Tips Dan 4 Teknik Menyundul Bola

Teknik Menyundul Bola
Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola dilakukan pemain untuk menggapai bola yang melayang di udara dengan ketinggian yang tidak bisa dicapai oleh kaki. Selain menggiring bola dengan kaki, sepak bola juga kerap dilakukan dengan teknik menyundul. Dalam permainan sepak bola teknik menyundul kerap kali digunakan. Untuk dapat menguasai teknik ini, pemain bola perlu berlatih dengan keras dan rutin.

Banyak sekali gol yang tercipta secara langsung atau tidak langsung dengan sundulan. Namun, mencetak gol dengan teknik menyundul terbilang sulit untuk dilakukan. Karena, untuk melakukan heading diperlukan akurasi dan timing yang tepat. Maka dari itu, pemain bola wajib mengetahui teknik menyundul bola dengan tepat. Berikut adalah jenis-jenis teknik menyundul bola yang perlu anda pelajari sebagai pemain bola.

Bacaan Lainnya

4 Teknik Menyundul Bola Untuk Pemula

Menggunakan Sikap Berdiri

Jenis teknik yang pertama yaitu menyundul bola menggunakan sikap berdiri. Adapun cara melakukan teknik heading ini yaitu :

  • Usahakan badan tidak bergerak atau berdiri di tempat.
  • Badan dicondongkan sedikit ke arah belakang.
  • Tubuh harus dihadapkan ke arah mana datangnya bola , setelah itu, kedua kaki ditekuk pada bagian belakang dan depan serta menekuk lutut.
  • Pandangan anda harus difokuskan ke arah datangnya bola.
  • Disini anda perlu menggunakan otot perut dengan kuat agar pinggul dapat didorong serta diikuti dengan meluruskan kedua lutut dengan mendorongnya.
  • Selanjutnya, condongkan seluruh badan ke arah depan dan di barengi dengan Gerakan lanjutan agar bola dapat disundul ke arah target dengan sempurna.

Melompat

Aksi melompat sambil menyundul kerap kali dilakukan oleh pemain. Teknik ini dapat dilakukan tanpa awalan atau dengan awalan. Semua tergantung dari kenyamanan dan keinginan pemain. Namun, heading dengan melompat sulit dilakukan ketika kita dikepung oleh lawan ketika sedang menggiring bola. Gerakan ini bisa terjadi karena hal berikut.

  • Gerakan menyundul bola dapat dilakukan ketika posisi tubuh melompat ke atas. Tujuan menyundul dengan teknik ini yaitu mematahkan serangan lawan dengan mudah. Bahkan, cara ini bisa dilakukan ketika berada di area gawang sehingga bola yang dianggap sebagai ancaman dari lawan dapat disingkirkan.
  • Anda juga bisa menyundul bola saat melompat dalam titik tertinggi atau puncak. Teknik ini tidak lain bertujuan untuk mencetak gol pada gawang lawan ataupun mengoper bola ke rekan setim.

Menyundul Bola Dengan Berlari

Teknik menyundul bola selanjutnya adalah menyundul bola dengan berlari. Sebenarnya heading dengan berlari tidak jauh berbeda dengan menyundul bola menggunakan sikap berdiri. Letak perbedaanya terlihat dari gerakan lari menuju arah datangnya bola. Setelah itu, barulah melakukan teknik sundulan bola dengan sikap tubuh dan gaya yang sama dengan teknik heading sikap berdiri. Untuk bisa melakukan teknik menyundul bola dengan berdiri adalah sebagai berikut.

  • Posisikan tubuh dalam keadaan berlari ketika bola datang
  • Fokuskan pandangan dengan bola yang datang
  • Setelah itu, lakukan gerakan menyundul bola

Menyundul Bola Menggunakan Sikap Melayang

Teknik heading dengan sikap melayang biasanya digunakan untuk membuat gol ke gawang lawan. Hasil sundulan bola akan memuaskan bila arah dan sudut sasaran tepat dan sempurna. Tetapi, teknik ini juga dibutuhkan keberanian dari pemain. Karena, pemain akan menjatuhkan tubuhnya ketika setelah menyundul bola. Menyundul bola dengan sikap melayang di anggap sebagai cara ampuh yang sering digunakan dengan tujuan mengecoh lawan main. Karena, ketika bola disundul akan terlempar cukup tinggi dan akan disambut dengan kaki tim lawan.

 Tips Latihan Menyundul Bola

Pada dasarnya teknik menyundul bola tidak mudah untuk dilakukan. Bila terjadi kesalahan bisa menyebabkan cedera atau sakit kepala. Maka diperlukan latihan khusus agar bisa melakukan sundulan dengan baik. Dibawah ini adalah beberapa tips atau cara berlatih menyundul bola yang bisa anda ikuti.

  • Beberapa orang berbaris berbanjar dan kemusian salah satu pemain mengambil posisi berdiri di depan barisan yang jaraknya kurang dari 5-8 meter.
  • Selanjutnya pelatih melemparkan bola ke arah depan atas yang terdapat pada barisan terdepan.
  • Pemain akan merespon dengan menyundul bola yang dilemparkan sebelumnya.
  • Setelah bola disundul pemain akan berlari ke belakang barisan dan bergantian dengan pemain lainnya di barisan selanjutnya.

Atau bisa juga dilakukan dengan alternatif lain, dilakukan dengan 2 pemain yang berdiri berhadap-hadapan satu sama lain dengan diberikan jarak. Berikut adalah caranya.

  • Siapakan dua pemain yang saling berhadapan dengan jarak 5 sampai 10 meter.
  • Pada bagian tengah antara pemain bisa diberikan 2 tiang yang jaraknya kurang lebih 2 meter yang difungsikan sebagai gawang.
  • Pemain yang satu dapat menjadi pelempar dan tugasnya melempar ke arah rekanya.
  • Lalu, pemain yang dilempar harus segera menyundul bola untuk dikembalikan ke rekan yang melempar.
  • Namun, cara ini bola harus melewati kedua tiang yang telah ditata sebelumnya.

Selain mempelajari teknik menyundul bola, anda juga perlu mengetahui bagaimana Teknik Menahan Bola yang baik dan benar, agar bola yang anda terima tetap terkontrol dan tidak jatuh ke kaki lawan. Selamat Mencoba!.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *