Jurus Taekwondo: 7 Jurus Pamungkas Taekwondo

Jurus Taekwondo
Jurus Taekwondo

Jurus Taekwondo merupakan salah satu teknik dalam olahraga bela diri. Jika di Indonesia olahraga bela diri disebut dengan olahraga silat, olahraga taekwondo ini adalah olahraga bela diri yang berasal dari Korea selatan. Ada banyak jurus taekwondo yang harus Anda pelajari.

Jurus-jurus dalam taekwondo ini dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan sabuk dalam olahraga bela diri taekwondo ini. Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai jurus dalam olahraga taekwondo ini, berikut ini adalah ulasannya.

Bacaan Lainnya

Jurus Dasar Taekwondo

Jurus dasar merupakan salah satu jurus pertama yang akan dipelajari seseorang saat mengikuti kegiatan olahraga taekwondo. Jurus dasar ini dibagi menjadi 3 tingkat yaitu Gibon 1, Gibon 2 dan Gibon 3.

Jurus dasar dalam taekwondo akan dipelajari pada sabuk putih dan sabuk kuning. Pada sabuk putih, pelajar taekwondo akan belajar Gibon putih saja. Sedangkan Gibon 2 dan Gibon 3 akan dipelajari pada sabuk kuning.

Jurus Taegeuk

Jurus Taegeuk merupakan jurus lanjutan dalam kegiatan seni bela diri taekwondo. Jurus Taegeuk ini dibadi menjadi 8 tingkat. Masing-masing akan dipelajari pada sabuk kuning strip hingga sabuk merak strip hitam 2. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai tingkat belajar jurus Taegeuk.

Jurus Taegeuk 1

Jurus ini merupakan jurus Taegeuk dasar. Dikenal juga dengan Il Jang Taegeuk. Jurus ini merupakan pengenalan jurus Taegeuk sebagai jurus dasar. Jurus ini akan diperkenalkan pada sabuk kuning strip

Jurus Taegeuk 2

Nama lain dari jurus taekwondo Taegeuk 2 ini adalah I Jang Taegeuk. Jurus Taegeuk 2 ini merupakan jenis jurus Taegeuk yang akan Anda pelajari di sabuk hijau polos

Jurus Taegeuk 3

Jurus Taegeuk 3 merupakan jenis jurus yang akan Anda pelajari pada sabun hijau strip. Nama lain dari jurus Taegeuk ini adalah Sam Jang Taegeuk

Jurus Taegeuk 4

Jurus Taegeuk ini memiliki nama asli Sa Jang Taegeuk. Jurus ini akan Anda pelajari pada saat sudah memasuki sabuk biru polos’.

Jurus Taegeuk 5

Jurus Taegeuk 5 adalah jurus yang memiliki nama asli o Jang Taegeuk. Jurus ini dipelajari pada sabuk biru strip

Jurus Taegeuk 6

Nama lainnya adalah jurus Yok Jang Taegeuk. Jurus ini akan Anda dapatkan pada saat masuk ke level sabuk merah

Jurus Taegeuk 7

Jurus ini memiliki nama asli Chil Jang Taegeuk. Jurus ini adalah kana Anda pelajari pada saat masuk ke sabuk merah strip 1

Jurus Taegeuk 8

Jurus Taegeuk 8 adalah jurus yang memiliki nama asli Pal Jang Taegeuk. Jurus ini akan dipelajari pada saat masuk ke sabuk merah strip 2

Jurus Koryo 

Jurus Koryo adalah salah satu jenis jurus yang dipelajari dalam bela diri taekwondo. Jurus ini merupakan jurus yang cukup sulit dan memiliki banyak gerakan. Hal inilah yang membuat jurus ini akan dipelajari dalam 3 bagian. Bagian pertama akan di pelajari saat Anda masuk ke sabuk merah hitam atau Poom.

Bagian kedua dari jurus Koryo ini akan dipelajari saat Anda belajar di sabuk hitam. Sedangkan bagian terakhir dari jurus Koryo ini akan dipelajari pada saat Anda masuk ke sabuk hitam strip 1.

Jurus Geumgang

Jurus Geumgang adalah jurus lanjutan di seni bela diri taekwondo. Jurus ini merupakan jenis jurus yang akan dipelajari pada saat sudah masuk ke sabuk hitam strip 2.

Jurus Taebaek 

Selanjutnya, jurus Taebaek merupakan jurus bela diri yang akan dipelajari pada saat Anda masuk ke sabuk hitam strip 3.

Jurus Pyongwon 

Merupakan jurus taekwondo yang di pelajari pada saat masuk ke level sabuk hitam strip 4.

Jurus Sipjin 

Jurus Sipjin adalah jurus terakhir dalam seni bela diri taekwondo. Jurus ini adalah jurus yang masuk ke dalam jenis sabuk hitam strip 5.

Selain belajar mengenai jurus-jurus ini, Anda juga akan belajar mengenai gerakan-gerakan dalam dunia bela diri taekwondo ini. Jenis gerakan ini dibagi menjadi 5 gerakan yaitu gerakan pukulan atau disebut dengan Jireugi, gerakan tusukan atau disebut dengan Chireugi, gerakan tendangan taekwondo atau disebut dengan Chagi, dan yang terakhir adalah gerakan tangkisan atau disebut dengan maki.

Ada berapa jenis gerakan dari masing-masing gerakan dasar taekwondo ini. Contohnya ketika Anda akan belajar menangkis, ada jenis tangkisan are makin, Eolgol Maki dan masih banyak yang lainnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung mencari tahu lebih dalam mengenai gerakan dan jurus dari seni bela diri taekwondo ini.

Belakangan, kegiatan seni bela diri taekwondo ini merupakan seni bela diri yang makin menarik. Salah satunya adalah karena maraknya budaya Korea yang masuk ke Indonesia. Sebagai salah satu bela diri yang juga berasal dari Korea, jurus taekwondo dan seni bela dirinya juga makin banyak diminati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *