Penemu Sepak Bola: Sejarah Lengkap Versi FIFA

Penemu Sepak Bola
Penemu Sepak Bola

Siapa Sebenarnya Penemu Sepak Bola?

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling popular di seluruh dunia saat ini. Ada banyak sekali penonton di sejumlah event sepak bola baik event nasional hingga internasional. Hal ini tentu saja akan membuat anda bertanya – tanya sebenarnya siapa penemu sepak bola?

Sepak bola adalah permainan yang memang sangat mudah untuk diakses dan juga dimainkan oleh siapapun. Baik di jalanan, halaman rumah hingga di lapangan. Permainnannya bisa dilakukan di dalam ataupun diluar ruangan. Terlebih olahraga ini juga tidak membutuhkan perangkat untuk memainkannya. Sepak bola hanya membutuhkan bola dan orang yang dalam memainkannya. Dengan fakta ini, maka tak heran jika sepak bola adalah salah satu cavang olahraga yang paling cepat sekali penyebarannya ke seluruh penjuru dunia.

Bacaan Lainnya

Siapa Penemu Sepak Bola?

Mengingat banyak sekali orang yang menggemari olahraga satu ini, tentu saja membuat anda bertanya – tanya siapa sebenarnya penemu sepak bola ini. Walaupun sebenarnya turnamen piala dunia sepak bola sudah ada sejak tahun 1930. Namun faktanya permainan sepak bola sendiri sebenarnya sudah ditemukan jauh dari sebelumnya. Mengenai asal usul dari olahraga sepak bola ini memang banyak sekali mengundang beragam perdebatan dari banyak pihak. Karena ada beberapa pendapat mengenai sejarah dari sepak bola. Sebagian besar orang berpendapat jika sepak bola adalah salah satu olahraga yang berasal dari inggris. Tetapi, ada juga yang mengatakan jika sepak bola berasal dari beberapa negara lainnya.

Sementara, di dalam dokumen resmi juga dijelaskan jika sepak bola sebenarnya adalah salah satu olahraga yang sudah ada sejak 3000 tahun silam di beberapa belahan dunia dengan bentuk permainan yang berbeda. Namun ada juga dokumen resmi lain yang mengatakan jika permainan sepak bola ini berasal dari Jepang dimana masyarakat sekitar sudah memainkan permainan sepak bola ini sejak abad ke 8.

Namun Terlepas sebenarnya siapa dan dimana penemu sepak bola ini, namun FIFA mengatakan dengan resmi jika sepak bola yang ada saat ini berasal dari daratan Cina dimana sebagian besar masyarakat menyebut permainan ini dengan nama “Tsu-shu”

Sepak Bola Modern 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika ada beberapa negara yang mengklaim sebagai penemu sepak bola. Inggris mengatakan jika sepak bola sudah ada sejak abad ke 19. Sejak sebelum abad pertengahan, sebenarnya sepak bola adalah salah satu permainan yang banyak dimainkan di kota dan desa sesuai dengan adat setempat dengan tidak terlalu banyak aturan.

Sepak bola dikenal oleh masyarakat inggris pada abad ke 8. Saat itu, permainan ini dilakukan pada sebuah lapangan yang besar dengan jarak kisaran 3 hingga 4 km. Raja Edward II sempat melarang untuk permainan ini di Inggris. Karena saat itu, permainan sepak bola masih menggunakan bola yang menggunakan tengkorak manusia. Selanjutnya saat masa pemerintahan Ratu Elizabeth I juga melarang adanya permainan ini.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Seperti yang sudah dibahas FIFA menyebutkan jika negara penemu sepak bola berasal dari daratan Cina. Permainan ini sudah dimainkan oleh beberapa negara di China, Mesir dan Italia setidaknya 2500 SM. Dalam permainan sepak bola dulu menggunakan bola yang terbuat dari kut atau usus sehingga memiliki daya pantul yang tinggi. Selain itu, permainan sepak bola yang dilakukan di Roma tidak mengenal aturan dan strategi sehingga permainannya sangat berantakan, bahkan seringkali ada nyawa yang dipertaruhkan.

Saat sepak bola masuk ke Inggris setelah abad ke 15, membuat olahraga ini memang sangat popular. Hingga akhirnya tahun 1860 dibuat beberapa aturan dalam permainan sepak bola dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kericuhan yang terjadi pada pertandingan sepak bola sebelumnya. Hanya saja pada masa itu, peraturan yang dibuat antara satu tim dengan yang lain masih berbeda. Dan masih memiliki aturannya sendiri.

Di tahun 1863, ada setidaknya 12 klub yang ada di London untuk melakukan pertemuan dan melakukan kesepakatan dalam sebuah aturan permainan sepak bola. Adanya perkumpulan ini lalu muncul sebuah asosiasi sepak bola di Inggris yaitu FA dan menggelar kejuaraan sepak bola dengan nama FA Cup pertama kalinya.

Berawal dari 12 tim yang ada di Inggris inilah selanjutnya peraturan sepak bola mulai menyebar di beberapa negara eropa. Walaupun dalam hal siapa yang menjadi penemu sepak bola memang masih menjadi perdebatan dengan beragam sumber.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, saat ini ada banyak sekali negara di seluruh dunia yang sangat menyukai permainan olahraga satu ini. Sehingga muncullah sebuah perkumpulan dari beberapa negara yang membutuhkan sebuah badan organisasi sepak bola dengan skala internasional dengan nama FIFA. Dan sebagian besar negara eropa membuat kesepakatan untuk mengadakan kejuaraan piala dunia pertama kali di Uruguay, 1958.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *