Download Senam Toya PSHT PDF Dan Pertandingan Seni Tunggal Toya

Download Senam Toya PSHT PDF
Download Senam Toya PSHT PDF

Kamu mencari panduan Senam Toya PSHT pdf?. Toya PSHT merupakan senjata yang panjang, pada umumnya senjata toya ini terbuat dari kayu rotan polos tanpa adanya hiasan. PSHT secara khusus menggunakan Toya ini dalam beberapa materinya. Di antaranya adalah Senam Toya dan Jurus Toya. Ada juga beberapa gerakan lainnya yang memerlukan toyak psht, misalnya jurus massal yang menggunakan tangan kosong, Golok, dan juga Toya itu sendiri.

Senjata-senjata PSHT seperti Toya, Golok, dan Belati banyak digunakan dalam gerakan seni, misalnya seni untuk kompetisi dan kejuaraan di tingkat regional tertentu. Senjata-senjata ini tidak umum digunakan dalam sambung atau pertandingan bela diri yang mengandalkan serangan dan pertahanan. Namun demikian, pertandingan sambung menggunakan senjata-senjata PSHT bukan tidak mungkin untuk dilakukan, hal tersebut bisa dilaksanakan supaya mengasah keterampilan dalam penggunaan senjata untuk menyerang dan bertahan.

Bacaan Lainnya

Toya wajib dipakai dalam pertandingan pencak silat kategori tunggal. Tongkat Toyak PSHT memiliki standard umum untuk digunakan. Tongkat toya berupa kayu rotan yang memiliki postur tegak luru. Untuk kategori praremaja, toya dengan panjang 100 cm sampai 150 cm dengan diameter sebesar 2,5 cm. sedangkan untuk remaja dan dewasa toya berukuran 150 cm sampai dengan 180 cm dengan diameternya sebesar 3,5 cm. Kamu bisa melihat secara lengkap pada buku panduan Senam Toya PSHT PDF.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Padepokan PSHT Pusat Madiun

Seni tunggal PSHT mengandung gerakan yang harus menggunakan Toya. Dalam seni tunggal tersebut ada jurus yang wajib dikuasai, di antaranya adalah 7 jurus tangan kosong, 3 jurus senjata golok, dan 4 jurus senjata toya. Dalam kompetisi, semua gerakan jurus tersebut dilaksanakan dalam 3 menit tidak kurang dan tidak lebih. Pesilat PSHT harus memperagakan gerakannya sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan. Detik pertama akan mulai dihitung setelah gong digaungkan yang merupakan tanda awal gerakan dilakukan sampai dengan akhir gerakan seni tunggal. Gong juga akan dibunyikan sebagai tanda telah berakhirnya waktu.

Pesilat harus memperhatikan kondisi toyanya saat melakukan peragaan. Pesilat akan dinyatakan diskualifikasi dari kompetisi jika saat melakukan gerakan toya terlepas dari genggaman atau golok yang terlepas dari gagangnya dan toya pecah atau patah. Pertandingan akan langsung dihentikan jika menemui kondisi tersebut.

Baca Juga: Belati PSHT, 4 Model Belati Untuk Latihan Kripen dan Harganya!

Berikut adalah Gerakan yang Mesti Dilakukan dalam Seni Tunggal Toya PSHT

interval seni tunggal PSHT ke Jurus 1
interval seni tunggal PSHT ke Jurus 1

Baca Juga: Tugu PSHT Terbesar di Dunia Ada di Ponorogo

Jurus 1 Seni Tunggal Toya PSHT

  1. Maju serong kanan lalu melakukan gerakan menggebuk ke kanan.
  2. Sangga kaki bagian kanan dengan cara mundur lalu gunakan toya untuk mencegah serangan dari atas melindungi wajah, tangan tegak lurus menghadap ke atas.
  3. Melakukan gerakan memutar badan ke arah kanan lalu melancarkan gerakan menusuk menggunakan toy PSHT.
  4. Sabetan Kaki bawah arah balik kiri
  5. Letakkan toya di punggung lalu putar.
  6. Lompat lalu hentakkan toya ke lantai.
  7. Masuk ke gerakan interval, pasang tegak kiri depan toya PSHT. dengan menggunakan kuda-kuda tengah.
interval seni tunggal PSHT ke Jurus 2
interval seni tunggal PSHT ke Jurus 2

Baca Juga: 8 Kata-Kata PSHT Buat Story WA Keren!

Jurus 2 Seni Tunggal Toya PSHT

  1. Kaki satu angkat lalu letakkan toya di posisi yang lain menghadap ke atas secara vertikal. Kemudian lompat depan sembari menggemukkan toya ke arah kanan.
  2. Persiapan gerakan menusuk ke depan.
  3. Maju kaki kanan lalu melakukan gerakan tusuk setinggi leher sampai dada.
  4. Dayung mundur sembari melakukan posisi menahan serangan.
  5. Masuk ke gerakan interval. Pasang tongkat samping belakang kanan.
interval seni tunggal PSHT ke Jurus 3
interval seni tunggal PSHT ke Jurus 3

Itulah gerakan dua jurus Toya dalam Seni Tunggal PSHT. Gerakan seni tunggal PSHT bisa kamu temukan dalam pdf di bawah ini secara lengkap, serta link download Senam Toya PSHT PDF. Buku digital tersebut dilengkapi juga dengan gambar yang mudah untuk diikuti.

Selain itu, buku ini juga mengandung ketentuan-ketentuan umum dalam gerakan jurus seni tunggal PSHT, termasuk di dalamnya ketentuan seni tunggal PSHT untuk kompetisi dan gambar senam toya psht. Sehingga buku ini dapat menjadi acuan dasar untuk persiapan lomba dan sebagainya.

Baca Juga: Download Lambang PSHT Terkeren dan 3 Maknanya, Apa Saja?

Link Download Senam Toya PSHT PDF dan Panduan Pencak Silat Seni Tunggal

Berikut adalah link download Senam Toya PSHT PDF dan buku Seni Tunggal PSHT, klik link di bawah ini.

Buku Panduan Seni Tunggal PSHT

Senam Toya PSHT pdf

Pos terkait