Mengenal 5 Seni Bela Diri Dan Jurus Pamungkasnya

seni bela diri
seni bela diri

Seni Bela Diri adalah salah satu bentuk dari pertahanan diri yang telah dikenal sejak dahulu. Tidak hanya menjadi pertahanan diri, bela diri juga bisa dipelajari untuk mengolah tubuh guna menjaga kesehatan. Menguasai seni bela diri bisa membuat diri Anda siap dengan jurus-jurus pembelaan siri, serta siap secara mental ataupun fisik.

Bela diri umumnya disiapkan untuk berbagai serangan yang bisa mengancam keselamatan. Menurut Muhamad Syahrial dalam buku Jago Beladiri (2020), olahraga bela diri merupakan perpaduan dari aktivitas fisik dan unsur seni, teknik untuk membela diri, olah batin dan olahraga.

Bacaan Lainnya

Ada cukup banyak jenis olahraga bela diri yang saat ini dikenal dan berkembang. Beberapa di antara bela diri tersebut sudah ada sejak dulu dan menjadi budaya yang turun-menurun. Nah untuk itu, di sini akan membahas singkat mengenai bela diri dan beberapa jenisnya.

Penasaran? Simak pembahasan di bawah ini sampai selesai!

Teknik Dasar Seni Bela Diri

Menurut Ben Haryo pada bukunya Seniman Beladiri (2005), olahraga bela diri mempunyai sejumlah teknik dasar, yaitu kuda-kuda, tendangan, dan pukulan.

  • Kuda-kuda adalah sikap siap sedia dari seorang pelaku olahraga bela diri yang mana memosisikan kaki depan, serong atau ke samping. Tergantung dari jenis yang dilakukan. Sikap kuda-kuda ini merupakan sikap yang penting. Hal itu karena pada teknik ini seperti serangan ataupun tangkisan ditopang dengan teknik kuda-kuda yang baik dan benar.
  • Tendangan merupakan serangan dilakukan dengan memakai kaki serta tungkai sebagai komponen untuk menyerang. Tendangan adalah salah satu teknik untuk bisa mendapatkan poin dalam pertandingan bela diri.
  • Pukulan merupakan serangan yang mana dilakukan dengan memakai tangan serta lengan menjadi komponen penyerang. Pukulan sendiri ada beberapa jenis dan variasi, sesuai dengan jenis dan aliran masing-masing bela diri.

Fungsi dan Manfaat Seni Bela Diri

Bela diri mempunyai beberapa fungsi dasar dari segi teknik serta non teknik, yaitu:

  • Menjadi bekal untuk menjaga keselamatan diri di dalam suatu pertarungan,
  • Menjaga kesehatan tubuh atau fisik,
  • Mengendalikan dan melumpuhkan lawan dengan waktu yang tidak begitu lama,
  • Sebagai bentuk pertahanan diri,
  • Mempunyai sikap mental tangguh serta tidak mudah untuk menyerah
  • Mempunyai semangat juang yang tinggi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa seni bela diri ada beberapa jenisnya. Beberapa di antaranya adalah:

Jenis-Jenis Seni Bela Diri dari Berbagai Belahan Dunia

1. Taekwondo

Bela diri yang satu ini merupakan bela diri yang berasal dari Korea. Olahraga bela diri cenderung dan lebih dominan memakai kaki pada setiap gerakan yang dilakukan. Teknik Taekwondo lebih cenderung menggunakan kaki serta tangan yang berfokus ke stamina, keseimbangan tubuh, fleksibilitas serta kecepatan gerakan. Berdasarkan sejarahnya, Taekwondo semakin banyak peminatnya dan bahkan melonjak popularitasnya setelah perang dunia kedua. Di Indonesia sendiri, peminat dari olahraga bela diri satu ini juga cukup banyak.

2. Kung Fu

Olahraga bela diri ini pasti sudah banyak diketahui dan dikenal dari film-film laga China. Bela diri Kung Fu ini sendiri asalnya memang dari negara China. Tidak hanya itu, di negara China, militernya masih ada yang memakai bela diri Kung Fu ini untuk pertahanan prajurit militer. Olahraga bela diri Kung Fu mempunyai cukup banyak cabang yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh Anda. Beberapa cabang tersebut seperti Wudang, Ba ji quan, Wing chun, Shaolin do.

3. Pencak Silat

Seni bela diri ini adalah salah satu jenis olahraga bela diri yang lahir di Indonesia dan dapat untuk dikatakan sudah menjadi olah raga bela diri yang dipunyai negara kita. Pencak silat sendiri sudah ada sejak tahun 1550, dimana olahraga bela diri ini adalah salah satu bela diri yang memakai tangan kosong serta teknik-teknik yang tertentu untuk menjatuhkan dan melawan musuh.

4. Karate

Olahraga bela diri yang satu ini sudah sangat terkenal di hampir seluruh penjuru dunia. Bela diri yang berasal dari Jepang ini dikenal dengan kekuatan pukulan yang mematikan untuk lawan yang terkena. Karate ini ada beberapa aliran di dalamnya, di antara adalah Shito ryu, Shotokan, Goju ryu, serta Wado ryu. Bela diri Karate di Indonesia sendiri juga sangat terkenal dan banyak sekali peminatnya.

5. Muay Thai

Olahraga yang satu ini asalnya dari Thailand dan sekarang sudah banyak sekali penggiat serta peminatnya. Bela diri ini bisa membuat tubuh Anda lebih ideal dan atletis. Hal itu karena berbagai gerakannya yang memungkinkan untuk tubuh Anda menggerakkan semua otot di dalam tubuh dengan lebih efektif. Beberapa gerakan dari bela diri Muay Thai sendiri seperti sikutan dan tendangan.

Nah, itulah beberapa hal mengenai seni bela diri serta jenis-jenisnya yang cukup terkenal di dunia dan mempunyai banyak peminat. Menarik bukan, olahraga yang satu ini? tidak kalah dengan kepopuleran Senam Aerobik dikalangan ibu-ibu. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *