Gerakan Dasar Taekwondo: 6 Jenis Teknik Dasar Taekwondo

Gerakan Dasar Taekwondo
Gerakan Dasar Taekwondo

Apa saja Gerakan Dasar Taekwondo?. Bagi Anda yang tertarik belajar mengenai gerakan dasar taekwondo secara otodidak, berikut ini adalah beberapa gerakan dasar dari kegiatan olahraga taekwondo yang wajib Anda kuasai sebagai pemula.

Gerakan Dasar Kuda-Kuda

Pertama, untuk Anda yang ingin belajar olahraga taekwondo, Anda harus menguasai gerakan tahu sikap kuda-kuda terlebih dahulu. Sikap kuda-kuda adalah sebuah siap dimana Anda berdiri dengan tegak dan kuat. Kuda-kuda yang kuat adalah bekal dari gerakan-gerakan seni bela diri yang kuat.

Bacaan Lainnya

Dalam gerakan kuda-kuda sendiri ada 6 gerakan yang haru Anda kuasai. Gerakan kuda-kuda ini antara lain adalah :

Kuda-kuda Ap Koobi

Kuda-kuda ini mengharuskan Anda berdiri dengan kaki di pisahkan ke depan dan ke belakang. Bagian kaki depan dari kuda-kuda ini menekuk dan badan tegak lurus. Kuda-kuda ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh saat akan melawan musuh.

Kuda-kuda Ap Seogi

Kuda-kuda ini adalah kuda-kuda dimana Anda berdiri dengan tegak dan kaki kiri melangkah ke depan.

Kuda-kuda Moa Koobi

Merupakan gerakan kuda-kuda dengan kaki rapat.

Kuda-kuda Dwit Koobi

Gerakan ini adalah gerakan kuda-kura dimana kedua kaki direnggangkan

Kuda-kuda Joochoom Seogi

Kuda-kuda ini merupakan kuda-kuda dimana kedua kaki dibuka dan lutut ditekuk.

Kuda-kuda Beom Seogi

Kuda-kuda ini merupakan kuda-kuda yang memiliki posisi kaki agak rapat dengan salah satu kaku agak ke depan dan agak jinjit.

Teknik Tendangan Taekwondo

Gerakan dasar lain yang harus Anda kuasai adalah gerakan dasar berupa tendangan. Gerakan dasar berupa tendangan ini juga ada banyak. Ada setidaknya 8 jenis tendangan yang harus Anda mengerti dan juga pelajari. Salah satu jenis gerakan tendangan yang paling banyak digunakan adalah tendangan Dolke Chagi

Gerakan Dolke Chagi merupakan salah satu jenis gerakan yang paling mematikan. Gerakan ini dilakukan dengan memutar tubuh hingga 3600 dan disebut juga dengan gerakan tendangan. Selain gerakan Dolke Chagi ini Anda juga bisa menemukan banyak gerakan tendangan yang lainnya.

Gerakan tendangan taekwondo lain dari olahraga taekwondo ini bisa Anda temukan pada artikel kami selanjutnya. Contoh dari gerakan tendangan lain dalam olahraga taekwondo ini antara lain adalah gerakan Narae Chagi, Ap Chagi, Dwi Hurigi, Dwi Chagi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gerakan Pukulan Taekwondo

Gerakan dasar taekwondo selanjutnya adalah gerakan pukulan. Gerakan pukulan dalam taekwondo dikenal dengan sama Jireugi. Gerakan pukulan ini merupakan salah satu gerakan dasar yang juga harus Anda kenali. Gerakan pukulan ini juga ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari gerakan pukulan samping atau Yeop Jireugi, gerakkan pukulan bawah ke atas atau Chi Jireugi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gerakan sabetan Taekwondo

Gerakan sabetan adalah gerakan mirip pukulan tapi dilakukan dengan tangan terbuka. Gerakan sabetan di lakukan dengan menggunakan tangan dimana 4 jari terbuka. Gerakan sabetan ini juga sangat banyak jenisnya. Dalam taekwondo, gerakan sabetan juga disebut dengan gerakan tusukan atau gerakan pisau.

Seperti disebutkan sebelumnya, gerakan sabetan juga bisa ditemukan dalam banyak jenis. Seperti sabetan pisau tangan, sabetan luar ke dalam dengan tangkisan pisau dan masih banyak lagi yang lainnya. Oh ya, gerakan sabetan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan lutut lho! Untuk nama lainnya, gerakan sabetan juga disebut dengan gerakan Chigi.

Gerakan Tusukan Taekwondo

Gerakan tusukan memiliki nama asli Chireugi. Gerakan ini merupakan sebuah gerakan menusuk dengan menggunakan telapak tangan. Jenis gerakan ini ada sangat banyak. Mulai dari gerakan tusukan dengan telapak tangan tegak atau Pyeonsonkeut Sewo Chireugi, gerakan tusukan dengan telapak tangan mendatar atau Pyeonsonkeut Upeo Chireugi, Kawinson Keut Chireugi dan juga Hanson Keut Chireugi.

Gerakan Tangkisan Taekwondo

Gerakan dasar lain yang bisa Anda lakukan adalah gerakan tangkisan atau disebut dengan gerakan Makki. Gerakan tangkisan ini merupakan gerakan yang meliputi gerakan tangan kaki dan juga tangan. Ada banyak sekali gerakan yang masuk dalam kategori gerakan tangkisan salah satu yang paling simple dan paling mendasar adalah gerakan tangkisan Are Makki.

Gerakan Are Makki merupakan gerakan tangkisan yang dilakukan dari arah bawah untuk menangkis tendangan. Selain itu, ada banyak lagi gerakan tangkisan lain yang bisa Anda temukan. Contoh dari gerakan tangkisan dalam taekwondo ini antara lain adalah Eolgol Makki, Momtong Bakat Makki, Momtong An Makki dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masing-masing gerakan dalam olahraga taekwondo ini akan Anda pelajari. Sedikit demi sedikit melalui jurus taekwondo dari kegiatan olahraga bela diri ini. Semua gerakan dasar tersebut hanya sedikit dari banyak gerakan dalam ke olahraga taekwondo ini. Bagi Anda yang ingin belajar semua gerakan dasar taekwondo ini Anda bisa belajar langsung di tempat latihan taekwondo atau bisa juga mencari tutorial untuk belajar taekwondo otodidak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *