Pelampung Renang: 4 Tipe Pelampung Yang Cocok Untuk Berenang

Pelampung Renang
Pelampung Renang

Si kecil suka berenang atau ingin memperkenalkan kolam renang pada sang buah hati. Sebaiknya Anda tidak perlu bingung, dan khawatir. Karena buah hati tetap dapat berenang dengan bebas, dengan bantuan beberapa alat pelampung renang.

Dibanding dahulu saat ini desain penampung untuk anak terbilang cukup beragam, baik dari segi desain, hingga untuk siapa pelampung tersebut akan digunakan. Ulasan kali ini akan membahas tentang jenis-jenis pelampung anak dan Anda dapat memilih salah satu koleksi yang pas dan sesuai usia anak itu sendiri.

Bacaan Lainnya

4 Pelampung Renang Jenis Pelampung Renang Yang Tepat Untuk Anak

Pelampung Renang Tipe Neck Ring

Jika Anda pernah mengunjungi baby spa. Tentunya Anda pernah melihat sesi renang yang biasanya dilakukan sebelum sesi pijat dilakukan. Kali ini sang anak akan diperkenalkan dengan kolam renang hanya dengan ukuran kecil. Bayi atau anak yang akan melakukan sesi renang akan menggunakan pelampung renang dari jenis Neck Ring atau pelampung leher.

Selain disebut dengan Neck Ring, pelampung yang satu ini juga kerap disebut dengan Starter Ring. Bentuknya bulat atau lingkaran, dengan ukuran diameter yang pas untuk leher sang buah hati Anda. Untuk masuk dan menggunakan pelampung tersebut, terdapat celah di bagian tertentu yang membuat kepala bayi mudah sekali masuk.

Cara menggunakanya di leher dan dilengkapi dengan safety belt. Jika semua alat sudah terpasang dengan baik, maka bayi dapat mulai berenang. Pelampung ini pas digunakan untuk anak dari usia 1 bulan, hingga 6 bulan.

Pelampung Renang Tipe Swim Seat

Berikutnya ada tipe Swim Seat yang dapat digunakan untuk anak dengan usia 6 hingga 12 bulan. Dimana desain untuk pelampung renang yang satu ini, cukup unik. Dimana anak-anak akan duduk di atas pelampung, dan terdapat 2 buah lubang, untuk mengeluarkan kaki di dalam kolam renang.

Ini adalah salah satu jenis pelampung yang cukup populer, dengan desain yang juga beragam, ada yang berbentuk mobil, flamingo, dan yang lainnya.

Pelampung yang satu ini hanya dapat digunakan pada kolam renang dengan air yang tenang. Buka digunakan untuk berenang di pinggir pantai. Selain itu, kekurangan dari pelampung ini, membuat anak tidak leluasa ketika bergerak, dan membuat anak sedikit sulit dikeluarkan ketika pelampung terbalik.

Sebenarnya pelampung yang satu ini juga sudah mempunyai pengaman. Tepatnya di bagian depan, ada baiknya jika Anda mengarahkan sang anak untuk memegang pegangan yang ada di bagian depan, agar anak-anak jadi seimbang.

Tipe Body Ring

Berikutnya adalah tipe Body Ring, dimana alat pelampung yang satu ini, pas jika digunakan untuk anak dengan usia 1 hingga 2 tahun. Pelampung renang ini bentuknya lingkaran, tapi ada juga yang bentuknya U, karena salah satu sisinya ada yang terbuka. Berbeda dengan jenis pelampung lainnya, kali ini ukuran diameter nya cukup kecil, dan hanya pas digunakan di bagian dada anak. Tujuannya tidak lain untuk menjaga tubuh anak dengan baik, ketika berada di dalam air, dan tidak mudah tenggelam.

Sedikit tips ketika Anda ingin membeli  desain pelampung yang satu ini adalah, ukur, lingkar dada anak anda, kemudian beri lebih 5 cm, pada lingkar dada tersebut. Agar ketika digunakan, anak tidak akan merasa sesak nafas.

Ketika digunakan, pastikan safety belt tidak mudah lepas ketika digunakan. Guna mengurangi resiko anak jatuh dan merosot ke dalam kolam renang.

Tipe Swim Ring

Yang terakhir adalah tipe Swim Ring, ini adalah salah satu pelampung renang, yang umum digunakan. Desain dan bahan yang digunakan cukup beragam, mulai dari ban dalam, hingga jenis bahan lainnya. Desain pelampung anak yang satu ini, pas jika digunakan pada usia 3 tahun ke atas.

Tipe Swim Ring ini adalah jenis pelampung renang, yang apa untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Swim Ring atau kerap disebut dengan Armbands, adalah desain pelampung yang dipasang di kedua lengan anak. Jenis pelampung yang satu ini pas, jika diberikan pada anak yang sedang belajar cara berenang. Menggunakan pelampung yang satu ini, membuat anak-anak jadi lebih bebas bergerak dan berenang.

Ketika menggunakan pelampung tersebut, pastikan posisi pelampung tepat, di bagian lengan, dan mendekat bahu. Jika posisinya terlalu rendah. Maka wajah anak akan mudah tenggelam di bawah permukaan air. Apabila sudah dipasang, berikutnya, tips pelampung hingga ukurannya sesuai dengan lingkar lengan anak. Sedangkan jika jika tidak ketat, maka pelampung akan mudah merosot, ketika digunakan.

Ketika Anda akan memilih tipe pelampung yang satu ini, sebaiknya cek kembali ukuran diameter lubang pelampung yang akan dibeli. Pastikan ukurannya pas, agar ketika digunakan anak tidak merasa sesak, atau bahkan terlalu besar, yang membuat anak mudah merosot ke dalam air.

Selain beberapa alasan yang disebutkan di atas, ada juga jenis pelampung renang anak yang juga sering digunakan, yaitu jaket pelampung. Biasanya jaket yang satu ini dapat digunakan untuk aktivitas outdoor, bagi anak dengan usia 1 tahun ke atas. Ketika membeli jaket pelampung tersebut sebaiknya pilih yang ukurannya pas di tubuh anak dan sabuk pengamannya pas, agar ketika digunakan, tidak mudah lepas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *