Teknik Taekwondo: 3 Teknik Pamungkas Beladiri Taekwondo

Teknik Taekwondo
Teknik Taekwondo

Taekwondo adalah sebuah jenis olahraga bela diri yang banyak diminati pada saat ini. Olahraga satu ini banyak digemari oleh banyak orang dari berbagai macam kalangan mulai dari yang tua maupun muda. Bahkan anak-anak pun sudah mulai diikutkan program taekwondo ini. Di dalam olahraga ini terdapat berbagai macam teknik taekwondo yang bisa digunakan sebagai jurus untuk membela diri jika sedang berada pada keadaan genting atau terancam.

Akan tetapi, tahukah Anda mengenai sejarah bagaimana Taekwondo ini bisa masuk ke Indonesia? Selain itu, teknik-teknik apa saja yang diajarkan dalam taekwondo? Yuk simak ya penjelasan berikut ini.

Bacaan Lainnya

Mengenal Mengenai Segala Hal Tentang Taekwondo

Sejarah Taekwondo

Taekwondo adalah sebuah olahraga seni bela diri yang berasal dari negara Korea. Pada awal tahun 1985, Taekwondo sudah mulai masuk ke Indonesia. Taekwondo didirikan oleh Jenderal Korea yang bernama Cho-Hong-Hi. Sejak masih kecil, kehidupan Cho-Hong-Hi sangat keras. Karena inilah membuat dia  menjadi lebih tertarik untuk mempelajari ilmu bela diri dan pada saat itu gurunya juga sangat mengakui akan  bakat yang dimilikinya. Maka dari itu, dia mulai berlatih seni bela diri Korea kuno bernama Taek-Kyon.

Choi-Hong-Hi kemudian melanjutkan pendidikannya ke negara Jepang sekitar tahun 1937. Di sana dia belajar berbagai macam jenis bela diri di negara Jepang. Sampai akhirnya dia bisa mendapatkan sabuk hitam dari ajang bela diri tersebut. Setelah itu, dia mencoba  untuk menggabungkan dan mengkombinasikan seni bela diri kuno Korea ( Taek-Kyon) dengan seni bela diri dari Jepang ini. Pada akhirnya gabungan seni bela diri ini dinamainya dengan Tae-Kwon-Do  yang di dalam bahasa korea sendiri berarti menendang dan menghancurkan dengan kaki dan tinju.

Ikrar-Ikrar Janji Dalam Taekwondo

Pada seni bela diri Taekwondo ini memiliki beberapa ikrar yang menjadi pedoman bagi orang yang serius menggeluti seni bela diri ini. Berikut ini adalah ikrar dan janji-jani di dalam Taekwondo yang ada di Indonesia, yaitu :

  • Menjunjung tinggi nama bangsa dan negara republik Indonesia pancasila dan UUD 1945
  • Selalu menaati asas-asas dalam Taekwondo  Indonesia
  • Menghormati semua pengurus, pelatih serta senior sesama Taekwondo untuk bisa mengembangkan seni bela diri ini di Indonesia
  • Selalu bersikap jujur dan juga bertanggung jawab dalam menjaga nama baik organisasi seni bela diri Taekwondo ini
  • Selalu menjadi salah satu pembela keadilan serta kebenaran

Teknik Taekwondo Yang Harus Dipelajari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika olahraga seni bela diri Taekwondo ini memiliki berbagai macam tekniK Taekwondo yang perlu diketahui.Berikut ini merupakan penjelasan mengenai teknik yang digunakan dalam Taekwondo, yaitu :

Jurus Poomse

Poomse adalah serangkaian gerakan dasar yang berupa serangan dan pertahanan diri. Ini dilakukan untuk membuat melawan yang imajiner atau diagram. Setiap diagram ini merupakan rangkaian gerakan poomse yang didasari dari filosofi timur yang mana menggambarkan rasa semangat sepanjang hari.

Kyukpa

Kyukpa merupakan sebuah teknik dari Taekwondo. Teknik ini dapat digunakan untuk mendisiplinkan anak. Anda akan diajari bagaimana menggunakan teknik untuk mengukur kemampuan Anda. Teknik satu ini dapat memecahkan benda keras yang ada disekitarnya. Kyukpa adalah sebuah teknik Taekwondo yang teknis ini ditunjukan dengan kemampuannya dalam memecah batu secara seketika.

Kyorugi

Kyorugi merupakan sebuah latih yang sudah mengaplikasikan semua teknik gerakan dasar Taekwondo. Anda akan banyak belajar mengenai berbagai gerakan dasar atau yang disebut juga Poome yang saat ini ada dalam seni bela diri Taekwondo.

Manfaat Mempelajari Bela Diri Taekwondo

Selain empat jenis tadi, masih ada beberapa teknik dasar Taekwondo ini. Semua jurus tersebut akan dilatihkan ketika mengikuti program Taekwondo. Selain itu ada beberapa manfaat dari pelajar seni bela diri TaekWondo, yaitu :

Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan biasanya dialami oleh orang dewasa atau anak-anak. Dalam setiap jurus Taekwondo yang mana sering terlihat banyak bergerak. Anda bisa memilih beberapa alternatif.  Selain itu, pembakaran akan menurunkan berat badan

Kondisi Kardivaskular

Latihan Taekwondo ini cukup penting. Hal ini dikarenakan pada olahraga ini melibatkan banyak gerakan, hal ini membutuhkan paru-paru yang kuat. Dengan secara  rutin melakukan latihan-latihan ini, lama-kelamaan paru-parunya pun berkembang dengan baik.

Membantu Dalam Meningkatkan Mobilitas

Salah satu cara agar tubuh bisa bergerak lebih aktif adalah dengan mengikuti pelatihan Tae-Ko-Down. Taekwondo pada umumnya Anda akan melakukan beberapa teknik seperti menendang, memukul dan sebagainya,

Menjaga konsentrasi

Pada suatu waktu pasti Anda pernah mengalami konsentrasi yang menurun? Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Untuk meningkatkan daya konsentrasi yang baik, maka Anda bisa melakukan TaekWondo. Dijamin Anda akan berubah menjadi orang yang lebih cermat dan teliti.

Beberapa informasi mengenai Taekwondo, manfaat dan teknik Taekwondo. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dalam jumlah yang besar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *