5 Teknik Pukulan Dalam Pencak Silat, Apa Saja?

Pukulan Dalam Pencak Silat
Pukulan Dalam Pencak Silat

Teknik pukulan dalam pencak silat merupakan teknik serangan yang digunakan untuk menyerang bagian tubuh lawan. Pencak silat merupakan olahraga yang berasal dari dua daerah yaitu Minangkabau dan Cimahe. Menurut legenda dari Minangkabau, silat diciptakan oleh Datuk Suri Diraja pada abad ke-11 dan kemudian dikembangkan ke seluruh nusantara. Berikut macam-macam teknik pukulan dalam pencak silat:

5 Macam Teknik Gerakan Pukulan dalam Pencak Silat

Pukulan Dalam Pencak Silat: Teknik Pukulan Lurus/Depan

Teknik pukulan lurus dilakukan dengan lintasan lurus ke depan. Pukulan ini dapat Anda lakukan dengan dua sikap yang berbeda, antara lain: pukulan dengan posisi tangan untuk menyerang lawan dalam posisi sejajar dengan kaki di depan, pukulan dengan posisi tangan untuk menyerang dalam posisi tidak sejajar dengan posisi kaki di depan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Peraturan Pencak Silat: 5 Poin Dan 4 Teknik Dalam Pertandingan

Cara melakukan pukulan lurus:

  1. Awali dengan Gerakan kuda-kuda dan kaki kiri berada di depan.
  2. Kedua tangan diletakkan di depan dada.
  3. Kepal tangan untuk memukul lawan.
  4. Telapak kaki sejajar.
  5. Telungkupkan kepalan tangan ketika memukul.
  6. Lakukan pukulan dengan mengubah posisi kaki atau tangan secara bergantian.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam teknik pukulan lurus antara lain: posisi kaki tidak kuat dan tidak seimbang sehingga mudah untuk dikalahkan, pukulan yang kurang kuat, sikap badan yang masih kaku.

Pukulan Dalam Pencak Silat: Pukulan Bandul

Pukulan dalam pencak silat yang akan kita bahas selanjutnya adalah pukulan bandul. Teknik yang Anda gunakan ketika melakukan gerakan ini adalah secara membandul dari arah bawah ke atas. Pukulan ini dilakukan dengan tangan membentuk sudut 90 derajat.

Cara melakukan pukulan bandul:

  1. Awali gerakan dengan kuda-kuda tengah.
  2. Kedua tangan menyilang di depan dada.
  3. Kepal tangan yang digunakan untuk memukul.
  4. Lakukan pukulan dengan bergantian tangan.

Kesalahan yang sering di lakukan dalam melakukan teknik bandul: sikap kuda-kuda tengah yang salah, posisi kaki kurang kuat, pukulan ayunan terhadap lawan kurang kuat, badan tidak seimbang.

Pukulan Tegak

Teknik yang dilakukan dalam pukulan ini dengna cara kepalan tangan tegak. Sasaran Anda kepada lawan jika melakukan teknik ini adalah bahu atau sendi bahu.

Cara melakukan pukulan tegak:

  1. Sikap kuda-kuda tengah.
  2. Kepalkan jari-jari tangan yang digunakan untuk memukul lawan.
  3. Pukulan tangan ke lawan dengan kepalan tegak.
  4. Tangan yang tidak digunakan untuk memukul berada di depan dada untuk menghindari serangan lawan.

Kesalahan yang biasa dilakukan dalam teknik pukulan tegak yaitu tangan yang digunakan untuk memukul tidak mengepal, kaki kurang rapat, badan tidak seimbang, sikap kuda-kuda yang tidak benar.

Baca Juga: 5 Gerakan Pencak Silat Untuk Pemula

Pukulan Melingkar

Pukulan dalam pencak silat selanjutnya adalah pukulan melingkar. Teknik ini dilakukan dengan menggerakkan tangan secara melingkar. Sasaran dari pukulan jenis ini adalah pinggang lawan.

Cara melakukan pukulan melingkar:

  1. Awali gerakan ini dengan kuda-kuda tengah.
  2. Tangan menyilang di depan dada. Jari-jari tangan yang digunakan untuk memukul harus mengepal.
  3. Lakukan gerakan memukul dengan mengayunkan tangan secara melingkar dari sisi kiri kemudian ke depan dan ke kanan dengan teknik kepalan tegak.
  4. Satu tangan yang tidak memukul di letakkan di depan dada dengan tujuan melindungi diri dari lawan.
  5. Lakukan gerakan tangan secara bergantian, kiri maupun kanan.

Kesalahan yang sering terjadi dalam teknik pukulan melingkar yaitu sikap kuda-kuda kurang baik, badan tidak seimbang, pukulan tangan tidak kuat.

Pukulan Samping

Pukulan samping dapat Anda lakukan dengan memukul ke arah samping tubuh dengan punggung tangan. Lintasan dari pukulan ini lurus ke depan dengan tangan yang diawali dari arah samping.

Cara melakukan pukulan samping:

  1. Awali gerakan dengan berkuda-kuda dan posisi kaki berada di kiri depan.
  2. Satu tangan diletakkan di depan dada dan tangan satunya digunakan untuk memukul dengan jari-jari tangan yang mengepal.
  3. Telapak kaki baik kanan maupun kiri berada dalam posisi sejajar.
  4. Tangan yang digunakan untuk memukul menggunakan punggung tangan dari samping ke depan.
  5. Lakukan teknik pukulan samping dengan mengubah posisi tangan yang digunakan untuk memukul dan posisi kaki secara bergantian, kanan maupun kiri.

Kesalahan yang biasa terjadi pada teknik pukulan samping yaitu kaki tidak dibuka, badan tidak seimbang, pukulan menyamping kurang kuat, tangan untuk memukul tidak dalam keadaan mengepal.

Baca Juga: PSHT: Sejarah Lengkap, Pendidikan Dan Teknik Silat SH Terate

Itulah beberapa informasi untuk Anda mengenai teknik-teknik dasar pukulan dalam pencak silat. Jenis-jenis pukulan diatas dapat menjadi acuan atau referensi Anda untuk melakukan latihan gerak dasar pukulan dalam pencak silat.

Macam-macam pukulan ini harus Anda lakukan dengan benar dan sebaiknya diawali dengan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi cedera saat melakukan gerakan pencak silat. Jika teknik yang Anda lakukan benar dan dengan tidak melakukan kesalahan, Anda dapat mengalahkan lawan dengan mudah.

Sebelum itu, anda juga harus memahami arti dari Tujuan Pencak Silat itu sendiri. Apa tujuan utamanya, dan bagaimana memanfaatkan kesenian bela diri ini secara benar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *