Renang Gaya Bebas: Manfaat, Tips, Dan Teknik Gaya Bebas

Renang Gaya Bebas
Renang Gaya Bebas

Banyak orang yang melihat kompetisi renang tingkat atas pasti tertarik nonton renang gaya bebas. Hal karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dan juga gerakannya simpel. Dibandingkan gerakan renang gaya dada atau renang gaya kupu–kupu, gaya ini terlihat paling mudah dicontoh.

Apakah Sulit Bagi Pemula Belajar Renang Gaya Bebas?

Bagi Anda yang pemula baru belajar berenang, gaya bebas adalah yang pertama harus dikuasai. Gaya ini simpel dan tentunya memiliki dasar – dasar yang harus dipelajari. Dalam setiap elemen dasar gaya bebas, Anda akan diajarkan cara gerakan di atas air dan juga pernapasan.

Bacaan Lainnya

Apakah tertarik pelajari ini? Jika iya, mari bahas tentang apa itu gaya bebas, manfaatnya dan juga tips untuk mempelajarinya. Berikut adalah bahasannya!

Apa Itu Gaya Renang Bebas?

Gaya renang bebas adalah gerakan sederhana untuk berenang. Beragam gerakan ini terdiri dari gerakan tangan memutar dan mendayung air, sedangkan kaki menendang – nendang untuk mendorong tubuh maju. Gerakan tangan ke atas akan diikuti tubuh yang memutar, sedangkan gerakan tubuh akan mendorong kaki menenang lebih keras.

Gerakan ini cukup simpel dan mudah dicontoh. Tapi detail gerakan tentu lebih kompleks. Para pemula biasanya cukup meniru gerakan dan menggunakan kontrol agar bisa lebih stabil berenang. Gaya ini populer karena memang terasa bebas ditiru dan digunakan saat berenang.

Manfaat Belajar Gaya Renang Bebas

Jika belajar gaya bebas dengan baik, Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Pertama adalah membiasakan tubuh bergerak di air. Banyak orang belajar gaya ini karena mudah dipelajari untuk pertama kali berenang.

Selain itu, gerakan gaya bebas menggunakan semua bagian tubuh. Jika dilakukan rutin 30 menit per hari, Anda akan rasakan perbedaannya. Beberapa otot yang tidak banyak digunakan akan mulai terbentuk. Orang yang sering berenang akan memiliki bentuk tubuh yang lebih baik daripada orang yang sekedar angkat beban saja.

Berenang gaya bebas juga membantu pernapasan dan jantung. Bagi Anda yang memiliki tampungan paru – paru kecil, belajar gaya renang bebas bisa membantu melatih pernapasan. Selain itu, pernapasan dan olahraga air, relatif baik untuk kardio melatih jantung.

Tips Belajar Renang Gaya Bebas

Ingin mudah belajar renang gaya bebas? Cukup ikuti tips – tips berikut ini:

Selalu Perhatikan Posisi Tubuh dan Kepala

Saat berenang, pastikan posisi tubuh dan kepala selalu lurus. Jika posisi kepala terlalu tinggi, tubuh akan miring ke atas dan daya dorong tidak seratus persen ke belakang. Gaya dorong yang tidak lurus terbuang percuma dan hanya memperbesar halangan tekanan air untuk bergerak maju.

Kontrol Teknik Gerakan Tangan

Luruskan kedua tangan dengan jarak sekitar 40 centimeter dari kepala. Pastikan membuat tangan seakan – akan sebagai gayung dan tarik air ke belakang tubuh. Jangan pukul air terlalu keras, tapi buat gerakan lembut seperti mendayung.

Gerakan tangan ini krusial dipelajari baik. Menggunakan gerakan tangan yang baik bisa membuat transfer gaya dorong lebih mudah bagi kaki. Selain itu, Anda bisa buat celah ambil nafas saat posisi tubuh memutar dengan gerakan tangan ini.

Pace dan Gerakan Kaki

Gerakan kaki akan menentukan pace renang Anda. Jangan samakan gerakan kaki renang gaya bebas dengan sekedar menendang biasa. Pastikan gerakan kaki bersamaan dengan tangan. Selain itu, Anda harus pastikan memakai otot yang benar. Jika pace benar tapi tidak gunakan otot tepat, power yang mendorong tubuh tentu tidak maksimal.

Untuk gerakan kaki yang baik, pakailah otot pinggang dan paha. Selain itu pastikan luruskan ujung kaki saat mengentak air. Pastikan juga ikuti irama tubuh agar flowing. Saat gerakan pundak memutar, pastikan gerakan tubuh mengikuti dan diakhiri dengan tendangan dari kaki juga. Hal ini akan lebih efektif dalam transfer energy dorong dari tangan ke kaki.

Selalu Perhatikan Teknik Pernapasan

Pastikan Anda belajar juga soal teknik pernapasan. Dalam gaya renang ini, Anda akan merasa posisi kepala terangkat ke atas saat tubuh timpang ke satu arah karena gerakan tangan. Saat hal ini terjadi, pastikan angkat kepala sedikit lalu menoleh ke arah tangan yang bergerak terakhir Anda tinggal tarik nafas. Setelah dapat udara baru, hembuskan udara saat kepala di dalam air.

Proses ini akan berulang terus sambil Anda bergerak. Walaupun kondisi muka basah, jangan takut ambil nafas. Mengambil nafas bisa gunakan mulut untung hindari air di dalam hidung. Jika tempo gerakan dan proses nafas ini berjalan otomatis, Anda artinya sudah lebih menguasai gaya bebas ini.

Pastikan saat belajar teknik bernafas ini, postur Anda tidak kacau. Terkadang para pemula banyak yang terlalu fokus ambil nafas hingga posisi badan tidak stabil. Jika tidak stabil, Anda akan mudah kehilangan kontrol dan gagal bergerak maju dengan baik.

Sekian bahasan tentang renang gaya bebas bagi para pemula yang ingin belajar. Mudah – mudahan bahasan di atas bisa membantu Anda sekalian. Terima kasih sudah baca artikel tentang renang ini. Semoga sukses dalam belajar gaya renang ini!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *