Cara Bermain Sepak Bola: Tips Dan Tugas Pemain Bola

Cara Bermain Sepak Bola
Cara Bermain Sepak Bola

Bagaimana Cara bermain sepak bola yang benar ?. Mungkin ada sebagian dari Anda yang gemar melihat pertandingan sepak bola tapi bingung bagaimana cara bermainnya. Sepak bola memang menjadi olahraga yang diminati oleh hampir semua kalangan usia. Tidak hanya laki-laki saja tetapi perempuan juga ada yang gemar menyaksikan pertandingan sepakbola. Tidak heran keseruan sepak bola menjadikan penggemarnya berasal dari semua kalangan umur baik laki-laki maupun perempuan.

Saat melihat pertandingan sepak bola secara langsung ataupun di televisi, Anda tentu sering ikut terbawa suasana pertandingan. Terlebih saat nonton bersama dengan teman atau kerabat. Karena serunya pertandingan tak jarang Anda turut berteriak apalagi jika tim kebanggaan berhasil mencetak gol. Seperti yang terlihat, bermain sepak bola sepertinya mudah. Anda dapat melihat dari kesederhanaan cara bermainnya.

Bacaan Lainnya

Meskipun begitu, dibutuhkan fisik dan performa yang prima agar dapat memberikan permainan yang baik. Bagi Anda yang belum terbiasa bermain sepak bola diharapkan terus berlatih sehingga kekuatan fisik juga jadi lebih kuat. Serta Menguasai Teknik Mengontrol Bola. Bagaimana cara bermain sepak bola bagi seorang pemula? Bermain sepak bola sebenarnya cukup mudah. Karena Anda hanya perlu memasukkan bola ke gawang lawan.

Tetapi untuk memasukkan bola ke gawang lawan tidaklah begitu mudah. Anda harus menghadapi lawan serta mengikuti aturan permainan. Dalam setiap permainan sepak bola terdapat tiga posisi yaitu lini depan, lini tengah dan lini belakang. Para pemain yang berada pada posisi lini tersebut mempunyai tugas yang berbeda.

Cara Bermain Sepak Bola Bagi Pemula dan Tugas Dari Setiap Pemain Sepak Bola

Tugas Pemain Bola

Dalam bermain sepak bola tugas dari setiap pemainnya berbeda-beda. Meski setiap pemain berkesempatan mencetak gol. Yang pertama adalah kiper atau penjaga gawang sehingga tugasnya menjaga gawang agar tidak kebobolan. Seorang kiper mempunyai keistimewaan dibanding dengan pemain lainnya. Kiper diperbolehkan menangkap bola dengan menggunakan tangan. Hal tersebut tidak diperbolehkan untuk pemain lainnya.

Selanjutnya ada pemain bertahan atau bek. Seorang bek mempunyai tugas untuk menjaga bola agar tidak masuk ke area pertahanan tim. Selain itu, bek juga berkesempatan untuk mencetak gol terlebih pada skema tendangan pojok.

Yang ketiga adalah pemain tengah atau gelandang. Pemain tengah terbagi menjadi tiga gelandang yaitu gelandang bertahan, gelandang tengah dan gelandang serang. Tugas dari seorang pemain tengah adalah memotong arah aliran bola dari lawan serta mengkreasikan serangan.

Yang keempat adalah pemain depan atau penyerang. Penyerang atau sering disebut dengan striker berperan penting dalam mencetak gol. Seperti contohnya pada formasi 4-3-3 terdapat tiga pemain dengan posisi penyerang. Meskipun ada 3 penyerang tetapi yang berperan sebagai striker hanyalah satu orang. Dua orang lainnya berperan sebagai penyerang sayap baik itu sisi kanan maupun sisi kiri.

Cara Bermain Bola

Sebagai seorang pemula yang mungkin belum memahami permainan sepak bola, mungkin Anda perlu mengetahui peraturan-peraturan yang ada dalam sepak bola.

Jumlah pemain dalam sepak bola terdiri dari 11 orang dengan satu orang berperan sebagai penjaga gawang. Salah satu formasi yang umum digunakan adalah 4-4-2. Maksud dari formasi tersebut adalah ada 4 pemain belakang, 4 pemain gelandang dan 2 pemain striker. Formasi bisa berubah-ubah sesuai dengan permainannya.

Durasi pertandingan adalah 45 menit dengan 15 menit untuk waktu istirahat. Permainan dapat dimulai ketika wasit meniup peluit. Peluit tersebut sebagai pertanda kick off. Sebelum memulai permainan seluruh pemain berkumpul di tengah lapangan. Selanjutnya kapten dari kedua tim melempar koin sebagai penentu pihak pertama yang mulai menendang bola.

Sesudah bola mulai ditendang, pemain dapat menggiring bola menuju ke gawang lawan. Pada saat menggiring bola inilah pemain dituntut dapat menghadapi setiap lawannya dengan kemampuan yang matang. Karena pemain yang sedang menggiring bola tentu akan dihadang oleh lawan. Jika pemain yang menggiring bola merasa kurang mampu maka pemain tersebut dapat mengopernya ke pemain lain dalam satu timnya. Begitu proses permainannya saling mengoper bola jangan sampai bola jatuh di pihak lawan.

Setiap pemain harus berusaha untuk menggiring bola agar sampai di gawang pihak lawan. Meskipun tidak mudah tetapi para pemain harus menyusun strategi agar berhasil mencetak gol. Jika tim berhasil memasukkan bola ke gawang lawan maka semua pemain harus kembali pada formasi awal yaitu di tengah lapangan. Untuk memulai kembali pertandingan, pihak yang berhasil mencetak gol berkesempatan melakukan tendangan awal.

Anda juga harus mengerti Peraturan Sepak Bola sehingga dapat mengurangi terjadinya pelanggaran. Karena dalam pelanggaran yang Anda buat nantinya dapat merugikan tim Anda sendiri. Seperti misalnya mendapat kartu kuning atau kartu merah. Kartu merah akan diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran berat.

Mungkin Anda akan lebih memahaminya jika Anda melihat langsung pertandingan bola atau berlatih langsung dengan tim sepermainan. Begitulah kurang lebih cara bermain sepak bola.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *