Renang Gaya Dada: Teknik Dan Tips Renang Agar Tidak Tenggelam

Renang Gaya Dada
Renang Gaya Dada

Banyak orang tentu ingin belajar renang gaya dada. Tapi kebanyakan pemula takut tidak bisa melakukan hal ini dengan cepat. Memang cara berenang ini perlu waktu latihan. Namun saat proses latihan harus makan waktu beberapa bulan, tentu banyak orang jadi takut.

Sebenarnya gaya dada adalah yang paling simpel dipelajari. Selain karena lebih fokus pada gerakan simpel, pace gaya renang ini tidak terlalu cepat. Anda bisa bandingkan kecepatan orang menggunakan renang gaya bebas dan gaya dada, pasti pace-nya, lebih eratic pakai gaya bebas.

Bacaan Lainnya

Tips Belajar Renang Gaya Dada Agar Cepat Bisa

Bagi Anda yang ingin kuasai teknik renang ini dengan cepat, pastikan coba tips – tips berikut ini. Informasi gerakan dada bisa Anda ketahui dengan tutorial dan belajar otodidak, tapi untuk bisa cepat bisa, pastikan baca tips berikut:

Belajar Renang Gaya Dada Kepada Instruktur

Gaya renang ini memang simpel dan bisa dipelajari secara otodidak. Tapi agar lebih cepat bisa, Anda harus menggunakan jasa instruktur. Layanan pelatih renang ini selalu tersedia di banyak kolam renang umum di tiap kota. Jadi Anda tidak perlu takut kesulitan cari.

Instruktur bisa melakukan koreksi dan beri arahan secara spesifik untuk Anda. Berbeda dengan belajar dari tutorial internet yang terlalu umum. Contoh saja Anda memiliki bentuk tubuh yang gemuk. Untuk Anda beberapa gerakan mungkin lebih sulit dilakukan. Tapi jika ada instruktur, mereka bisa beri arahan langsung sesuai dengan kondisi Anda tersebut.

Luangkan Waktu Minimal 4 sampai 5 Jam Seminggu Latihan

Jika ingin cepat kuasai renang gaya dada, pastikan sering – sering latihan. Jika punya waktu, Anda harus pastikan latihan 30 menit renang gaya ini setiap harinya. Tapi bagi yang sibuk, Anda minimal harus luangkan waktu 4 sampai 5 jam latihan per minggu.

Latihan berjam – jam ini bisa dijadikan satu pada weekend saja bagi yang sibuk kerja. Misal 2 jam di hari Sabtu dan 2 jam di hari Minggu. Tapi Anda yang lebih luang bisa bagi lebih bebas. Contoh latih 1 jam tiap hari mulai hari Senin sampai Kamis dan selebihnya istirahat.

Semakin sering Anda latihan tiap harinya, makin mudah juga tubuh mengingat gerakan. Muscle memory akan bantu Anda lebih cepat kuasai teknik renang ini. Selama tubuh mengingat, pikiran Anda cukup koreksi tubuh agar gerakan renang bisa benar.

Belajar Bersama Teman

Jika belajar renang, ada baiknya bersama teman. Belajar renang sendiri dengan instruktur terasa restriktif. Tapi jika dengan teman, Anda bisa latihan sambil having fun. Anda juga bisa gunakan referensi teman Anda untuk contoh gerakan jika lakukan kesalahan. Atau, anda juga bisa mencari Kliping Renang juga materi renang untuk dipelajari bersama.

Bersama – sama berlatih dengan teman juga bisa bagus untuk mental. Saat berlatih sendiri, tentu tidak ada rasa malu. Tapi saat teman Anda bisa lebih jago menyerap ilmu renang gaya bebas, Anda tentu lebih termotivasi. Hal ini baik untuk menjaga semangat latihan tetap tinggi.

Belajar Setiap Set Gerakan Secara Terpisah

Jika merasa bingung praktek gerakan gaya dada, Anda bisa coba pilah gerakannya menjadi set. Pertama adalah set kaki. Coba pegang pinggir kolam renang dan gerakan kaki secara benar. Anda tidak perlu fokus ke area badan lain dan hanya kaki saja.

Selanjutnya untuk tangan, Anda harus gerakan dengan badan juga. Cukup berdiri di kolam yang tidak terlalu dalam, lalu condongkan tubuh dan lakukan gerakan badan dan tangan saja. Sambil posisi kaki menapak di dasar kolam, gerakan ini bisa lebih menjadi fokus.

Melakukan hal ini jauh lebih simpel daripada mencoba semua gerakan sekaligus. Mengenal gerakan, jauh lebih baik daripada nekad coba berenang dengan gaya dada langsung. Jika sudah terasa nyaman mengulang gerakan per set, barulah Anda coba gerakan secara bersamaan.

Pastikan Lebih Fokus Pada Postur

Saat belajar gaya renang ini, Anda harus fokus pada postur. Sebelumnya, Anda sudah belajar set gerakan kaki, tangan, badan dan kepala secara terpisah. Pada tahapan berikutnya, coba fokus lakukan semua itu bersamaan dengan fokus.

Tidak perlu terlalu panik dan jaga pace seragam saat melakukan gerakan. Kebanyakan pemula yang baru belajar mudah panik saat belajar langsung di air. Terkadang mereka tenggelam ke bawah karena dorongan gerakan tidak selaras. Coba fokus postur dan mencoba di kolam yang tidak dalam. Selama lebih fokus postur, gerakan yang selaras bisa dicapai.

Sekian bahasan tentang tips – tips belajar renang gaya dada. Mudah – mudahan bahasan tips di atas mampu bantu Anda cepat bisa menguasai hal ini. Perlu diperhatikan juga bahwa jika bisa kuasai gaya dada, Anda akan lebih mudah belajar gaya lainnya.

Gaya dada memiliki konsep gerakan yang mirip dengan renang gaya bebas dan renang gaya kupu–kupu. Jadi semakin cepat Anda kuasai gaya dada, makin cepat Anda bisa kuasai gaya yang lain juga! Terima kasih sudah baca artikel ini dan selamat coba tips – tipsnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *