Ukuran Kolam Renang: Standar Ukuran Dan Tipe Kolam Renang

Ukuran Kolam Renang
Ukuran Kolam Renang

Terdapat beragam ukuran kolam renang yang bervariasi yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum mulai membangun suatu kolam. Keputusan mengenai hal ini berdampak sangat besar karena akan mempengaruhi jumlah material yang diperlukan untuk membangunnya juga dengan jumlah tenaga kerjanya, serta biayanya juga baik itu biaya pembangunannya maupun biaya perawatannya kelak setelah kolam renang tersebut jadi.

Ukuran kolam juga mempengaruhi tingkat kenyamanan dan kepuasan serta keamanan pada saat berenang. Sehingga perlu disesuaikan dengan berbagai kondisi, kebutuhan atau tujuan pembuatannya serta berbagai faktor lainnya.

Bacaan Lainnya

Aneka Standar Ukuran Kolam Renang

Standar Ukuran kolam secara standar terdiri sebagai berikut.

Ukuran Kolam Renang SNI (Standar Nasional Indonesia)

Ukuran SNI harus dipenuhi dalam pembuatan suatu kolam renang yang pembuatannya dimaksudkan untuk digunakan dalam suatu ajang kompetisi. Persyaratannya ialah antara lain sebagai berikut.

  1. Ukuran panjang kolam renang minimal ialah 50 meter.
  2. Ukuran lebar kolam renang minimal ialah 25 meter.
  3. Ukuran tingkat kedalaman kolam renang minimal ialah 1,35 meter sampai 2 meter
  4. Ukuran jarak lintasan kolam renang minimal ialah 2,5 meter per lintasannya
  5. Ukuran Suhu temperatur sekitar 25 derajat Celcius hingga 28 derajat Celcius, dengan maksud agar atlet perenang yang akan bertanding merasa nyaman.
  6. Bentuknya juga harus standar empat persegi panjang.

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

Sedangkan untuk ukuran kolam standar internasional maka tidak akan banyak tingkat perbedaannya dengan ukuran kolam SNI yang juga difungsikan guna ajang lomba atau kompetisi. Perbedaan tersebut ialah pada tingkat kedalaman minimal idealnya.

Bagi kolam renang berstandar internasional maka tingkat kedalamannya ialah minimal 1,35 meter pada lintasan awal nya sampai mencapai hingga 3 meter. Lalu ada juga persyaratan standar pencahayaan sinar lampu dalam air yang diperlukan, yaitu pada kisaran 1500 lumen. Kemudian bentuk standarnya juga empat persegi panjang atau segi empat sama sisi.

Ukuran Kolam Renang Umum

Kolam renang umum yang pembangunannya lebih ditujukan untuk keperluan rekreasi atau bersenang-senang maka bentuknya bisa lebih bebas dan juga dengan ukurannya. Namun tetap saja ada ukuran standar minimal yang harus dipenuhi agar para pengguna kolam tersebut bisa merasa nyaman dan aman pada saat menggunakannya untuk berenang.

Standar ukuran kolam umum ini tidak mengacu pada standar internasional ataupun standar nasional juga  meski kadang bisa juga dijadikan sebagai tempat latihan. Secara rata-rata maka ukuran kolam umum yang sering disebut sebagai kolam renang Semi Olympic itu ialah memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  1. Ukuran panjang kolam minimal ialah 25 meter.
  2. Sedangkan Ukuran lebar kolam renang minimal ialah 12,5 meter.
  3. Ukuran tingkat kedalaman kolam renang minimal ialah 1,35 meter sampai 1,6 meter.

Termasuk ke dalam golongan ini ialah kolam renang yang dibangun di berbagai hotel dan tempat destinasi wisata serta berbagai wahana rekreasi.

Ukuran Kolam Renang Rumahan

Lalu ada juga yang namanya kolam renang rumahan atau private pool, yakni suatu kolam renang pribadi yang di bangun di suatu hunian rumah atau apartemen. Kolam renang pribadi bisa bebas bentuk maupun ukurannya sesuai dengan selera sang pemilik rumah.

Namun haruslah dibuat dengan mempertimbangkan unsur keamanan dan juga kenyamanan selain selera dan juga perlu memperhatikan juga perimbangannya dengan total luas lahannya. Meski tak ada ukuran baku namun terdapat ukuran tingkat kedalamannya, yakni mulai dari kolam dangkal dengan tingkat kedalaman yang dapat dipilih, mulai dari ukuran kolam yang paling dangkal yakni 80 cm, atau 100 cm, atau 125 cm, hingga 140 cm dan seterusnya, sesuai selera dan peruntukannya serta penggunanya.

Tipe Kolam Renang

Selain ukuran kolam renangnya maka ada juga penggolongan dan pertimbangan mengenai tipe kolam renangnya, sebagai berikut.

Kolam Renang Indoor atau Dalam Ruangan

Tipe kolam renang indoor atau kolam renang dalam ruangan, ialah kolam renang beratap yang dibangun di dalam suatu ruangan lengkap dengan tembok dan pintu juga jendelanya jika perlu. Para pengguna kolam renang ini bisa menggunakan cara berenang apa saja dan kapan saja tidak akan terpengaruhi dengan kondisi cuaca di luar ruangan.

Kolam indoor bisa dibuat secara ground dibangun di lantai dasar atau bahkan di basement atau juga bisa dibangun secara Highrise di dalam suatu gedung yang bertingkat dengan ukuran kolam renangnya yang fleksibel bisa disesuaikan dengan luas ruangan yang ada. Meski biaya pembuatan kolam renang indoor ini lebih mahal namun biaya perawatannya justru bisa lebih murah jika dibandingkan dengan pada kolam renang outdoor.

Kolam Renang Outdoor di Luar Ruangan

Tipe kolam renang outdoor atau kolam renang di luar ruangan lebih umum dan sering serta dengan mudah bisa dijumpai di berbagai lokasi. Dalam hal ini juga termasuk dengan kolam renang berukuran SNI atau kolam renang standar Internasional yang kerap kali dijadikan sebagai tempat ajang tanding lomba olahraga tingkat nasional maupun internasional, yang kebanyakan masih berupa kolam renang tipe outdoor dan jarang yang merupakan tipe kolam renang indoor

Kolam Renang Semi Outdoor

Selain itu ada juga kolam renang Tipe kolam renang semi outdoor, yakni yang sebagian kolam renangnya berada di area terbuka, dengan atap yang menyatu dengan bangunannya.

Pada lahan yang sempit sekalipun dengan teknologi terkini maka tetap bisa dibuat suatu kolam renang seperti kolam renang tingkat yang dibangun di level atas suatu bangunan dan lain sebagainya guna menyiasati luas lahan yang terbatas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *