Teknik Menahan Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Teknik Menahan Bola
Teknik Menahan Bola

Bagaimana Teknik menahan bola dalam olahraga sepak bola ?. Siapa yang tidak mengenal olahraga sepak bola? Ya, sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup banyak peminatnya di seluruh belahan dunia. Para penikmat dari pertandingan sepak bola juga berasal dari berbagai kalangan baik itu usia muda hingga tua. Karena dapat dinikmati oleh semua kalangan usia maka tak heran jika sepak bola menjadi olahraga yang populer.

Anda mungkin juga termasuk penggemar sepak bola. Tentunya tidak jarang Anda menjumpai orang-orang bermain sepak bola mulai dari anak-anak hingga dewasa di sekitar tempat tinggal. Dalam permainannya, sepak bola menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit. Terdapat dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan juga beberapa pemain cadangan. Dibutuhkan lapangan yang luas untuk bermain sepak bola.

Bacaan Lainnya

Meski terlihat mudah tapi cara bermain sepak bola tidak semudah yang dibayangkan. Perlu adanya susunan strategi antar masing-masing tim guna meraih skor saat mencetak gol. Semakin banyak gol yang dicetak oleh tim maka semakin besar peluang untuk menang. Meskipun begitu, ada sejumlah peraturan yang telah ditentukan dan harus diikuti oleh setiap pemain. Peraturan dapat berubah mengikuti permainan sepak bola secara keseluruhan.

Teknik Dasar Menahan Bola Untuk Pemula

Dalam melakukan teknik menahan bola, anda tidak hanya terfokus dilakukan menggunakan kaki saja. Menahan bola bisa anda lakukan dengan anggota tubuh lainnya selama tidak melanggat aturan. Seperti menggunakan Kepala, Paha, Perut, dan juga Dada.

Menahan Bola Menggunakan Kaki

  1. Diawal gerakan menana bola dengan kaki, anda harus memposisikan diri menghadap ke arah datangnya bola. Fokuskan padangan mata anda ke arah datangnya gerakan bola, kemudian anda dapat memutar pergelangan kaki yang nantinya akan digunakan untuk menahan bola ke arah luar dan kemudian dikunci.
  2. Selanjutnya, anda bisa menjulurkan kaki untuk menahan bola ke arah darimana datangnya bola. Sehingga, pada saat bola mengenai kaki anda bagian dalam, langsung tarik kembali ke arah belakang dan mengikuti pergerakan bola.
  3. Terakhir, pergerakan bola akan tertahan dan berhenti tepat di depan badan. Jangan lupa untuk tetap fokus ke depan dan siaga terhadap gerakan pemain lawan.

Teknik Menahan Bola Menggunakan Dada

  1. Seperti biasa, fokuskan pandangan mata anda ke arah datangnya bola.
  2. Kemudian sedikit condongkan badan anda kebelakang mulai dari lutut sampai kepala.
  3. Lebarkan tangan dengan dibuka ke arah samping. Kembangkan dada anda dengan rileks dan kencang.
  4. Usahakan saat menerima bola, tepat berada di tengah dada anda. Jangan sampai bola jatuh ke arah tulang rusuk, karena akan berbahaya.
  5. Ikuti arah gerakan bola ketika bola tepat anda terima, sehingga bola akan jatuh ke tanah dan bisa anda kontrol sepenuhnya.

Teknik Menahan Bola Menggunakan Perut

  1. Fokuskan pandangan mata ke arah datangnya bola
  2. Posisikan tubuh bagian atas agar dibungkukan ke depan, buka tangan anda sedikit lebar. Sedikit kencangkan otot perut anda untuk menahan benturan bola.
  3. Posisikan juga tuit anda dengan sedikit mengangkat ketika menahan bergulirnya bola.
  4. Setelah menahan bola dengan perut, usahakan bola jatuh ke tanah, bukan ke arah lainnya. Agar anda dapat mengontrol dan memainkan bola secara optimal

Peraturan Dasar Permainan Sepak Bola 

Dalam bermain sepak bola ada beberapa peraturan dasar yang perlu Anda ketahui. Beberapa peraturan dasar tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Laws of The Game yang dibuat oleh International Football Association Board.

Peraturan dasar yang pertama adalah mengenai luas lapangan sepak bola. Lapangan sepak bola haruslah mempunyai bentuk persegi panjang dengan hamparan rumput hijau alami. Selain rumput alami bisa juga menggunakan rumput hijau sintetis yang sudah memenuhi standar. Panjang ukuran sepak bola adalah 90-120 meter serta lebar 45-90 meter. Namun, panjang dan lebar dalam ajang pertandingan internasional berbeda yaitu sekitar 100-110 meter untuk panjangnya dan  64-75 meter untuk lebarnya.

Selanjutnya adalah durasi permainan sepak bola. Durasi waktu dalam sebuah pertandingan sepak bola kurang lebih 90 menit. Ada dua babak dalam waktu 90 menit tersebut sehingga setiap babak masing-masing memiliki durasi 45 menit. Tetapi jika selama durasi waktu tersebut belum ada yang mencetak skor maka akan ada perpanjangan waktu yaitu 2×15 menit. Bahkan di setiap babak ada injury time dimana waktu tersebut merupakan waktu pengganti  jika ada hal-hal yang mengurangi waktu normal.

Berikutnya adalah wasit dan asisten wasit. Peran dari seorang wasit adalah menentukan adanya sebuah pelanggaran atau tidak. Wasit juga berhak menganulir gol serta memberikan peringatan pada pemain dengan mengeluarkan kartu kuning atau merah. Sedangkan asisten wasit bertugas dalam membantu wasit menentukan bola keluar atau pelanggaran yang ada dekat dengan posisinya saat itu. Ada beberapa asisten wasit yang bertugas membantu wasit yaitu 2 asisten sebagai hakim garis dan 2 menjadi ofisial pertandingan.

Teknik Dasar Sepak Bola

Saat bermain sepak bola ada beberapa teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Pastinya teknik yang digunakan berbeda dengan teknik yang digunakan oleh kiper.

Teknik dasar yang pertama adalah menendang bola. Sudah tentu setiap pemain harus menguasai teknik yang satu ini. Teknik menendang bola sendiri terbagi menjadi 3 macam yaitu menendang menggunakan kaki bagian luar, menendang menggunakan kaki bagian dalam dan menendang dengan punggung kaki.

Selanjutnya ada teknik menahan bola. Biasanya menghentikan bola dilakukan sebagai upaya dalam mematahkan gerakan bola. Dengan teknik menahan bola otomatis bola akan berhenti sehingga pemain dapat leluasa menggiring bola ke arah yang diinginkan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam teknik menahan bola yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, telapak kaki, paha kaki, perut dan juga dada.

Ada lagi teknik yang harus dikuasai pemain yaitu teknik menggiring bola. Dengan menggiring bola, gerakan bola dapat dikontrol untuk menuju ke gawang lawan. Saat menggiring bola, pemain akan melakukan tendangan ke arah tertentu namun tetap menguasai bola. Terdapat dua macam tipe menggiring bola yaitu speed dribbling dan closed dribbling.

Teknik selanjutnya adalah merebut bola. Dalam teknik ini pemain harus pandai membaca gerakan lawan. Pemain juga harus jeli menentukan waktu yang tepat untuk merebut bola dari lawan. Terdapat dua tipe teknik merebut bola yaitu intercept dan sliding tackle.

Saat menggunakan teknik intercept, pemain dapat merebut langsung bola yang bergulir dari lawan saat. Sedangkan sliding tackle menjadi teknik yang cukup rawan karena merebut bola dengan menjatuhkan badan dan kaki meluncur ke arah bola yang sedang digiring. Jika kurang berhati-hati menggunakan sliding tackle bisa dianggap sebagai pelanggaran. Oleh karena itu, perlu adanya kejelian dalam menggunakan setiap teknik menahan bola.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *