Tendangan Taekwondo: Jenis-Jenis Gerakan Tendangan Taekwondo

Tendangan Taekwondo 
Tendangan Taekwondo 

Tendangan Taekwondo merupakan salah satu gerakan dari jenis olahraga yang sangat populer. Olahraga ini bukan hanya bisa digunakan untuk mengolah raga tapi juga dapat membantu melindungi diri. Salah satu gerakan paling populer dari olahraga taekwondo ini adalah tendangannya. Ada banyak sekali tendangan taekwondo yang bisa ditemukan. Beberapa jenis gerakan tendangan yang paling populer adalah :

Tendangan Taekwondo Gerakan Ap Chagi

Gerakan taekwondo yang pertama akan kami kenalkan adalah gerakan Ap Chagi. Gerakan ini merupakan gerakan menendang ke depan. Umumnya gerakan ini dilakukan untuk menyasar kepala. Gerakan Ap Chagi dimulai dengan kaki kiri tegak, kaki kanan di belakang. Kemudian kaku kanan di tekuk ke depan hingga sudut 1000 tungkai diayunkan ke depan hingga ke atas sampai ke kepala lawan.

Bacaan Lainnya

Tendangan Taekwondo Gerakan Dollyo Chagi

Gerakan tendangan selanjutnya adalah gerakan tendangan Dollyo Chagi. Tendangan ini adalah tendangan yang bertujuan untuk menendang tubuh samping lawan. Dilakukan dengan kaki kiri tegak dan kaki kanan ditekuk di belakang. Kemudian kaki kanan diayunkan ke depan hingga membentuk sudut 900 dengan kaki menyudut.

Setelah itu kaki diarahkan menendang ke depan dari arah samping. Saat melakukan tendangan, telapak kaki akan memutar sebanyak 450 sehingga bagian pinggang tubuh Anda akan ikut berputar. Pada saat menendang, biasanya tujuannya adalah perut atau kepala.

Tendangan Taekwondo Gerakan Deol Chagi

Gerakan tendangan yang satu ini adalah gerakan tendangan Deol Chagi. Gerakan ini memiliki gerakan seperti mencangkul ke atas. Gerakan dimulai dengan kaki kiri tegak, kaki kanan membentuk sudut 900 dan lutut 900 setelah itu, kaki bawah diarahkan ke atas hingga sudut kaki membentuk sudut 1000. Gerakan ini adalah salah satu gerakan yang memiliki tujuan menendang kepala.

Tendangan Gerakan Yeop Chagi

Gerakan tendangan taekwondo selanjutnya adalah gerakan Yeop Chagi. Gerakan Yeop Chagi merupakan gerakan menendang dengan gerakan tubuh menyamping. Gerakan ini dimulai dengan kaki kiri tegak kaki kanan diangkat hingga membentuk sudut 900. Setelah itu, tubuh miring.

Kaki digerakkan menyamping hingga tubuh dan kaki membentuk sudut 950 dan kedua kaki membentuk sudut 1000. Gerakan ini merupakan gerakan yang bertujuan untuk mendorong lawan dengan menggunakan kaki. Sasaran tendangan Yeop Chagi ini adalah bagian perut hingga bagian kepala.

Tendangan Gerakan Dwi Chagi

Beda dengan gerakan-gerakan sebelumnya, gerakan Dwi Chagi adalah gerakan menendang ke arah belakang. Gerakan ini dimulai dengan kaki kanan tegak lurus, kaki kiri menekuk hingga membentuk 450 ke depan. Kaki kiri kemudian didorong ke belakang hingga membentuk sudut 900 yang luru ke depan.

Tendangan ini merupakan tendangan yang bertujuan untuk mengarah ke perut lawan. Jika diangkat sedikit, tendangan ini juga bisa mengarah pada kepala lawan.

Tendangan Gerakan Dwi Hurigi

Gerakan Dwi Hurigi merupakan salah satu gerakan tendangan yang dilakukan dengan cara melompat. Gerakan ini merupakan gerakan yang sangat unik. Gerakan ini dimulai dengan tendangan memutar ke arah belakang. Gerakan ini dilakukan dengan memutar dan melompat.

Untuk gerakan kakinya, tendangan Dwi Hurigi ini memberikan kesan seperti kaki mengait. Untuk sasarannya, Dwi Hurigi menggunakan sasaran berupa kepala atau leher.

Tendangan Narae Chagi

Selanjutnya tendangan yang tidak kalah menarik adalah tendangan Narae Chagi. Tendangan ini merupakan salah satu jenis tendangan yang dilakukan dengan 2 kaki. Karena memiliki gerakan tersebut, tendangan ini juga disebut dengan tendangan ganda.

Tendangan Narae Chagi merupakan tendangan ganda yang dilakukan dari arah samping. Jenis tendangan ini umumnya akan menyara kepala dan juga lawan. Gerakan tendangan dimulai dengan tendangan kaki kanan pada arah perut kemudian dilanjutkan dengan gerakan kaki kiri dengan melompat sehingga bisa menyasar bagian kepala lawan.

Tendangan Dolke Chagi

Selanjutnya, gerakan lain yang dilakukan dengan memutar badan adalah gerakan Dolke Chagi. Gerakan dasar taekwondo ini dilakukan dengan memutar tubuh sebesar 3600 terlebih dahulu. Karena dilakukan dengan gerakan memutar hingga penuh ini, gerakan Dolke Chagi disebut juga dengan gerakan tornado.

Selain dilakukan dengan memutar tubuh, gerakan ini juga dilakukan dengan melompat. Hal ini membuat gerakan ini dapat digunakan untuk menyerang bagian kepala dengan menyerang dari arah samping.

Gerakan-gerakan di atas merupakan gerakan tendangan saja. Selain itu, masih banyak lagi gerakan lain yang bisa Anda pelajari dalam olahraga taekwondo. Olahraga taekwondo sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang berasal dari Korea. Jadi selain K-Pop ada juga olahraga taekwondo yang tidak kalah menarik lho dari negara ginseng ini.

Bagi Anda yang menyukai olahraga bela diri dan ingin belajar tendangan-tendangan di atas, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan gerakan yang lebih luwes dan bebas cedera. Jika bisa lakukan pembelajaran tendangan taekwondo dengan ahli sehingga Anda tahu apakah Anda sudah siap melakukan tendangan atau belum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *