Kuda Kuda Pencak Silat dan Teknik Dasar Lainnya

kuda kuda pencak silat
kuda kuda pencak silat

Kuda kuda Pencak Silat menjadi hal yang sangat penting dalam pencak silat. Pencak silat adalah olahraga beladiri yang berasal dari kepulauan Nusantara dengan kandungan nilai-nilai seni tradisional Indonesia. Pencak silat sudah ada sejak abad ke-7 masehi. Seni bela diri ini merupakan pengaruh dari seni bela diri India dan Tiongkok. Karena pada jaman dahulu etnis tersebut banyak merantau ke Indonesia.

Pencak silat tidak hanya dikenal di Indonesia. Tetapi sudah dikenal ke berbagai belahan dunia. Bahkan sejak tahun 1987 pencak silat telah menjadi salah satu cabang olahraga SEA Games. Beberapa negara di kawasan Asia Tenggara sendiri juga memiliki seni bela tersebut. Hanya saja penyebutannya berbeda-beda seperti nama pasilat dari Filipina.

Bacaan Lainnya

Dalam pencak silat dikenal nama kuda-kuda. Mungkin Anda sudah familiar dengan istilah tersebut. Ya, kuda-kuda merupakan posisi kaki tertentu yang menjadi dasar tumpuan dalam melakukan gerakan bela atau serang. Fungsinya adalah mempertahankan posisi agar tidak mudah jatuh dalam mempersiapkan diri saat menyerang lawan. Kuda-kuda menjadi teknik dasar tapi penting kedudukannya dalam bela diri.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Jawa Barat Paling Antik Dan Bersejarah

Kuda-Kuda Pencak Silat dan Beberapa Teknik Dasar Yang Harus Dikuasai

Dalam pencak silat terdapat beberapa teknik dasar yang perlu Anda ketahui. Teknik-teknik ini harus dipelajari oleh mereka yang berlatih pencak silat.

Teknik Dasar Kuda-Kuda Pencak Silat

Kuda kuda pencak silat termasuk teknik dasar yang harus dipelajari sebelum melanjutkan ke teknik lainnya. Gerakan ini melatih kaki agar otot kaki jadi lebih kuat. Dengan teknik kuda-kuda, posisi tubuh menjadi lebih seimbang karena kedua kaki dalam posisi bertahan menjaga keseimbangan. Teknik ini dipakai untuk mempersiapkan diri saat lawan meningkatkan posisinya dalam menjatuhkan kompilasi bertahan. Teknik dasar kuda-kuda sendiri terbagi menjadi 4 jenis yaitu kuda-kuda depan, belakang, tengah dan samping.

Kuda-kuda depan yaitu mengatur posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Kaki depan ditekuk dengan telapak kaki membentuk sudut 30 derajat, karena berperan sebagai tumpuan badan. Sedangkan kaki belakang untuk menjaga keseimbangan. Kedua posisi kaki tersebut harus berada sejajar satu garis lurus. Biasanya posisi kuda-kuda pencak silat depan digunakan untuk langsung menyerang lawan.

Untuk kuda-kuda belakang posisi kakinya sama dengan kuda-kuda depan. Namun kuda-kuda pencak silat kali ini tumpuannya berada pada kaki belakang. Telapak kaki depan posisinya lurus sedangkan telapak kaki belakang membentuk sudut 60 derajat.

Selanjutnya kuda-kuda pencak silat tengah. Posisi kedua kaki ditekuk melebar sejajar dengan bahu hingga nyaris membentuk sudut 90 derajat. Dengan kuda-kuda tengah, berat badan ditopang secara merata oleh kedua kaki sehingga tubuh tidak akan terpental ke belakang.

Dan yang terakhir adalah kuda-kuda samping. Posisi kaki melebar sejajar dengan bahu. Kemudian tekuk salah satu kaki yang dirasa lebih dominan. Berat badan akan ditopang oleh salah satu kaki yang ditekuk tersebut. Teknik kuda-kuda samping digunakan ketika akan melakukan serangan berputar.

Teknik Pencak Silat Sikap Pasang

Teknik dasar yang kedua adalah sikap pasang yang merupakan kombinasi dari teknik kuda-kuda kaki, sikap badan dan tangan. Maksud dari teknik pencat silat ini untuk menyambut atau menyerang lawan. Dalam sikap pasang, teknik kuda-kuda pencak silat tetap dilakukan hanya saja posisi tangan siap di depan tubuh. Biasanya posisi dari sikap pasang berubah-ubah mengikuti posisi lawan yang juga berubah.

Teknik Pola Langkah Dalam Pencak Silat

Merupakan teknik berupa gerakan kaki dengan pola yang taktis sehingga didapatkan posisi yang menguntungkan. Gerakan pola tersebut yaitu dengan memindahkan kaki ke samping kiri dan kanan atau maju dan mundur. Teknik pola langkah tetap menerapkan posisi kuda-kuda pencak silat serta meletakkan tangan di depan tubuh.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Aceh Paling Terkenal dan Unik

Teknik Serangan

Teknik serangan sendiri terdiri dari dua jenis yaitu serangan tangan dan serangan kaki. Masing-masing serangan baik menggunakan serangan atau kaki tetap diikuti dengan posisi kuda-kuda pencak silat dan sikap tubuh yang kuat. Karena dari bermacam teknik, kuncinya ada pada kekuatan kaki. Jadi Anda harus rutin melatih kekuatan otot kaki agar setiap gerakan dapat terkoordinasi dengan sempurna.

Teknik Dasar Guntingan

Sama seperti namanya, teknik ini berguna saat ingin menjatuhkan lawan. Biasanya teknik guntingan digunakan saat berada dalam posisi menyerang. Gerakan dari teknik guntingan yaitu menjepit kaki lawan dengan menggunakan kedua kaki. Teknik guntingan sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu guntingan atas, guntingan depan, guntingan samping dan guntingan belakang.

Teknik Serangan Kaki Dalam Pencak Silat

Serangan atau tendangan dilakukan dengan menggunakan bagian telapak kaki, tulang kering dan juga lutut. Teknik tendangan dalam pencak silat terbagi menjadi beberapa macam seperti tendangan lurus, tendangan jejag, tendangan melingkar, tendangan samping dan tendangan T. Bagi Anda yang berencana bergabung dalam pencak silat, usahakan untuk selalu melatih tangan dan kaki. Karena tangan berperan sebagai teknik dasar dalam seni bela diri dan kaki sebagai teknik tendangan dasar serta posisi untuk kuda-kuda pencak silat.

Pelajari juga berbagai karakteristik dari Aliran Pencak Silat yang ada di Indonesia. Karena setiap aliran seni bela diri memiliki serangan andalan yang tidak terduga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *