Persatuan Renang Dunia: Sejarah, Fungsi Dan 2 Agenda FINA

Persatuan Renang Dunia
Persatuan Renang Dunia

Persatuan Renang Dunia adalah suatu organisasi yang menaungi olahraga renang di seluruh penjuru dunia. Sebagaimana yang terdapat di berbagai cabang olahraga yang lainnya, maka cabang olahraga renang juga mempunyai induk organisasinya, yakni persatuan renang dunia. Nama induk olahraga Persatuan Renang Dunia disebut juga  Federation Internationale de Natation atau disingkat sebagai FINA.

Apa Definisi Renang ?

Renang adalah salah satu cabang olahraga yang mempergunakan kekuatan dan kecepatan gerakan tangan serta kaki di dalam permukaan air, guna mencapai suatu jarak tertentu di air. Sehingga, oleh karenanya renang jadi dikategorikan sebagai suatu salah satu olahraga akuatik.

Bacaan Lainnya

Sejarah Persatuan Renang Dunia FINA

Sebenarnya, Sejarah Renang telah dikenal oleh manusia sejak lama yakni sebagai suatu cara untuk menyeberangi suatu sungai atau perairan guna menempuh perjalanan lewat air selain berjalan menyusuri daratan. Kemudian di tahun 1896, maka renang pun mulai berkembang menjadi salah satu cabang olahraga dan mulai masuk ke dalam suatu ajang perlombaan yang diselenggarakan di Olimpiade Athena.

Sejarah Persatuan Renang Dunia FINA
Sejarah Persatuan Renang Dunia FINA (fina.org)

Pada tahap awal di ajang kompetisi renang maka hanya diselenggarakan suatu tanding olah raga renang dengan menggunakan gaya dada atau yang sering disebut juga sebagai breastroke swim style. Lalu seiring dengan berjalannya waktu, maka di tahun 1902, Richmond Cavill yang asalnya dari Australia mulai merintis dan memperkenalkan renang dengan suatu gaya atau teknik baru.

Model gaya renang yang baru itu disebut sebagai gaya renang bebas dan lalu mulai dipertandingkan juga di berbagai ajang kompetisi yang ada sejak saat itu. Sesudah peristiwa tersebut maka lantas mulai banyak bermunculan dan  berkembang aneka jenis berbagai gaya serta nomor perlombaan, yakni antara lain ada lomba gaya bebas 100 meter juga gaya bebas estafet 4 meter x 100 meter dan lain sebagainya.

Pembentukan FINA (Federation Internationale de Natation)

Persatuan Renang Dunia atau FINA dibentuk pada tahun 1908 di kota London, Inggris. Terdapat delapan federasi nasional cabang olahraga renang yang bertanggung jawab dalam pembentukan FINA waktu itu, yakni ada Belgia, dan Denmark, serta Finlandia, dan Prancis, juga Jerman, serta Inggris Raya, dan Hungaria, serta Swedia.

Federasi Renang Internasional atau Fédération Internationale de Natation, yang disingkat sebagai FINA ini merupakan induk organisasi internasional olahraga renang yang resmi dan didukung oleh 197 anggota pada sekarang ini. Organisasi tersebut juga yang diakui secara resmi oleh Komite Olimpiade Internasional  atau IOC.

Selain sebagai organisasi induk untuk cabang olahraga renang, maka FINA juga merupakan induk organisasi internasional untuk cabang olahraga polo air, dan selam, serta renang indah, dan juga renang perairan terbuka. Keputusan dan syarat mengenai ukuran minimal suatu kolam renang tanding juga ditetapkan serta diatur oleh FIFA berikut dengan ketentuan dan aturan pertandingannya.

Alamat Kantor FINA

Organisasi Persatuan Renang Dunia (FINA) ini bermarkas di kota Lausanne, Swiss. Induk organisasi olahraga renang, dan renang perairan terbuka, serta selam, dan polo air, juga renang indah pada setiap negara dan teritorinya bisa menjadi anggota FINA.

Organisasi FINA secara tepatnya didirikan pada tanggal 19 Juli 1908 di Hotel Manchester, kota London bertepatan dengan berakhirnya pelaksanaan Olimpiade London yang diselenggarakan di tahun 1908. Pendirinya FiFA ialah induk organisasi renang dari negara Belgia, dan Britania Raya, juga Denmark, serta Finlandia, dan Prancis, juga Jerman, Hongaria, serta Swedia. Sedangkan kini FIFA telah berkembang menjadi 197 negara anggota.

Rencana Dan Agenda FINA

Anggota FINA secara rutin dan berkala mengadakan pertemuan dalam suatu agenda pertemuan reguler yang disebut sebagai Kongres. Kongres FINA. Kongres FINA ini terdiri dari dua jenis Kongres, yakni Kongres Umum serta Kongres Teknis. Kongres Umum atau yang disebut juga sebagai General Congress memiliki wewenang untuk memutuskan segala persoalan yang ada di dalam FINA. Lalu Kongres Teknis atau yang disebut juga sebagai Technical Congress adalah yang berhak untuk memutuskan segala permasalahan teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan suatu kejuaraan renang.

Keputusan yang telah diambil oleh Kongres Teknis dapat dibatalkan oleh Kongres Umum, karena kedudukannya yang lebih tinggi. Biro FINA dengan jumlah anggota sebanyak 22 orang dewan perwakilan bersidang guna memilih pejabat Eksekutif. Lalu selain itu, maka FINA juga mempunyai berbagai komite serta komisi. Dalam hal ini ialah ada Komisi Teknis Renang, dan Panel Anti Doping, serta Komisi Kedokteran Olahraga

Induk Olahraga Renang di Indonesia PRSI

Jika induk olahraga renang dunia itu adalah FINA, maka induk organisasi renang Nasional adalah PRSI. Singkatan PRSI adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia. PRSI tersebut mulai terbentuk pada tanggal 21 Maret 1951.

Olahraga renang sangat bagus bagi kesehatan dan mampu pula membentuk dan memperbaiki postur tubuh manusia sehingga bisa lebih baik dan lebih tegak dan tegak juga lebih bugar. Demikian ulasan singkat mengenai Persatuan Renang Dunia. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang mencintai olahraga air yang satu ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *