Renang Gaya Katak: Sejarah, Manfaat, dan Teknik Dasar Gaya Katak

renang gaya katak
renang gaya katak

Apa itu Renang Gaya Katak?

Renang gaya katak adalah salah satu gaya yang paling umum dan populer. Tua-muda, laki-laki-perempuan. Bagaimana tidak, renang gaya katak, yang bisa disebut juga gaya dada,  adalah salah satu gaya berenang yang paling mudah diajarkan oleh pelatih dan dipraktikkan oleh hampir semua kalangan, selain gaya bebas.

Bedanya dengan renang gaya bebas, dalam posisi renang gaya katak ini, gerakannya kurang lebih hanya menirukan gaya katak berenang dengan tubuh dalam keadaan lurus dan tetap dalam air.

Bacaan Lainnya

Sejarah Singkat Renang Gaya Katak

Mengutip dari Wikipedia, sejarah renang gaya katak ini sudah ada sejak Zaman Batu seperti digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang, dekat Wadi Sora. Kemudian terbit buku berisi cara belajar renang gaya dada oleh seorang profesor bernama Nicolas Wynman pada tahun 1538, diikuti buku tentang berenang gaya dada yang sesuai pakem yang ada sekarang ini oleh Melchisedech Thevenot.

Kejuaraan renang dimulai pertama kali di Eropa kira-kira tahun 1800 di London, dan berlanjut hingga kini.

Beragam Manfaat Renang Gaya Katak

Melakukan renang gaya katak hampir sama dengan renang gaya lainnya. Simak sebagian manfaat berenang berikut ini :

Kesehatan Jantung

Mungkin Anda sudah tahu bahwa penyakit yang berkaitan dengan jantung adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, bahkan yang tidak punya riwayat atau keturunan keluarga yang memiliki penyakit jantung. Ironisnya lagi, penyakit ini tidak lagi hanya menyerang mereka yang berusia renta. Pula, penyakit ini bisa menyerang secara tiba-tiba di mana saja dan kapan saja tanpa diketahui penyebabnya.

Anda bisa memperkecil risiko ini salah satunya dengan berolahraga. Jika Anda tipikal yang malas berkeringat, Anda bisa sekaligus menyegarkan tubuh Anda dengan berenang.

Baik Untuk Penderita Asma

Teknik berenang, termasuk renang gaya katak yang dilakukan secara benar dapat melancarkan sirkulasi darah yang berguna untuk menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke paru-paru

Menurunkan Berat Badan

Tingkatkan kepercayaan diri Anda dengan perut yang lebih “tertata” karena kalori yang terbakar. Anda bisa terapkan gaya renang ini selama kurang lebih 1 jam. Tapi pastikan, setelah berenang, Anda tidak langsung mengudap donat gula, atau minuman dengan kadar gula tinggi favorit Anda manis yang tersedia di kantin di dekat pusat kebugaran Anda, ya.

Meningkatkan Massa Otot

Buat Anda yang sudah memiliki tubuh ideal dan ingin menjaga berat badan, namun belum berhasil membentuk otot, berenang salah satu solusinya. Hal ini dikarenakan saat berenang, termasuk renang gaya katak, memaksa Anda untuk menggerakkan hampir seluruh otot yang ada di tubuh untuk melawan tekanan di dan dari dalam air. Tidak heran otot menjadi lentur dan kuat.

Mengurangi Kadar Stress Dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Otot di tubuh Anda itu “pintar menempatkan diri”. Dalam satu waktu bisa menjadi kuat, namun lain waktu bisa melemaskan otot-otot hingga Anda merasa rileks. Nikmati gaya renang Anda secara perlahan, saat berhenti, Anda bisa merasakan tubuh, jiwa dan suasana hati ringan secara relatif instan.

Agar Kegiatan Berenang Anda Optimal

Agar mendapat manfaat berenang secara optimal, Anda perlu perhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Pastikan Anda memakai pakaian khusus berenang, yakni yang pas melekat di tubuh.
  2. Kandungan klorin di kolam renang bisa jadi cukup tinggi. Anda mungkin perlu Perlengkapan Renang seperti kacamata renang,  dan pelindung telinga untuk menghindari swimmer’s ear atau otitis eksterna atau infeksi saluran telinga luar.
  3. Jika perlu juga, sediakan air minum dari rumah sesuai porsi Anda, berjaga agar tidak muncul keinginan membeli minuman manis.
  4. Pemanasan. Anda tentu ingin menikmati kegiatan Anda tanpa rasa was-was cedera dan kram atau trauma. Hampir semua praktisi kesehatan dan atlet menekankan hal ini.
  5. Pendinginan, agar tidak muncul sensasi panas dan terbakar setelah berolahraga.

Teknik Dasar Renang Gaya Katak yang Perlu Diperhatikan

Sebelum “terjun langsung” dilatih oleh pelatih, Anda bisa simak dahulu teknik dasar renang berikut ini. Jika detail gerakannya berpotensi membuat Anda bingung, berikut analisanya yang sebenarnya bisa disederhanakan selain menjadi beberapa bagian yakni bagian bergerak dan bagian istirahat, juga teknik pernapasan:

  1. Bagian/gerakan menarik. Tariklah kedua telapak tangan Anda secara kuat menuju arah belakang, sejajar dengan bahu. Posisikan juga siku Anda lebih tinggi
  2. Bagian/gerakan istirahat. Setelah Anda posisikan telapak tangan dan kedua siku Anda dengan rapat tepat di bawah dada Anda, kemudian dorong lurus/horizontal kedua tangan Anda ke depan. Pada posisi lurus ke depan inilah yang merupakan bagian/gerakan istirahat untuk lengan Anda.
  3. Ambil napas Anda saat kepala Anda terangkat dan mulut Anda sejajar dengan permukaan air, dan keluarkan napas Anda beriringan dengan saat Anda membuka tangan ke samping.

Mengingat manfaatnya, berenang adalah kegiatan yang sepadan untuk menjaga vitalitas Anda. Jika Anda belum sempat berlatih cara berenang, sekaranglah saatnya hubungi pusat kebugaran Anda, dan dari pelatih yang berkompeten, Anda akan mendapat pelatihan renang gaya katak dan lain sebagainya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *