Materi Pencak Silat Dan Istilah Yang Harus Anda Pahami

Materi Pencak Silat
Materi Pencak Silat

Materi pencak silat kini juga mulai diajarkan di beberapa sekolah. Tujuannya memperkenalkan salah 1 warisan budaya asli Indonesia dalam bidang bela diri tersebut agar jangan sampai dilupakan generasi muda.

Harapannya dengan pengenalan tersebut, generasi muda tertarik untuk mempelajarinya sehingga kelestariannya tetap terjaga. Demi tujuan itulah, dalam artikel ini akan menjabarkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan materi pencak silat yang meliputi:

Bacaan Lainnya

Arti Kata Pencak Silat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pencak silat merupakan sebuah  permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang serta membela diri menggunakan ataupun tanpa senjata.

Namun sebenarnya selain sebagai aliran bela diri, materi pencak silat mengandung banyak nilai-nilai yang mendalam. Contohnya adalah nilai-nilai keindahan serta kerohanian. Hal ini disebutkan oleh pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang menyebutkan bahwa pencak silat merupakan hasil budaya yang dikembangkan manusia di Indonesia untuk membela dan mempertahankan haknya.

Namun juga berbicara tentang integritas seorang manusia untuk mau hidup secara selaras dan seimbang dengan lingkungan hidup sekitarnya. Dengan keselarasan dan keseimbangan ini dapat menumbuhkan rasa syukur manusia terhadap terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Jawa Barat Paling Antik Dan Bersejarah

Penamaan Pencak Silat di Beberapa Negara dan Dalam Wilayah Indonesia Sendiri

Pencak silat sendiri sebenarnya juga menjadi seni bela diri di beberapa negara di Asia Tenggara. Bisa kita lihat pada penamaannya yang mirip-mirip. Misalnya di Thailand disebut bersilat sementara di Filipina disebut pasilat. Namun ada juga yang penyebutannya jauh berbeda seperti orang Malaysia menyebutnya gayong. Sedangkan orang Singapura menyebutnya cekak.

Di wilayah Indonesia sendiri yang  penuh keanekaragaman, penyebutan pencak silat juga terbagi berbeda-beda sesuai dengan bahasa daerahnya. Contohnya adalah :

  1. Di provinsi Sumatera Barat, orang-orang di sana menyebutnya dengan kata silek dan gayuang.
  2. Orang-orang asal Jawa Barat menamai seni bela diri selat dengan nama Maempok serta Penca.
  3. Penak silat sendiri merupakan istilah yang digunakan di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jogjakarta
  4. Untuk daerah Madura dan Pulau Bawean, ada istilah Mancak.
  5. Namun kata “mancak” juga digunakan oleh orang-orang di Bali. Selain itu mereka juga menyebutnya encak
  6. Istilah Mpaa Sila untuk daerah NTB dan Dompu

Istilah-istilah Dalam Pencak Silat

Mempelajari materi pencak silat tentu tidak akan lengkap apabila tidak menyertakan istilah-istilah teknis yang ada dalam bela diri tersebut. Oleh karena itu, inilah beberapa kosakata dalam pencak silat serta penjelasannya :

Kuda-kuda

Dalam bela diri, ketahanan dan keseimbangan tubuh yang baik adalah hal yang paling penting. Untuk tujuan itulah pada pelatihan materi pencak silat tingkat dasar, setiap murid diajarkan memosisikan tapak kaki sedemikian rupa.

Pemosisian inilah yang disebut sebagai kuda-kuda yang berfungsi untuk mengokohkan posisi tubuh agar tidak mudah goyah saat mendapat serangan lawan.  Namun tidak hanya dari segi pertahanan, kuda-kuda juga berfungsi supaya serangan yang kamu luncurkan dapat mengenai lawan dengan akurat.

Sikap dan Gerak

Gerakan Pencak silat adalah seni bela diri yang dinamis atau melibatkan banyak pergerakan sehingga memperhatikan posisi menjadi cukup penting. Pesilat yang handal harus bisa melihat situasi dan mengambil keputusan berdasarkan pergerakan dan posisi lawannya. Ia bisa segera menyesuaikan pergerakan dan posisinya sendiri menyesuaikan gaya bertarung lawannya. Penyesuaian ini juga berguna bagi seorang pesilat untuk menganalisis kelemahan lawan.

Kembangan

Dalam setiap pertunjukkan atau sandiwara yang melibatkan pencak silat, kita pasti akan melihat pelakunya menggerakkan tangan dan tubuhnya sedemikian rupa, Gerakan tangan dan tubuh ini bukan sekedar biar terlihat keren. Fungsi sebenarnya adalah membantu pesilat untuk fokus memperhatikan dan mengawasi gerak-gerik musuh sekaligus menganalisis kelemahannya. Gerakan sebelum melancarkan pukulan inilah yang disebut sebagai kembangan.

Buah

Sebagaimana bela diri pada umumnya, dalam materi pencak silat terdapat berbagai teknik untuk  bertahan maupun menyerang. Teknik-teknik itulah yang dinamakan buah di mana teknik yang digunakan dalam pencak silat antara lain :

  1. Tendangan
  2. Pukulan
  3. Sandungan
  4. Sapuan
  5. Mengunci
  6. Melempar,
  7. Menangkis
  8. Jurus

Dari teknik-teknik yang telah diajarkan barulah akan dirangkai dan dipadu padankan menyesuaikan kondisi pertarungan. Setiap pesilat menggabungkan setiap pukulan, tendangan, sapuan, dan kuncian untuk mengalahkan lawan.  Rangkaian teknik itulah yang disebut sebagai jurus.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Aceh Paling Terkenal dan Unik

Oleh karena itulah penting bagi setiap murid sebelum memasuki materi pencak silat yang satu ini, sudah  menguasai tiap tekniknya dengan benar. Jadi nanti bila saat mempraktikkan jurus tertentu mereka lebih mudah menyesuaikan karena koordinasi tubuh mereka sudah berjalan baik.

Langkah

Jarak menjadi salah 1 komponen penting dalam pencak silat. Pesilat yang baik harus bisa menjaga jarak untuk menghindari atau melancarkan serangan dengan efektif. Dalam pencak silat teknik jaga jarak ini disebut dengan langkah. Jenis langkah ini contohnya ada langkah tiga dan langkah empat.

Pencak silat menjadi salah satu olahraga seni beladiri yang sangat baik untuk menunjang segala kebutuhan Aktivitas Fisik anda sehari-hari. Selain sehat, anda juga bisa mempertahankan diri dengan baik. Lebih dari itu, saudara dan teman anda akan bertambah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *