16 Peraturan Sepak Bola Yang Wajib Diketahui

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola menjadi hal yang wajib dipahami oleh setiap pemain bola tanpa terkecuali. Populernya sepak bola bukan hanya karena pemain, namun peraturan sepak bola membuat permainan ini menjadi lebih menyenangkan. Peraturan sepak bola dibuat oleh FIFA, sebuah organisasi sepak bola internasional yang diakui. Tujuan peraturan yang dibuat ini adalah bisa membuat permainan lebih baik untuk pemain ataupun penonton. Dan berikut adalah beberapa Peraturan sepak bola diantaranya:

Gawang, Lapangan Dan Bola

Gawang dalam sepak bola memiliki ukuran tinggi standar 2.44 m dengan lebar 7.32m. Dengan Ukuran Lapangan Bola memiliki Panjang kisaran 100-110 m, lebaran kisaran 64-75m. Untuk ukuran bola dari permainan sepak bola ini sendiri memiliki diameter lingkaran 68-71 cm dengan berat kisaran 396-453 gram.

Bacaan Lainnya

Peraturan Awal Dalam Pertandingan Sepak Bola

Sebelum akan memulai pertandingan, maka para pemain diharuskan untuk berjabat tangan satu dengan yang lainnya. Lalu wasit akan melemparkan koin logam dimana masing-masing kapten tim akan memilih salah satunya. Koin logam yang menang akan menjadi tim penendang pertama

Jumlah Pemain Sepak Bola

Peraturan sepak bola mengharuskan masing – masing tim dalam pertandingan memiliki 11 pemain. Jika jumlah pemain kurang dari 7 pemain atau 4 pemain terkena kartu merah maka tim akan dinyatakan kalah dalam pertandingan

Peraturan Sepak Bola Dalam Memakai Aksesoris

Di dalam pertandingan sepak bola masing – masing pemain memiliki beberapa aturan untuk penggunaan aksesoris diantaranya :

  1. Jersey yang digunakan tidak boleh sama antar tim baik warna dan motif
  2. Dalam pertandingan sepak bola pemain wajib untuk menggunakan kaos kaki dan deker. Penggunaan aksesoris ini untuk tujuan melindungi tulang kering dan juga mengurangi resiko terjadinya cedera
  3. Penggunaan sarung tangan khusus ditujukan pada penjaga gawang dengan tujuan untuk melindungi tangan dari tendangan keras dan untuk mempermudah dalam menangkap bola. Selain itu, pemain bisa menggunakan sarung tangan jika bertanding di daerah dingin dan bersalju
  4. Penutup kepala boleh dipergunakan khusus untuk pemain yang memang mengalami cedera di kepala

Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

Dalam peraturan sepak bola juga ada aturan mengenai waktu. Waktu penuh dalam permainan sepak bola adalah 90 menit dengan dibagi dua babak. Setelah selesai babak pertama, para pemain akan diberikan waktu istirahat 15 menit. Jika dalam dua babak tidak ditemukan pemenang, maka diperbolehkan untuk menambahkan waktu dengan durasi 2 x 16 menit. Jika skor masih sama dan belum ada pemenang dalam pertandingan, maka perlu dilakukan adu penalti.

Peraturan Kick Off

Beberapa aturan pada saat akan memulai kick off kembali adalah seperti pada saat akan memulai pertandingan, setelah terjadi gol dan juga untuk memulai babak kedua serta memulai babak penambahan waktu.

Peraturan Mencetak Gol

Untuk Peraturan Sepak bola diatur juga peraturan untuk gol. Gol terjadi ketika bola masuk secara keseluruhan dan sudah melewati garis gawang. Tidak ada pemain di dalam pesisi pelanggaran dan offside.

Peraturan Offside Dan Onside

Offsite akan terjadi jika para pemain melakukan passing ke pemain lainnya di daerah pertahanan lawan, namun pemain berada di depan bek pertahanan lawan. Dengan demikian maka Wasit akan mengangkat bendera jika terjadi offside. Nah kebalikannya adalah Onside.

Peraturan Bola Keluar

Saat bola keluar ke samping lapangan, maka akan dilakukan lemparan dalam. Jika boleh keluar di sebelah gawang maka akan dilakukan tendangan sudut. Pada saat pemain mengalami cedera, maka wasit akan meminta pemain untuk membuat keluar lapangan saat mengevakuasi pemain.

Lemparan Ke Dalam (Throw In)

Peraturan sepak bola juga mencakup lemparan dalam. Saat bola keluar dari pertandingan di samping lapangan maka akan dilakukan lemparan dalam. Tim yang mengambil lemparan dalam adalah tim yang tidak membuat bola keluar. Pada saat akan melempar bola harus menggunakan kedua tangan dan bola dilempar dari atas kepala. Selain itu, pemain yang melempar tidak boleh terlalu lama saat mengangkat bolanya.

Tendangan Gawang (Goal kick)

Tendangan gawang biasa dilakukan jika bola keluar melewati garis sebelah gawang oleh pemain lawang. Tendangan ini bisa dilakukan oleh pemain atau penjaga gawang dengan syarat tidak boleh lebih dari garis kiper.

Tendangan Sudut (Corner kick)

Ini adalah tendangan yang dilakukan ketika bola keluar dari garis gawang yang disebabkan oleh pemainnya sendiri. Tendangan ini dilakukan oleh pemain lawan di kawasan area corner.

Pergantian Pemain

Dalam peraturan sepak bola ada juga aturan pergantian pemain. Yang hanya bisa dilakukan sebanyak 4 kali pergantian pemain.

Peraturan Pelanggaran

Saat terjadi pelanggaran yang cukup serius, maka wasit memiliki hal untuk mengeluarkan dua kartu yaitu kartu merah dan kuning. Untuk kartu merah diberikan pada pemain yang melakukan pelanggaran secara serius dengan konsekuensi yang diberikan pada pemain adalah keluar dari lapangan. Sedangkan kartu kuning untuk peringatan keras, jika pemain mendapat dua kartu kuning maka otomatis menjadi kartu merah.

Peraturan Tendangan Bebas (Free Kick)

Tendangan ini dilakukan jika ada pemain melakukan pelanggaran. Penempatan bola bisa ditendang langsung ke gawang atau bisa juga dilakukan dengan passing ke pemain lain.

Penalty

Peraturan sepak bola yang terakhir adalah penalty. Peraturan ini diterapkan jika ada pemain yang melakukan pelanggaran di area penjaga gawang sendiri sehingga pemain lawan akan mendapatkan keuntungan melakukan eksekusi penalti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *