5 Tendangan Dalam Pencak Silat Ini Bisa Menaklukan Lawan

Tendangan Dalam Pencak Silat
Tendangan Dalam Pencak Silat

Berbagai macam tendangan dalam pencak silat menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai oleh para pemain untuk menghindar dari serangan lawan. Nah, berbicara soal olahraga asli Indonesia ini, tahukah Anda bahwa banyak sekali para putra putri bangsa yang meraih prestasi dalam ilmu bela diri ini.

Tentu saja, hal ini membuktikan bahwa pencak silat tidak hanya sebagai olahraga saja, namun juga mampu membanggakan negara dengan prestasi yang diraih. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai pencak silat ini, ada baiknya menguasai berbagai macam teknik tendangan yang dapat digunakan untuk menghindari serangan lawan. Lantas, apa saja tendangan yang umumnya digunakan dalam pencak silat?

Bacaan Lainnya

Kepopuleran Pencak Silat di Tanah Air

Dengan berbagai macam tendangan dalam pencak silat, tahukah Anda bahwa olahraga yang satu ini ternyata mencuri perhatian bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia? Hal ini terbukti dari penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 lalu, dimana Indonesia yang menjadi tuan rumah mampu mengantongi seluruh medali dalam olahraga tersebut. Tentu saja, hal ini mendapat perhatian dan pujian dari berbagai pihak atas prestasi yang ditorehkan para putra putri terbaik, bukan?

Berbicara soal pencak silat yang merupakan cabang olahraga bela diri asli Indonesia, hal ini nyatanya tidak terlepas dari sosok penting Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia. Sebelumnya, Prabowo memiliki peranan penting sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mulai dari tahun 2004 hingga 2012 silam. Kemudian pada tahun 2010, Prabowo juga sempat ditunjuk sebagai Presiden Persilat. Adapun dalam pidatonya beberapa tahun silam, dia ingin mengenalkan olahraga pencak silat ke seluruh negara – negara di dunia.

Baca Juga: Peraturan Pencak Silat: 5 Poin Dan 4 Teknik Dalam Pertandingan

Dengan demikian, tak heran jika kini pencak silat telah dikenal luas di berbagai negara di dunia. Bahkan, kepopuleran pencak silat ini terlihat dari berbagai raihan prestasi membanggakan dari para putra puti terbaik bangsa. Hal ini terbukti dari pagelaran SEA Games 2011 tahun lalu, dimana Indonesia berhasil merebut 16 medali pada ajang bergengsi tersebut.

Siapa Saja Atlet Pemain Berprestasi Indonesia dalam bidang Pencak Silat? 

Kepopuleran pencak silat di Tanah Air, terbukti telah membawa nama – nama para putra putri bangsa berhasil meraih prestasi yang membanggakan bagi negeri. Adapun para atlet berprestasi yang berhasil memenangkan kejuaraan dalam olahraga pencak silat, di antaranya sebagai berikut :

  • Hanifan Yudani Kusumah

Meraih juara World Championship 2016 (Kelas C : 55 – 60 Kg) serta sempat menjadi Runner-up Asian Championship Kora (Kelas C : 55 – 60 kg).

  • Wewey Wita

Menjadi atlet pencak silat cantik, rupanya membuat Wewey Wita berhasil menyumbangkan medali emas di nomor Women’s Class B : 50 – 55 kg. Pada tahun 2010, wanita cantik ini juga berhasil dinobatkan sebagai atlet putri terbaik dunia. Tak hanya itu, Wita juga kembali dinobatkan sebagai atlet terbaik Haornas Jabar dan Sea Games pada tahun 2013.

  • Pipiet Kamelia

Pada Asian Games 2018 silam, prestasi membanggakan juga diraih oleh Pipiet Kamilia yang berhasil meraih medali emas untuk nomor Women’s Class D : 60 – 65 kg. Selain itu, wanita cantik ini juga berhasil meraih Medali Emas Pin Jabar dan perunggu Kejuaraan Dunia di Bali tahun 2016 silam.

Macam – Macam Tendangan Dalam Pencak Silat

Banyaknya prestasi membanggakan tersebut, Anda tentu akan lebih termotivasi untuk menampilkan kemampuan terbaik saat berlatih silat, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengatur latihan secara rutin serta menguasai berbagai teknik tendangan dalam pencak silat seperti berikut ini :

  • Tendangan Lurus

Merupakan tendangan dengan arah lintasan lurus ke depan badan. Adapun target untuk tendangan dalam pencak silat ini yakni pada bagian perut maupun kemaluan lawan. Untuk melakukan tendangan lurus, Anda diharuskan memiliki kekuatan penuh.

  • Tendangan Sabit

Salah satu jenis tendangan dengan arah lintasan kaki membentuk lintasan layaknya bulan sabit. Sering kali disebut sebagai tendangan melingkat, membuat tendangan ini perlu keseimbangan tubuh yang konsisten. Sementara untuk target sasaran dari tendangan ini yakni mengarah pada bagian perut lawan.

Baca Juga: PSHT: Sejarah Lengkap, Pendidikan Dan Teknik Silat SH Terate

  • Tendangan Jejak

Untuk tendangan jejak ini, biasanya dilakukan dengan mengangkat lutut setinggi mungkin. Sementara posisi badan tegak dengan arah lintasan lurus ke depan. Adapun target tendangan jejak ini mengarah pada bagian perut lawan.

  • Tendangan Belakang

Merupakan tendangan dengan posisi tubuh memutar dan membelakangi lawan. Untuk sasaran tendangan ini biasanya mengarah pada kepala dan perut lawan.

  • Tendangan T

Merupakan tendangan dengan arah posisi tubuh menyamping dan arah lintasan lurus ke samping badan. Penting untuk Anda perhatikan, bahwa melakukan tendangan dalam pencak silat ini membutuhkan kekuatan paha dan betis. Sementara bagian kaki yang digunakan untuk menyerang lawan yakni menggunakan tumit dan telapak kaki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *