pelampung dengan jenis tersebut, Anda juga dapat menggunakan pelampung lengan, atau juga pelampung di bagian pinggang.

Atur posisi pelampung di bagian depan, dengan tubuh dan kaki tegang kurus dengan air kolam. Cara berenang berikutnya adalah dorong tubuh Anda, menjauh dari dinding kolam. Caranya adalah dengan menjejakkan kaki di pinggir tembok kolam renang. Lakukan gerakan kaki secara berselang seling sambil menengok ke kanan atau ke kiri, untuk mengambil nafas.

Cara belajar ke-5, belajar menggerakkan tangan

Jika sebelum nya, Anda akan melakukan gerakan kaki, maka kali ini kombinasikan menggunakan gerakan tangan. Cara berenang yang satu ini akan menggunakan kekuatan tangan. Yang artinya, Anda harus belajar untuk belajar tidak menggunakan alat bantu lagi.

Lakukan gerakan seperti mendayung, dan putar tangan ke arah depan. Lakukan gerakan tersebut secara selang-seling antara tangan kanan dan tangan kiri.

Teknik yang disebutkan di atas sebagai teknik atau cara berenang para pemula, sebaiknya dilakukan secara rutin, hingga tubuh Anda mulai terbiasa dengan kondisi dan gerakan yang ada.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *