Tujuan Pencak Silat: Pengertian Dan Aspek Penting Silat

Tujuan Pencak Silat
Tujuan Pencak Silat

Apa Tujuan Pencak Silat? Tujuan utama olahraga bela diri pencak silat adalah sebagai pendidikan jasmani dan seni. Selain itu, terkadang ketenangan rohani juga menjadi tujuan utamanya.

Salah satu olahraga di Indonesia yang berguna untuk bela diri dapat Anda temukan dari tujuan pencak silat. Hal ini terbukti dari banyaknya minat orang – orang dari berbagai kalangan untuk menekuni olahraga populer asli Indonesia.

Bacaan Lainnya

Terlebih lagi, saat ini banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang memberikan pelatihan bagi orang – orang yang berminat untuk belajar lebih dalam mengenai pencak silat. Terlepas dari hal itu, tahukah Anda mengenai apa sebenarnya tujuan utama dari olahraga pencak silat ini? Agar Anda lebih paham, bisa menyimak beberapa informasi penting seputar olahraga pencak silat di bawah ini.

Baca Juga: Peraturan Pencak Silat: 5 Poin Dan 4 Teknik Dalam Pertandingan

Wajib Tahu! Ini Pengertian Aspek dan Tujuan Olahraga Pencak Silat

Pengertian Pencak Silat 

Sebelum membahas mengenai tujuan pencak silat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu pencak silat? Secara umum, pencak silat merupakan salah satu olahraga bela diri yang memuat berbagai nilai – nilai seni tradisional dari Indonesia. Olahraga ini juga berguna untuk menghindari lawan dengan melakukan gerakan – gerakan yang indah dan terstruktur.

Dalam perkembangannya, olahraga pencak silat ini tidak hanya dikenal di Tanah Air, namun juga sudah dikenal luas di negara – negara di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand dan berbagai negara lain. Meski demikian, istilah pencak silat di Indonesia telah digunakan sejak tahun 1948 silam. Hal ini bertujuan untuk menyatukan berbagai jenis aliran bela diri yang ada di Indonesia.

Apa Saja Aspek Penting Dalam Pencak Silat?

Menjadi salah satu olahraga populer hingga sekarang, membuat banyak kalangan berminat dan akhirnya menekuni bidang tersebut. Hal ini tentu tak terlepas dari tujuan pencak silat itu sendiri, yakni untuk tujuan memperdalam ilmu bela diri. Lantas, apa saja aspek – aspek penting dalam olahraga pencak silat?

  • Mengembangkan sisi mental spiritual

Salah satu aspek penting melakukan pencak silat ini yakni untuk mengembangkan pendidikan mental spiritual dari dalam diri seseorang. Hal ini terlihat dari adanya pengenalan diri sendiri untuk lebih mengenai terhadap Sang Pencipta. Sehingga tak heran jika olahraga ini tak hanya mampu untuk menguasai ilmu bela diri, namun juga berguna untuk membentuk kepribadian yang berbudi luhur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Mengembangkan seni budaya

Sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan sikap yang berkepribadian baik, terampil dan memiliki sikap kebangsaan terhadap Tanah Air, pencak silat menjadi olahraga yang paling tepat. Sebab, dalam olahraga ini Anda akan diajarkan mengenai cara membentuk kepribadian diri sendiri secara sehat jasmani maupun rohani.

  • Mengembangkan ilmu bela diri

Mengingat pencak silat merupakan olahraga asli Indonesia, maka Anda perlu untuk mengembangkan seni khas daerah sendiri. Yakni dengan cara mampu mengembangkan berbagai variasi Tendangan Dalam Pencak Silat, gerakan yang selaras, unik dan menarik dengan tetap didasarkan dengan budaya bangsa Indonesia.

  • Mengembangkan bidang olahraga

Tak hanya berperan untuk mengembangkan seni luhur bangsa Indonesia, pencak silat ini juga dapat dijadikan sebagai upaya dalam mengembangkan bidang olahraga. Bahkan, seni bela diri ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani dalam tubuh. Bahkan, olahraga ini juga dapat berpeluang untuk menjadikan prestasi yang membanggakan negeri.

  • Mengembangkan bidang pendidikan

Dengan olahraga ini, maka Anda juga dapat berperan penting untuk meningkatkan ilmu pengetahuan lebih dalam. Hal ini berguna untuk menambah wawasan agar lebih luas. Selain itu, Anda juga secara tidak langsung akan terbentuk sikap positif dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitarnya.

Apa Saja Tujuan Pencak Silat

Jika ditanya soal tujuan pencak silat, Anda tentu akan menjawab pertanyaan ini untuk bela diri menghindari lawan, bukan? Ya, meskipun bertujuan untuk memperdalam ilmu bela diri untuk menghalau serangan lawan, namun tujuan dari olahraga yang satu ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi diri sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa informasi penting mengenai tujuan pencak silat bagi diri sendiri.

Baca Juga: PSHT: Sejarah Lengkap, Pendidikan Dan Teknik Silat SH Terate

  • Berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan olahraga bela diri seperti pencak silat ini, maka hal ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga, tubuh akan lebih bugar dan mampu menangkal berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

  • Efektif sebagai tujuan rekreasi diri sendiri

Jika Anda berpikir bahwa rekreasi selalu berfokus untuk mengunjungi tempat – tempat menarik di berbagai daerah, maka jawabannya salah besar. Hal ini lantaran mencari hiburan rekreasi dapat Anda temui dalam pencak silat. Ya, dengan melakukan ilmu bela diri ini, maka pikiran Anda akan jauh lebih fresh dan tenang. Sehingga mampu menjalankan aktivitas sehari – hari dengan lebih semangat.

  • Berpeluang untuk mendulang prestasi

Tahukah Anda bahwa banyak sekali olahraga yang mendulang prestasi membanggakan bagi negeri. Nah, hal ini bisa Anda temukan dalam ilmu bela diri seperti pencak silat. Dengan menerapkan latihan rutin dan menguasai berbagai teknik – teknik tertentu, maka Anda dapat berpeluang untuk mendulang prestasi membanggakan bagi semua pihak. Tentu saja, ini menjadi poin plus bagi Anda yang menyukai dunia pencak silat, bukan?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *